iklan

Format Evaluasi K13 Semester 2 Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019

Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran FORMAT PENILAIAN K13 SEMESTER 2 TERBARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
COVER KURIKULUM K13 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran,sedangkan sistem pengajaran itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum,sebagai upaya untuk membuat berguru di kelas. Fungsi utama penilaian dalam kelas yakni untuk menentukkan keberhasilan pengajaran. Hasil-hasil dicapai eksklusif bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingkan dengan penilaian di kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seorang guru harus melaksanakan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Salah satu manajemen yang harus disediakan dalam penilaian yakni adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian simpulan semester/Tahun(PAS/PAT). 

Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya alasannya kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten. Misalnya saja. dalam buku tematik kelas atas semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 , mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke dalam buku tematik.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan penilaian kurikulum KTSP yaitu meliputi penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian simpulan semester. Penentuan bobot penilaian untuk tiap-tiap periode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing. Namun dalam buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan teladan pembobotan penilaian antara lain:

A. Penilaian Harian
Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes verbal dan perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilain dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia . Misalnya KD 3.1 Mapel PPKN diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Maka dapat saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada simpulan Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Pada simpulan Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir  rata-rata harian KD 3.1 merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau dapat juga dilakukan dengan sistem pembobotan ibarat : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes verbal + nilai tugas:2)

B. Penilaian Tengah Semester
Penilaian tengah semester dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin tidak semua KD yang diajarkan di semester bersangkutan akan mempunyai nilai tengah semester. Jika KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5 atau tema 8 dan 9 maka KD tersebut tidak akan mempunyai nilai PTS.

C. Penilaian Akhir Semester/ simpulan Tahun
Penilaian simpulan semester atau simpulan tahun dilaksanakan di simpulan semester/tahun. Penilaian meliputi semua KD yang diajarkan di semester tersebut.

Pembobotan penilaian untuk nilai simpulan KD ditentukan sesuai kebijakan forum / sekolah yang bersangkutan. Namun sebagai rambu-rambu, dalam Buku Panduan Penilaian K13 SD di berikan teladan pengolahan penilaian simpulan KD. Pembobotannya antara lain:
a. Nilai simpulan KD jikalau mempunyai nilai Perguruan Tinggi Swasta yakni : ((2 X NPH) + NPTS + NPAS):4
b. Nilai simpulan KD yang tidak mempunyai nilai Perguruan Tinggi Swasta : ((2 X NPH ) + NPAS);3
c. Nilai simpulan untuk muatan pelajaaran  yakni nilai rata-rata dari nilai simpulan KD. 

Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan, dalam Buku Panduan dijelaskan jikalau dalam satu KD dengan bahan yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal dalam KD 4.1 melaksanakan penilaian praktek 2 kali), maka nilai yang diambil nilai maksimum. Namun jikalau penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda (misal praktek, produk dan proyek), maka nilai simpulan ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.

Demikianlah sekilas ihwal penilaian dalam kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian K13 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan SD Dirjen Dikdasmen Kemdukbud RI Tahun 2016. Kembali kepada Buku penilaian harian K 13, bagi rekan-rekan yang belum mempunyai format penilaian K 13 untuk sekolah dasar, dapat mend0wnl0adnya di link di bawah ini


Demikianlah Format Penilaian K13 Semester 2 Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019, biar bermanfaat dan sanggat membantu buat kita semua, jikalau ada pertanyaan atau saran kau Silahkan komentar dibawah. Terima Kasih anda sudah berkunjung.

Sumber http://aqsha-computer.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Format Evaluasi K13 Semester 2 Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel