iklan

✔ 5 Tips Menjalankan Teladan Hidup Sehat

5 Tips Pola Hidup Sehat - Setiap orang niscaya ingin selalu sehat, dan niscaya tidak ada orang ingin sakit apalagi jikalau hingga menderita penyakit yang berbahaya akan menciptakan orang tersebut sangat menderita. Pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk menawarkan 5 tips menjalankan hidup sehat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dikala kita mau menjalankan hidup sehat setiap hari, contohnya mulai dari memperhatikan contoh makan, menjaga waktu istirahat yang cukup, melaksanakan olahraga secara teratur, dan lain-lain, dan ini semua yang menjadi landasan bagi kita untuk menjalankan hidup sehat.

 dan niscaya tidak ada orang ingin sakit apalagi jikalau hingga menderita penyakit yang berbah ✔ 5 Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat

5 Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat


Penting bagi kita untuk menyadari akan arti sehat yang sesungguhnya, alasannya yakni seseorang yang dikatakan sehat itu harus sehat secara jasmani maupun rohani, lantaran bila hanya sehat jasmani saja tetapi rohaninya tidak sehat maka ada yang kurang pengertian hidup sehat dalam diri kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita kenali dengan benar bila kita benar-benar ingin menjalankan hidup sehat.

1. Mengenali diri kita secara fisik maupun kejiwaan

Kanapa kita harus mengenali diri kita secara fisik maupun kejiwaan?. Karena ini akan menjadi dasar atau landasan penting dalam upaya kita untuk menjalankan hidup sehat.

Dengan mengenali kondisi fisik maupun kejiwaan kita maka setiap keputusan yang kita ambil untuk memulai hidup sehat akan tepat. Misalnya dengan mengenal kondisi fisik kita maka, kita akan tahu apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang tidak boleh.

Contoh sederhananya, jikalau kita tahu bahwa umur kita sudah memasuki usia diatas empat puluh tahun, maka langkah yang sempurna yang akan kita ambil ialah mulai mengurangi banyak sekali masakan yang berlemak atau masakan yang terlalu banyak karbohidrat, mulai mengurangi minum minuman yang terlalu manis, dan lain sebagainya.

Hal lain contohnya jikalau kita tahu kondisi fisik kita bahwa ternyata kita mempunyai tanda-tanda tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka kita mulai mengurangi makan masakan yang dapat memicu tekanan darah tinggi menyerupai masakan yang terlalu asin, goreng-gorengan, mengurangi merokok dan lain lagi.

Jadi dengan mengenal keadaan diri kita secara fisik maupun kejiwaan akan sangat membantu kita dalam menjalankan hidup sehat. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengenal keadaan diri sendiri, tetapi yang menjadi sulit yakni akad untuk menjalankan hidup sehat itu sendiri, jadi bila ingin menjalankan hidup sehat maka harus "action" atau bertindak dan mempunyai akad untuk tetap taat pada hukum cara hidup sehat.

2. Memperhatikan contoh makan masakan yang sehat

Menjalankan hidup sehat setiap hari juga tidak terlepas dari contoh makan kita sehari-hari, dimana masakan yang kita konsumsi harus mempunyai gizi serta nutrisi yang cukup untuk kebutuhan badan setiap hari, dan masakan yang kita makan juga harus lebih bervariatif. Hal ini harus kita lakukan lantaran ada makanan-makanan tertentu yang bahwasanya lebih bermanfaat untuk kesehatan badan kita, akan tetapi lantaran kita tidak terbiasa makan masakan tersebut maka kita akan sulit untuk memakannya, walaupun itu sangat baik untuk kesehatan badan kita.

Contoh sederhana, jikalau kita terbiasa makan steak daging, atau makanan-makanan lain yang banyak mengandung kolesterol, dan itu menjadi masakan kesukaan, maka kita harus dapat mulai menguranginya dan menggantinya dengan makan masakan menyerupai ikan, lantaran ikan itu baik untuk kesehatan badan alasannya yakni banyak mengandung Omege 3.

Kalau kita tidak terbiasa makan sayur, maka kini saatnya untuk menjalankan gaya hidup yang sehat, kita harus memaksa diri untuk mulai menyukai mengkonsumsi sayur-sayuran yang lebih banyak.

Kalau selama ini mungkin sarapan pagi selalu nasi uduk atau nasi goreng, maka mulailah untuk menggantinya dengan makan roti gandum atau sereal.

3. Melakukan pembiasaan dalam mengkonsumsi masakan sesuai umur

Kita tahu bahwa masakan yang mengandung, karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral serta air, itu baik untuk tubuh. Tetapi bila tingkat umur kita sudah mulai lanjut usia maka harus ada pembatasan dalam mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Sebut saja masakan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang berlebihan, walaupun sebagai sumber penghasil energi, tetap harus dikurangi jumlahnya lantaran kegiatan fisik kita sudah tidak menyerupai bawah umur yang masih gampang atau masih remaja.

Cara mengatasinya bagaimana ?. caranya sederhana, mulailah dengan mengurangi porsi makan kita menyerupai nasi putih takarannya harus mulai dikurangi, atau nasi putih mulai diganti dengan makan nasi merah.

Untuk menambah asupan vitamin serta mineral makanlah masakan yang mengandung vitamin yang alamiah seperti, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang segar. Mulai membiasakan diri untuk lebih banyak minum air putih 6 – 8 gelas dalam sehari.

Protein memang sangat diperlukan, tetapi untuk orang yang sudah mulai lanjut usia maka asupan protein juga sudah harus mulai dikurangi, caranya dengan mengganti sajian masakan sumber protein hewani dengan masakan yang mengandung sumber protein nabati, menyerupai kacang-kacangan, tahu, tempe.

4. Melakukan olahraga yang teratur

Baik untuk menjalankan hidup sehat maka olahraga harus tetap dilakukan secara teratur, dan itu harus menjadi sebuah hobi gres contohnya menciptakan kegiatan olahraga 4 kali dalam seminggu, dan dihentikan terlewatkan.

Olahraga dapat dilakukan sesuai dengan kemanpuan kita, contohnya dikala usia sudah mulai lanjut maka lakukanlah olahraga ringan saja menyerupai jalan pagi 45 menit hingga 1 jam tanpa perlu lari lagi dan hal ini akan sangat baik untuk membantu mengencangkan otot tubuh.

5. Menjaga kebersihan lingkungan daerah tinggal

Saat kita berolahraga maka alangkah baiknya pilihlah daerah yang higienis pada lingkungan rumah, halaman, atau daerah dimana kita tinggal.

Lingkungan yang bersih, secara jasmani akan menciptakan kita terhindar dari banyak sekali penyakit seperti, alergi debu, flu, bronkitis, atau nanah kulit, dan lainnya. Juga bila lingkungan higienis akan memberi efek menyerupai mengurangi stres, frustrasi, atau depresi. Selain itu lingkungan yang higienis secara psikis akan kuat pada sistem kekebalan badan terhadap penyakit.

Demikianlah tips kesehatan kali ini ihwal 5 tips menjalankan contoh hidup sehat yang dapat kita lakukan setiap hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Sumber http://www.randi.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 5 Tips Menjalankan Teladan Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel