iklan

√ Cara Minum Kopi Vietnam Yang Benar Dan Juga Enak

Nama Kopi Vietnam mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin, perempuan muda yang meninggal sehabis minum Kopi Vietnam di salah satu kafe di Grand Indonesia Mall – Jakarta. Sejak kasus itu mencuat, banyak masyarakat Indonesia yang ingin tau dengan cita rasa kopi khas Vietnam. Alhasil, sajian Kopi Vietnam jadi tersedia di aneka macam coffee shop.


Seperti apa rasa Kopi Vietnam? Bagaimana cara minum Kopi Vietnam yang benar? Bacaterus akan mengulas serba-serbi cara menyeduh dan menikmati Kopi Vietnam yang benar. Bahkan, dengan panduan ini Anda jadi tak perlu repot-repot membeli Kopi Vietnam di coffee shop alasannya ialah Anda dapat membuatnya sendiri.


Sekilas Tentang Kopi Vietnam


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak


Kopi Vietnam sudah masuk ke Indonesia semenjak puluhan tahun yang lalu. Hanya saja masih belum banyak masyarakat Indonesia yang mau menikmati kopi ini alasannya ialah dianggap rasanya aneh. Baru sehabis kasus maut Wayan Mirna Salihin, masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk merasakan Kopi Vietnam.


Saat berkunjung ke Vietnam, tak banyak kedai kopi internasional yang dapat Anda temukan. Pasalnya, masyarakat Vietnam mempunyai tradisi minum kopi yang sudah turun temurun dan tetap dilestarikan hingga dikala ini. Cara penyeduhan Kopi Vietnam umumnya menggunakan phin atau yang lebih dikenal sebagai Vietnam Drip, alat pembuat kopi manual.


Cara kerja Vietnam Drip ialah menunggu tetesan kopi yang jatuh dari saringan di atasnya. Kopi yang dihasilkan jadi lebih kental dan pekat. Cara minum Kopi Vietnam ini membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit jikalau Anda membuat kopinya sendiri. Jadi, jenis kopi ini memang sangat cocok untuk Anda yang sedang tidak terburu-buru.


Kopi yang dihasilkan dari Vietnam Drip ini mempunyai rasa yang lebih asam dan pekat. Oleh alasannya ialah itu, masyarakat Vietnam selalu menambahkan susu kental anggun di gelas yang akan dituang dengan Kopi Vietnam. Kombinasi rasa kopi alami yang sedikit asam berpadu dengan susu kental manis, sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang luar biasa nikmat.


Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak

* sumber: kopijayakarta.com


Ada banyak jenis kopi luar negeri yang terkenal di Indonesia. Salah satu yang terkenal dan banyak peminatnya hingga dikala ini ialah Kopi Vietnam. Untuk menikmati Kopi Vietnam, Anda dapat berkunjung ke kedai kopi yang menunjukkan sajian ini.


Ada kedai kopi yang menyajikan Kopi Vietnam eksklusif dengan alat Vietnam Drip, tapi ada juga yang sudah disajikan di dalam gelas dan siap untuk diminum langsung. Sebelum membahas cara minum Kopi Vietnam yang benar, ada baiknya jikalau Anda menyediakan peralatan membuat kopi terlebih dahulu. Simak tips untuk membuat Kopi Vietnam berikut ini:



  • Gunakan biji kopi jenis apapun untuk membuat Kopi Vietnam. Akan tetapi, bila perlu gunakan biji dark roast coffee dengan rasa yang kuat. Dark roast coffee ialah jenis kopi yang paling menyerupai dengan biji kopi yang biasa digunakan untuk membuat Kopi Vietnam.

  • Siapkan grinder untuk mengolah biji kopi menjadi bubuk. Dengan menggunakan grinder secara manual, debu kopi yang dihasilkan jadi lebih kasar. Namun, debu kopi yang bernafsu inilah yang cocok untuk membuat Kopi Vietnam.

  • Timbang biji kopi terlebih dahulu. Untuk membuat segelas Kopi Vietnam diharapkan biji kopi seberat 22 gram. Penimbangan biji kopi ini sangat penting untuk membuat cita rasa Kopi Vietnam yang pas.

  • Siapkan susu kental anggun di dalam gelas. Ingat, Anda harus menggunakan susu kental anggun untuk membuat rasa Kopi Vietnam asli. Jangan mengganti susu kental anggun dengan susu debu atau susu cair alasannya ialah rasanya niscaya berbeda.


Setelah semua materi dan peralatan tersedia, saatnya kita menyeduh debu kopi yang sudah digiling dengan menggunakan grinder manual. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyeduh Kopi Vietnam dengan benar:


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak

* sumber: macaronlaboratoire.wordpress.com



  1. Masukkan 2 sendok makan debu kopi ke dalam drip dan ratakan debu kopi dengan sendok.

  2. Tekan debu kopi dengan alat penekan dan tinggalkan alat penekan tersebut di dalam drip.

  3. Letakkan drip di atas gelas atau cangkir yang sudah diberi susu kental anggun di dalamnya. Susu kental anggun dapat ditambahkan sesuai selera.

  4. Tuang air panas yang mendidih sebanyak 45-50 ml ke dalam drip, tetesan kopi perlahan-lahan akan memenuhi gelas di bawahnya.

  5. Tambahkan air panas sekitar 20-30 ml ke dalam drip untuk memenuhi gelas kopi.

  6. Setelah air di dalam drip habis menetes ke dalam gelas, angkat drip dari atas gelas.

  7. Kopi Vietnam siap untuk disajikan. Jika ingin diminum dalam keadaan dingin, Anda hanya perlu menambahkan es batu.


Setelah ditambahkan es batu, Kopi Vietnam akan eksklusif disajikan. Jadi, penampilan kopi ini tampak menyerupai dua lapisan, yakni lapisan bawah berwarna putih (susu kental manis) dan lapisan atas ialah kopi. Konsumen harus mengaduk kopi tersebut semoga susu kental anggun dan kopinya larut menjadi satu.


Bagaimana rasa Kopi Vietnam sebenarnya? Seperti yang sudah disampaikan di awal, Kopi Vietnam mempunyai rasa yang tidak terlalu pahit dan justru cenderung sedikit asam. Rasa anggun yang terasa pada kopi ini berasal dari susu kental anggun di dasarnya. Bila Anda merasa kopinya kurang manis, jangan tambahkan gula pasir, melainkan tambahkan saja susu kental manis.


Tempat Minum Kopi Vietnam di Jakarta


Meskipun Anda sudah mengetahui cara minum Kopi Vietnam yang benar, tetapi Anda juga masih dapat menikmati kopi ini di coffee shop atau café lainnya yang menunjukkan sajian tersebut. Jika Anda sedang berada di Jakarta, melipirlah sejenak untuk berkunjung ke beberapa daerah yang menjual minuman Kopi Vietnam yang enak.


Dimana sajakah daerah minum Kopi Vietnam yang wajib untuk dicoba dikala berada di ibu kota? Simak ulasan selengkapnya di sini:


1. NamNam


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak

* sumber: www.nibble.id


Minum Kopi Vietnam ya harus di daerah yang memang khusus menjual hidangan khas Vietnam, Seperti di NamNam yang berlokasi di beberapa daerah di Jakarta, mulai dari Plaza Indonesia, Pantai Indah Kapuk, Senayan City, dan Gandaria City. Walaupun penyajian Kopi Vietnam di sini tidak menggunakan drip, tapi cita rasa Kopi Vietnamnya benar-benar authentic.


2. Do An


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak


Satu lagi restoran Vietnam yang menunjukkan Kopi Vietnam sebagai minuman andalannya. Kali ini, Anda akan disuguhkan dengan segelas kopi lengkap dengan drip-nya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa rasa kopi di sini sangat berpengaruh dan dapat membuat Anda tidak dapat tidur jikalau meminumnya di malam hari.


3. Olivier


 mendadak terkenal di Indonesia semenjak kasus maut Wayan Mirna Salihin √ Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar dan Juga Enak

* sumber: www.pegipegi.com


Takut untuk minum Kopi Vietnam di Olivier? Sudah bertahun-tahun berlalu semenjak kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk tiba ke Olivier dan merasakan Kopi Vietnam yang legendaris ini. Justru semakin banyak orang yang suka dengan Kopi Vietnam khas Olivier ini.


Serba-serbi cara minum Kopi Vietnam ini dapat Anda pakai ketika ingin menyeduh Kopi Vietnam sendiri. Selalu gunakan biji kopi utuh yang gres saja digiling untuk menghasilkan Kopi Vietnam dengan rasa yang kuat.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Minum Kopi Vietnam Yang Benar Dan Juga Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel