iklan

Wajib Tahu Nih “Konsep Taktik Berguru Mengajar” Bagi Teman Yang Jadi Guru..


Sobat.. bagi kalian yang pengen atau yang sudah jadi guru ada beberapa hal yang wajib kita ketahui bersama mengenai seni administrasi berguru mengajar yang baik.

Belajar dari apa yang saya alami langsung, banyak sekali abjad anak didik,  harapan mereka belajar, motivasi mereka berbeda-beda.. ini merupakan tantangan terbesar bagi seorang guru dalam menyajikan bahan jauh sebelum masuk dalam kelas.

Saya sering mengadakan sesi curhat untuk mereka, bahwa ada beberapa proses berguru yang membosankan atau timbul rasa takut ingin menanyakan apa yang mereka tidak ketahui atau masih bingung. Hal hasil ini menjadi cambuk pribadi bagi saya juga.

Aduuuh... kelamaan curhat yaah... ehhehehe...  mari kita lanjut..

Nah.. Bagaimanakah seni administrasi berguru mengajar yang baik itu?

Menurut ekonomis saya  : Strategi yakni rencana tuk bertindak dalam perjuangan mencapai sasaran yang menjadi sasaran yang sudah kita tentukan atau harapkan.

Pengertian seni administrasi dari buku yang saya baca : seni administrasi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam perjuangan mencapai sasaran yang telah ditentukan. 

Jadi, saat dihubungkan dengan berguru mengajar, seni administrasi diartikan sebagai pola-pola umum acara guru anak didik dalam perwujudan acara berguru mengajar untuk mencapai tujuan yan telah digariskan.

Dari buku yang telah saya baca ada 4 (empat) problem pokok yang mengharuskan kita untuk memahaminya yaitu :

1.    Sasaran

Sasaran yang dimaksud yakni rumusan tujuan sebelum kita mengajar.

Nah... ini perihal bagaimana cara kita memahami tingkah laris sebagai hasil dari berguru mengajar kita. Hal ini sangat berkaitan dengan kepribadian dari masing-masing anak didik semoga sesuai dengan apa yang diharapkan.

2.    Pencapaian

Setelah sasaran maka selanjutnya yakni pencapaian. Pencapaian dimaksudkan semoga setiap guru memiki metode, strategi, konsep, maupun teori dalam proses pembelajaran.

Ketahuilah sebab masing-masing anak didik mempunyai kasus dalam menangkap pembelajaran yang akan kita ajarkan. Maka, sangat dibutuhkan guru sanggup memahami banyak sekali metode pembelajaran maupun pendekatan semoga sanggup memberi jalan keluar atas kesulitan yang di alami anak didik.

3.    Teknik Penyajian

Banyak kita temui pengukuhan dari banyak sekali anak didik yang mengeluh alias curhat bahwa ada cara meengajar guru sangat membosankan sehingga menciptakan mereka tidak bersemangat atau termotivasi untuk belajar. (ini pengalaman pribadi saya mendengarkan anak didik curhat hehehhe )

Nah.. sebagai guru mari kita bantu-membantu berusaha menguasai atau memakai metode maupun teknik penyajian berguru mengajar kita semoga menarik semoga anak didik merasa terdorong atau termotivasi untuk berpikir dan mau mencari tau perihal apa yang mereka sedang pelajari.

Teknik penyajian ini bertujuan semoga proses berguru mengajar dimanapun tempatnya sanggup mencapai tujuan yang ingin dicapai.

4.    Tolak Ukur

Nah.. dalam proses pembelajaran sangat penting sekali untuk kita memahami tolak ukur ini menyerupai apa.

Tolak ukur ini dimaksud untuk kita mengetahui apa yang harus kita nilai, bagaimana memberi penilaian, semoga kita sanggup melihat perkembangan anak didik apakah mereka berhasil atau tidak.

Tolak ukur berkaitan dengan beberapa aspek penilaian, menyerupai bagaimana anak didik hadir dikelas, perilakunya, hasil ulangan, korelasi sosial (hubungan antar teman sekelas dan lingkungan) de el el..

OK... dari apa yang saya paparkan diatas.. yukk mari kita bantu-membantu untuk memajukan pendidikan Indonesia menjadi pendidikan yang bermutu..

Tidak rugi jikalau menunjukkan sesuatu yang bermanfaat bagi anak didik kita, meskipun yah terkadang menciptakan kita menguras otak untuk berpikir, menguras tenaga untuk menjelaskan sejelas jelasnya. Pokoke perlu kesabaran ekstra yah... hhehehee

Lakukan yang terbaik sebisa yang kita bisa.. yooosh semangat yah sobat..

Kesimpulannya :

Memahami mengenai seni administrasi berguru wajib tuk kita ketahui bersama mulai dari sasaran, pencapaian, teknik dan tolak ukur semoga bahan apapun yang kita berikan sanggup dipahami dan diamalkan bagi anak didik kita dimasa depan.

Wallahu a'lam...

Jum'at, 12 April 2019

Sumber buku bacaan : Strategi Belajar Mengajar oleh : Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag. & Drs. Aswan Zain. Halaman : 5-8. Penerbit : Rineka Cipta 2014.

Sumber gambar : IG @bea7507

Sumber http://annisawally0208.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wajib Tahu Nih “Konsep Taktik Berguru Mengajar” Bagi Teman Yang Jadi Guru.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel