iklan

10 Jenis Burung Kicau Dengan Bunyi Paling Merdu Di Dunia

Alam ini tidak akan lengkap tanpa suara-suara kicau burung paling merdu di dunia. Diantaranya, sebagian besar bunyi pejantan jenis burung kicau lebih merdu ketimbang betinanya. Setiap jenis burung kicau mempunyai nada dan bunyi kicau yang unik. Berikut ini ialah daftar 10 burung terbaik dengan bunyi kicau paling merdu di dunia.


1. Burung Bulbul


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Youtube.com

Kicau burung bulbul padda umumnya mempunyai nada yang paling menyenangkan. Suara indah burung ini sering dikumandangkan dalam puisi, buku dan opera di seluruh belahan dunia. Burung bulbul hidup di Asia, Eropa, Afrika dan Mediterania. Dalam bahasa Inggris burung Bulbul disebut dengan Nightingale atau juga digelar sebagai “penyanyi malam”.


Burung bulbul biasanya lebih sering bernyanyi pada demam isu kawin. Kicauannya yang indah mendengungkan nada-nada yang kaya dengan urutan ceceran dan peluit yang berbeda. Waktu yang tebaik untuk mendengar kicauan burung bulbul ialah pada ketika saat fajar dan pada malam hari.


Suara kicau burung Bulbul lebih sering terdengar pada malam hari alasannya ialah resonansi suaranya bisa terdengar dari jarak jauh dengan terang pada malam hari. Burung Bulbul jantan berkicau cukup usang ketika menarik perhatian Bulbul betina. Kicauan burung Bulbul jantan remaja lebih dari 250 variasi.


Burung bulbul hanya mempunyai panjang sekitar 14-17cm. Baik burung bulbul pria dan wanita terlihat mirip. Mereka mempunyai bulu coklat polos, keputihan tenggorokan dan bulu coklat kemerahan. Pada demam isu Musim Dingin mereka bermigrasi ke Afrika dan di demam isu semi Sarang mereka melaksanakan perjalanan ke Utara untuk berkembang biak.


2. Burung Kenari


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: 4hdwall.com

Burung Kenari ialah jenis burung kicau yang sangat terkenal. Nama binatang ini berasal dari tempat habitat aslinya, yaitu kepulauan Canary, di Spanyol. Burung Kenari dikenal sebagai burung peliharaan semenjak kala ke-17 alasannya ialah bunyi kicauannya yang sangat merdu. Burung kenari jantan merupakan penyanyi yang lebih baik daripada betinanya. Kicauannya mempunyai contoh dan nada yang unik. Burung kenari juga bisa menjiplak bunyi yang didengarnya berulang kali.


Pelatihanan yang sempurna juga memungkinkan burung Kenari untuk mempelajari banyak sekali jenis nada. Burung Kenari mempunyai kemampuan untuk mempelajari nada instrumen musik, dan bunyi burung lainnya. Burung kenari bernyanyi di semua demam isu kecuali demam isu panas. Selama demam isu panas, binatang ini merontokkan bulu usang dan sebagian besar jenis Kenari tidak bernyanyi pada ketika tersebut.


3. Burung Tuwur Asia


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: iamkohchang.com

Burung Tuwur Asia ialah anggota keluarga tekukur. Jenis burung kicau yang satu ini ditemukan di India, Australia, Bangladesh, Kepulauan Solomon, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Tuwur Asia sangat vokal dengan banyak sekali kicauan, tetapi jauh berbeda dengan kicauan tekukur biasa. Burung kicau ini biasanya bernyanyi selama demam isu kawin, mulai bulan Maret sampai Agustus. Tuwur Asia jantan mempunyai bunyi kicau yang unik dan biasanya mengulang kicauannya dalam interval tertentu. Sedangkan Tuwur Asia betina betina mempunyai kicauan ritmis yang cukup berbeda nadanya dengan yang jantan.


Habitat Burung Tuwur Asia berada di hutan yang terang. Pejantannya berkicau untuk menandai wilayah yang dikuasainya sekaligus menarik perhatian sang betina. Tuwur Asia jantan berwarna hitam kekuningan dan kicauannya sangat keras dan bernyanyi dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan Tuwur Asia betina mempunyai badan bab atas berwarna coklat dengan bintik-bintik putih. Bagian bawah betina berwarna krem dengan garis coklat. Burung Tuwur Asia dalam bahasa Inggris disebut dengan Asian Koel. Burung ini tergolong jenis burung benalu yang bertelur di sarang burung lainnya. Jadi, anakan Tuwur Asia di alam liar biasanya di asuh oleh jenis burung yang lain.


4. Burung Rose-breasted Grosbeak


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Allaboutbirds.org

Grosbeak Rose-breasted ialah salah satu burung kicau terbaik yang berasal dari Northeastern Amerika Serikat dan Kanada. Burung ini mempunyai bulu berwarna hitam dan putih terang dengan tanda segitiga merah gelap pada dadanya yang berwarna putih. Jantan dan betina Rose-breased Grosbeak sanggup bernyanyi dengan bunyi kicauan yang sangat merdu. Yang jantan biasanya berkicau di cabang-cabang pohon paling atas, sedangkan yang betina berkicau selama inkubasi dan ketika membangun sarang.


Hewan unggas ini berkembang biak di hutan dan berhabitat orisinil di Northeastern Amerika Serikat. Pada ketika demam isu dingin, burung ini pindah ke Amerika Tengah dan Selatan. Selama demam isu dingin, Rose-breasted Grosbeak mencari masakan berkelompok. Maraknya penebangan hutan menyebabkan jumlah spesies burung yang menarik ini menurun drastis.


5. Burung Robin


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Animalspot.net

Burung Robin dikenal alasannya ialah bulunya yang mencolok dan kicauannya yang indah. Disebut juga sebagai Robin Amerika. Kicauan burung Robin berbeda-beda dan biasanya mengulang beberapa kicauan sekitar tiga sampai empat kali berturut-turut dengan nada-nada yang berbeda. Kicauan burung Robin sering terdengar pada ketika fajar. Uniknya, ketika ada bahaya dari binatang predator, burung ini berkicau dengan arti sebagai tanda peringatan.


Habitat burung robin ialah hutan pinus, tempat pegunungan, semak-semak, dan hutan. Bulu pejantan berwarna coklat keabu-abuan dengan kepala hitam dan bab bawah tubuhnya berwarna oranye. Sedangkan yang betina mempunyai warna pucat. Makanan burung Robin ialah cacing tanah, serangga dan buah-buahan.


6. Murai Batu


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Tribunnews.com

Murai watu ialah salah satu burung kicau yang paling digemari di Indonesia dan juga di beberapa negara. Asal burung ini ditemukan Asia, Eropa dan Afrika. Burung Murai Batu sangat populer alasannya ialah kicauannya yang indah yang bisa menirukan banyak sekali macam nada. Burung ini biasanya berkicau berpasangan di cabang-cabang pohon paling atas di tempat hutan bebatuan. Burung murai watu biasanya mengulangi beberapa nada kicauan tiga sampai empat kali.


Burung ini mempunyai panjang antara 21-25cm dengan berat berat bisa mencapai 110 gram. Habitat orisinil murai watu tinggal di hutan dan di taman-taman pinggiran kota. Burung ini juga melaksanakan perjalanan jauh pada ketika pergantian musim.


7. Karakalo Australia


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Nzbirdsonline.org.nz

Dengan lebar sayap 1 meter, burung yang termasuk keluarga tekukur ini merupakan burung benalu terbesar di dunia. Karakalo Australia berjulukan orisinil Channel-billed Cuckoo dan berjulukan latin scythrops novaehollandiae. Karakalo Australia bisa ditemukan di habitat aslinya, yaitu di Australia Timur, Indonesia dan Papua Nugini. Burung ini terbilang unik alasannya ialah selain bunyi kicaunya yang khas, bentuk burung ini juga indah dan besar.


Selama demam isu semi, burng Karakalo Australia berpindah ke Australia Timur Mereka dan berkembang biak di tempat subtropis Australia. Selama periode tersebut, jenis burung ini akan menciptakan kicauan kedatangan yang bervariatif. Kicauannya bisa didengar dari jarak setengah kilometer. Jika terdapat dua burung Karakalo Australia atau lebih, masing-masing akan berkicau keras dengan nada yang berbeda-beda.


Sama menyerupai jenis tekukur yang berjulukan (Tuwur Asia nomor 3), Karakalo Australia bertelur di sarang burung jenis lain, terutama di sarang burung gagak alasannya ialah besar sarangnya cukup untuk anakan Karakalo Australia. Dibutuhkan waktu tiga sampai empat ahad biar anakan Karakalo berbulu lebat dan bisa meninggalkan sarang tuan rumah. Nah, sedangkan pada demam isu cuek berikutnya, gerombolan burung ini kembali ke Papua Nugini dan Indonesia.


8. Jalak Suren


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Jalaksuren.net

Burung jalak suren dikenal juga dengan nama Pied Myna. Sedangkan dalam bahasa inggris dinamalan Asian Pied Starling. Karena bunyi kicaunya yang indah dan juga bisa dijinakkan kalau dipelihara dari anakan menciptakan burung jaka suren mempunyai daya tarik tersendiri di kalangan pecinta burung. Harga burung jalak suren berfariatif bekisar 350.000 s/d 850.000 rupiah. Sementara anakannya sekitar 350rb. Sedangkan yang suah pernah menjuarai lomba harganya melonjak di atas 2 juta rupiah.


Asal burung jalak suren ialah Asia Tenggara dan India. Kelebihan jenis burung kicau jalak ini dibandingkan dengan jenis jalak yang lain (termasuk beo) adalah, bunyi kicauannya yang tebal dan keras. Burung ini di Indonesia di sebut juga sebagai burung penjaga rumah, alasannya ialah kalau melihat orang tak dikenal, burung ini akan bersuara lebih ngotot. Panjang burung jalak suren ialah sekitar 20 s/d 24cm.


9. Burung Kacer


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Agrowindo.com

Burung Kacer dikenal juga dengan nama Magpie Robin dan dengan nama latin copsychus saulari. Burung kicau ini berekor lurus dan panjang dengan warna khas hitam putih. Sayapnya berwarna hitam dan putih di tengah. Sedangkan pada bab perut dan dada berwarna putih, sedangkan badan bab atas seluruhnya berwarna hjitam, termasuk matanya.


Habitat orisinil burung kacer ialah Asia Tenggara dan India. Sarangnya dibentuk kayu pohon yang dilubangi. Pejantannya bersuara lebih keras dan lebih sering berkicau pada masa demam isu kawin tiba. Kicauannya yang berfariasi adan terus-menerus menciptakan burung Kacer digemari para pecinta jenis burung kicau.


10. Kakatua Hitam Ekor Kuning


suara kicau burung paling merdu di dunia 10 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Paling Merdu di Dunia
Sumber gambar: Flickr.com @ Andrew Shipway

Kakatua hitam ekor kuning ialah burung kakaktua besar dengan warna bulu hitam yang mencolok. Burung itu juga mempunyai corak kuning pada ekornya. Jenis kakatua ini ditemukan di Australia Tenggara dan biasanya ditemukan di mendiami di hutan. Bahasa latin burung kakatua hitam ekor kuning ialah Calyptorhynchus Funereus.


Burung kakaktua hitam ekor kuning dikenal alasannya ialah kicauannya yang sangat keras dan bernada tinggi. Oleh alasannya ialah itu, kicauannya yang keras sanggup terdengar dari jarak jauh.


Orang-orang yang tinggal di Australia Tenggara sangat bersahabat dengan kicauan burung kakaktua hitam ekor kuning. Jenis kakaktua ini biasanya hidup berkelompok berjumlah tiga atau empat ekor. Kicauan bernada tinggi sambil terbang membantu sobat kelompoknya saling terhubung satu sama lain. Kakatua hitam ekor hitam bersuara lembut ketika mencari masakan dan apabila merasa terancam akan menciptakan kicauan peringatan yang keras.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Jenis Burung Kicau Dengan Bunyi Paling Merdu Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel