iklan

Peta Bahan Matematika Sd Kurikulum 2013

idak ada sesuatu yang Istimewa dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD berguru matemat Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013Tidak ada sesuatu yang Istimewa dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD berguru matematika selain bagaimana sewaktu SD yang paling saya ingat ialah bermain bola dan bermain air alasannya sekolahnya dulu sering banjir. Tidak dapat kita pungkiri pada tahun-tahun yang kemudian SD belum menjadi perhatian penuh dunia pendidikan, tetapi itu ialah dongeng lama. Sekarang perhatian sudah lebih di fokuskan pada SD alasannya bila di SD manis maka Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas akan lebih gampang mendidiknya. Ibarat bangunan yang memiliki dasar yang kuat, kalau mau meninggikannya tidak akan jadi masalah.

Pada SD penerapan kurikulum 2013 pada tahun pedoman gres 2013/2014 diterapkan sekaligus di dua kelas yang berbeda yaitu kelas 1 [satu] dan Kelas 4 [empat]. Disini kita coba membuatkan peta bahan matematika kelas 4 SD. Struktur kurikulum 2013 untuk SMA, SMP dan SD yang pernah kita bahas sebaiknya terlebih dahulu Anda pelajari kemudian melihat peta bahan berikut ini. Mari kita lihat Peta Materi Kurikulum 2013.

Peta Materi - Matematika - Kelas IV - Semester I

1. Memahami dan memakai sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
  • 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
  • 1.2 Mengurutkan bilangan
  • 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
  • 1.4 Melakukan operasi hitung adonan
  • 1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
  • 1.6 Memecahkan duduk kasus yang melibatkan uang

2. Memahami dan memakai faktor dan kelipatan dalam pemecahan duduk kasus
  • 2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
  • 2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
  • 2.3 Menentukan kelipatan komplotan terkecil [KPK] dan faktor komplotan terbesar [FPB]
  • 2.4 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan KPK dan FPB

3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
  • 3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
  • 3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
  • 3.3 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
  • 3.4 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan satuan kuantitas

4. Menggunakan konsep keliling dan luas berdiri datar sederhana dalam pemecahan masalah
  • 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
  • 4.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

Peta Materi - Matematika - Kelas IV - Semester II

5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
  • 5.1 Mengurutkan bilangan lingkaran
  • 5.2 Menjumlahkan bilangan lingkaran
  • 5.3 Mengurangkan bilangan lingkaran
  • 5.4 Melakukan operasi hitung campuran
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan duduk kasus
  • 6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
  • 6.2 Menyederhanakan banyak sekali bentuk pecahan
  • 6.3 Menjumlahkan pecahan
  • 6.4 Mengurangkan pecahan
  • 6.5 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan pecahan
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
  • 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
  • 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya
8. Memahami sifat berdiri ruang sederhana dan hubungan antar berdiri datar
  • 8.1 Menentukan sifat-sifat berdiri ruang sederhana
  • 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
  • 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan berdiri datar simetris
  • 8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu berdiri datar

Peta Materi - Matematika - Kelas V - Semester I

1. Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran dalam pemecahan duduk kasus
  • 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
  • 1.2 Menggunakan faktor prima untuk memilih KPK dan FPB
  • 1.3 Melakukan operasi hitung adonan bilangan lingkaran
  • 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
  • 1.5 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan duduk kasus
  • 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan memakai notasi 24 jam
  • 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
  • 2.3 Melakukan pengukuran sudut
  • 2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
  • 2.5 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

3. Menghitung luas berdiri datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
  • 3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang
  • 3.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan luas berdiri datar

4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
  • 4.1 Menghitung volume kubus dan balok
  • 4.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan volume kubus dan balok

Peta Materi - Matematika - Kelas V - Semester II

5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
  • 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
  • 5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.3 Mengalikan dan membagi banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.4 Menggunakan pecahan dalam duduk kasus perbandingan dan skala

6. Memahami sifat-sifat berdiri dan hubungan antar berdiri
  • 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri datar
  • 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri ruang
  • 6.3 Menentukan jaring-jaring banyak sekali berdiri ruang sederhana
  • 6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
  • 6.5 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang sederhana

Peta Materi - Matematika - Kelas VI - Semester I

1. Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran dalam pemecahan masalah
  • 1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
  • 1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
  • 1.3 Menyelesaikan duduk kasus yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan duduk kasus
  • 2.1 Mengenal satuan debit
  • 2.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan satuan debit

3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
  • 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua berdiri datar sederhana
  • 3.2 Menghitung luas lingkaran
  • 3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung

4. Mengumpulkan dan mengolah data
  • 4.1 Mengumpulkan dan membaca data
  • 4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
  • 4.3 Menafsirkan hidangan data

Peta Materi - Matematika - Kelas VI - Semester I

5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan duduk kasus
  • 5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
  • 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
  • 5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
  • 5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.5 Memecahkan duduk kasus perbandingan dan skala

6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan duduk kasus
  • 6.1 Membuat skema letak benda
  • 6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
  • 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius ...

7. Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan data
  • 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
  • 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
  • 7.3 Mengurutkan data termasuk memilih nilai tertinggi dan terendah
  • 7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
[http://belajar.kemdiknas.go.id]

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
idak ada sesuatu yang Istimewa dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD berguru matemat Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013


Sumber http://www.defantri.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peta Bahan Matematika Sd Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel