iklan

√ Cara Menyimpan Susu Murni Yang Baik Semoga Tetap Awet

Susu yaitu minuman untuk segala usia. Tak hanya bawah umur saja yang mengonsumsi susu sapi, orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari. Selain sehat, susu juga sanggup menciptakan perut terasa lebih kenyang. Namun, bagaimana cara menyimpan susu murni yang sempurna semoga tidak basi? Pasalnya, susu tergolong sebagai minuman yang cepat basi.


Faktanya, Anda sanggup menyimpan susu murni dengan atau tanpa kulkas, lho. Meskipun diklaim sebagai minuman yang cepat rusak, ternyata ada beberapa tips semoga susu murni sanggup tahan hingga beberapa hari. Bacaterus sudah mengumpulkan serba-serbi cara menyimpan susu murni yang benar. Yuk, cek warta selengkapnya di sini.


Cara Menyimpan Susu Murni yang Benar


1. Masak Sebelum Disimpan


 orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari √ Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik semoga Tetap Awet


Manakah yang benar, memasak susu dulu gres disimpan atau sebaliknya? Cara menyimpan susu murni yang sempurna yaitu dengan memasak susu tersebut terlebih dahulu. Susu murni segar tidak dilengkapi dengan pengawet sehingga lebih muda rusak.


Setelah memasak susu murni, diamkan sejenak hingga dingin. Jangan menyimpan susu di kulkas dalam keadaan panas lantaran hal tersebut sanggup menciptakan susu cepat basi. Apabila susu yang tadi dimasak sudah dingin, Anda sanggup segera menyimpannya di dalam lemari es.


2. Simpan di Wadah Tertutup


 orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari √ Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik semoga Tetap Awet


Kebanyakan orang tidak menutup wadah susu dengan alasan semoga susu tidak rusak. Sayangnya, membiarkan wadah berisi susu dalam keadaan terbuka hanya akan menciptakan rasa dan aroma susu tercemar.


Ketika Anda meletakkan wadah berisi susu di dalam lemari es yang diisi dengan makanan-makanan lain, maka susu akan tercemar aroma dari kuliner lain. Hal tersebut disebabkan lantaran sifat susu yang gampang menyerap aroma yang ada di sekitarnya.


Jadi, untuk menjaga citarasa dan aroma susu murni sebaiknya simpan susu di dalam wadah tertutup. Gunakan wadah plastik atau beling semoga rasa susu tidak berubah.


3. Tambahkan Baking Soda


 orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari √ Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik semoga Tetap Awet


Cara yang satu ini boleh dicoba kalau memang Anda ingin menciptakan susu murni lebih tahan lama. Anda hanya perlu menambahkan sedikit baking soda ke dalam susu yang akan disimpan. Susu tersebut akan bertahan lebih lama.


Caranya yaitu dengan menambahkan ½ sendok teh baking soda ke dalam panci berisi susu murni. Kemudian, panaskan susu hingga mendidih kemudian matikan api. Biarkan susu hambar dalam suhu ruangan, selanjutnya Anda sanggup menyimpan susu ini di dalam atau luar kulkas dalam waktu yang lebih usang dari biasanya.


Usia Penyimpanan Susu Murni


 orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari √ Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik semoga Tetap Awet


Lantas, berapa usia penyimpanan susu murni yang layak untuk dikonsumsi? Ketika membeli susu murni kita tidak memperoleh warta tanggal kadaluarsa susu. Akibatnya, kita harus segera menghabiskan susu tersebut semoga tidak cepat basi. Nah, berikut ini yaitu warta mengenai usia penyimpanan susu murni yang tepat:



  • 5 Jam


Susu murni sanggup bertahan selama 5 jam sehabis diperah dari sapi. Apabila susu murni tidak segera dimasak maka usia layak konsumsinya hanya 5 jam saja sejak diperah. Jadi, dikala mendapat susu yang gres diperah eksklusif dari sapinya sebaiknya Anda segera memasak susu tersebut semoga sanggup diminum nanti.



  • 24 Jam


Setelah dimasak hingga mendidih, susu murni sanggup eksklusif dikonsumsi apabila Anda tidak ingin eksklusif mengonsumsi susu tersebut. Dinginkan susu dalam suhu ruangan kemudian simpan di dalam lemari es dengan suhu 4-10o celcius.


Susu yang sehabis dimasak tidak segera disimpan di dalam lemari es akan mengalami kerusakan dalam waktu 12 jam saja. Susu sapi akan pecah dan sudah tidak layak dikonsumsi lagi bila dalam waktu 12 jam tidak diminum dan tidak dimasukkan dalam kulkas.



  • 3 Hari


Susu murni yang sudah dimasak dan disimpan di dalam freezer ternyata sanggup bertahan dalam waktu 3 hari. Namun, kalau ingin mengonsumsi susu yang gres saja disimpan di dalam freezer sebaiknya panaskan kembali susu tersebut semoga lebih nikmat.


Akan tetapi, ada juga susu murni yang sanggup bertahan selama 5 hari di dalam freezer. Sayangnya, semakin usang susu tersebut disimpan maka kesegarannya pun akan berkurang. Jadi, pertimbangkan kembali sebelum menyimpan susu di dalam freezer untuk jangka waktu lebih dari 3 hari.


Cara Mengetahui Susu yang Tidak Layak Dikonsumsi


 orang cukup umur pun juga sanggup meminumnya setiap hari √ Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik semoga Tetap Awet


Sebagai insan kita mempunyai beberapa indera untuk mendeteksi kuliner dan minuman yang masih layak dikonsumsi. Ciri susu murni busuk ternyata sanggup dikenali dari penampilan, aroma, bahkan rasanya.


Sebelum Anda terlanjur mengonsumsi susu yang sudah rusak, sebaiknya simak cara mengetahui susu yang tidak layak dikonsumsi berikut ini. Gunakan indera penglihatan, penciuman, dan pengecapan Anda untuk menilai apakah susu tersebut masih layak dikonsumsi atau tidak.



  • Dilihat


Tahap pertama untuk mendeteksi kelayakan minum susu yaitu melihat teksturnya. Susu murni pecah atau berkerak merupakan tanda bahwa susu tersebut sudah kadaluarsa dan sebaiknya tidak dikonsumsi.


Susu murni yang segar bertekstur cair dan tidak terlalu kental. Selain itu, warna susu murni yang masih fresh yaitu putih tulang. Jika susu yang akan diminum mempunyai gumpalan-gumpalan ibarat santan yang pecah, itu tandanya susu tersebut sudah basi.



  • Dicium


Selanjutnya, Anda harus mengerahkan indera penciuman untuk mencium aroma susu. Perlu Anda ketahui bahwa aroma susu yang masih segar yaitu creamy dan tidak bikin eneg.


Sementara itu, kalau Anda mencium aromanya sudah masam dan tidak sedap, maka susu tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Apabila Anda sudah melihat dan mencium susu yang tampaknya sudah tak layak diminum, sebaiknya buang saja susu tersebut.



  • Dicicipi


Cara ketiga ini sanggup Anda lakukan kalau tidak yakin dengan cara pertama dan kedua. Tak ada salahnya Anda mengambil sedikit sample susu yang dirasa basi. Kemudian, kecap susu tersebut di lidah.


Bila rasanya masam dan tidak sedap sebaiknya muntahkan susu tersebut dan berkumurlah dengan air. Indera pengecapan tidak akan menipu Anda, buang segera susu busuk tersebut sebelum terminum oleh anggota keluarga lainnya.


Sejatinya, susu murni harus segera dikonsumsi semoga citarasanya tetap segar dan tidak berubah. Agar Anda tidak perlu menyimpan susu dalam jumlah banyak, belilah sejumlah yang akan dikonsumsi langsung.


Walaupun Anda sudah melaksanakan cara menyimpan susu murni yang benar, tetapi akan lebih baik kalau Anda minum susu yang masih segar setiap hari. Jika indera pengecapan Anda sangat peka, maka Anda akan mengetahui perbedaan susu murni segar yang gres diperah dan dimasak dengan susu yang sudah disimpan berhari-hari di lemari es kemudian dipanaskan.


Dengan cara menyimpan susu murni ini Anda jadi memahami panduan cara penyimpanan dan durasi waktu menyimpan susu murni. Jika terpaksa harus disimpan untuk keesokan harinya, sebaiknya letakkan susu tersebut di freezer.


Jangan lupa untuk turut memakai wadah yang tutupnya rapat semoga susu murni tersebut tidak tercemar dengan aroma kuliner lainnya. Jika Anda ingin tahu rekomendasi brand susu rendah lemak untuk diet, silakan klik di sini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Menyimpan Susu Murni Yang Baik Semoga Tetap Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel