iklan

Rangkuman Bahan Pembelajaran Tik Wacana Internet


 Sobat... berbicara ihwal teknologi akan tidak menjadi abnormal lagi bagi kita.. 

apalagi berbicara ihwal Internet,  terkadang dunia positif menjadi delusi bagi mereka yang sudah ketergantungan di dunia maya yuuups.. tentu saja ini semua alasannya yakni mudahnya mengakses internet..

Ingat pepatah ini “Tak Kenal Maka Tak Sayang” ?... 

berlakukan untuk semua aspek yah sobat, sebelum kita memperlajari sesuatu alangkah baiknya kita mengenalnya sebelum menyukainya ini sangat membantu sahabat untuk terus bersemangat dalam melanjutkan sesuatu..

apa itu INTERNET?

Secara bahasa nih internet (Interconnected networking) yakni rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.

Namun, secara umum sahabat tentu sudah mengetahui bahwa internet yakni jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer-komputer lainnya secara global/mendunia.
INTERNET sudah ada semenjak kapan?

Jawabannya yakni pada tahun 1969. Namun, ketika itu namanya bukan INTERNET melainkan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yaitu jaringan komputer yang dibentuk oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertanahan Amerika Serikat.

Nah ketika itu ARPANET difungsikan hanya untuk saran percobaan teknologi jaringan komputer terbaru dengan menghubungkan banyak komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi problem bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya gosip terpusat, yang apabila terjadi perang sanggup gampang dihancurkan.

Cerita Singkat Perkembangan Internet

Tanggal 6 agusttus 1991, CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire/ European Council for Nuclear Reseatrch) memperkenalkan proyek World Wide Web. 

Sejak tahun 1989 oleh ilmuwan asal Inggris berjulukan Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Pada tahun 90an Internet mulai dikenal luas.

 Hingga hingga Januari 2009, berdasarkan statik dari AMD (Advanced Micro Devices), populasi internet mencapai 1,5 milyar (data penggunaan internet per 100 penduduk berdasarkan ITU (International Telecommunication Union).

Perbedaan Internet dan World Wide Web (WWW/Web)

Sekarang Internet lebih dipanggil dengan nama keren yaitu Web/ WWW. Padahal seharusnya tidak alasannya yakni Web hanyalah bab alias kemudahan yang banyak dipakai di internet.

Internet yakni jalur terhubungnya komputer-komputer diseluruh dunia. Sedangkan Web yakni salah satu kemudahan yang ada didunia. Internet berfungsi untuk menampilkan gosip berupa tulisan, gambar, musik, bahkan video melalui browser (perambah).

Manfaat Internet apa sih?

Berikut beberapa manfaat yang sanggup kita ambil nih :

1.    Media/Sarana Informasi

a.    Televisi

Dengan memakai internet kita sanggup menonton acara-acara tv yang tidak sempat kita nonton.. waaah... jadi tak perlu khawatir lagi nih bila tertidur alasannya yakni nunggu film favorite.

b.    Radio

Nah.. selain tv, di internet juga kita sanggup mengakses radio. Biasa radio yang ada diinternet dikenal dengan siaran khusus di internet, namun ada juga siaran radio umum yang sanggup kita dengarkan melalui internet.

c.    Koran

Semakin gampang membaca tanpa harus membeli koran kan? Yah.. alasannya yakni sakin canggihnya nih koran kini tersedia online, mau dimanapun kita masih mendapat gosip secara cepat tanpa harus pergi mencari penjual koran hanya untuk mendapat informasi.

2.    Media/ Sarana Komunikasi

a.    Telepon

Sekarang kita sanggup menelpon hanya melalui internet. Di internet dikenal dngan VoIP (Voice over Internet Protocol) artinya bunyi melalui jalur internet.

Dengan memanfaatkan internet kita sanggup mnggunakan aplikasi-aplikasi yang menyediakan jasa telepon contohnya WA, FB, dan media lainnya.

b.    Surat Menyurat

Tak lagi sama, dulu melalui Kantor pos namun kini hanya memodalkan komputer dan internet kita sudah sanggup mengirik surat dengan memanfaatkan media Email. Bahkan bukan hanya mengirim surat saja, kita juga sanggup mengirim foto, dan juga video.

c.    Chatting

Bertukar pesan melalui internet menyerupai mirip SMS namun lebih canggih alasannya yakni hanya dengan bermodalkan internet saja kita sudah sanggup berkomunikasi dengan mereka yang ada diseluruh dunia.

3.    Media/Sarana untuk berguru (bermain sambil bermain)


Banyak hal yang sanggup kita pelajari dari internet. Termasuk berguru yaitu dengan mengakses situs-situs berguru menyerupai : Kidzui.com, learningplanet.com, Funschool.com, Funbrain.com, dan kids.yahoo.com

4.    Media/Sarana untuk hiburan /Bermain

a.    Video
atkan situs youtube dimana dalam situs ini berbagai video yang sanggup kita nonton, mulai dari video lucu, seram, music, de el el ..


Wallahu a'lam..

Sumber :

Rangkuman : "Internet Teman Belajarku" Oleh : Wisya Yugaswara & Juniagraha. Hal. 1-23.Penerbit : Talenta Pustaka Indonesia. 2009.


Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Sumber http://annisawally0208.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Bahan Pembelajaran Tik Wacana Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel