iklan

Pentingnya Arus Kas Dalam Administrasi Keuangan Perusahaan

Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan PerusahaanJika ada tiga aspek penting dalam bisnis properti, yaitu lokasi, lokasi, dan lokasi. Maka dalam bisnis ada tiga hukum pertama, yaitu kas, kas, dan kas. Arus kas punya posisi yang sangat penting dalam administrasi keuangan perusahaan. Dalam Segitiga B-I Robert T. Kiyosaki, arus kas ini berada di bab bawah segitiga. Artinya, bahwa arus kas atau cash flow merupakan pondasi, syarat dasar, fundament, bagi suatu bisnis untuk berjalan. Arus kas ini sangat penting bagi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.


Banyak pengusaha yang terjebak pada laba, tapi kurang memperhatikan kas. Apa perbedaan keuntungan dan kas? Ada perbedaan antara mendapat keuntungan dan mempunyai uang kas yang cukup. Laba yaitu angka yang muncul di akun Anda pada simpulan tahun. Sedangkan kas yaitu uang yang Anda miliki di bank. Uang kas ini menentukan, apakah Anda bisa membayar gaji, membayar tagihan, maupun membayar supplier.


Beberapa perusahaan yang sangat menguntungkan dan mempunyai keuntungan yang bagus, terpaksa menghentikan operasional bisnis mereka alasannya yaitu kehabisan uang kas. Bagaimanapun tanpa uang kas di bank, administrasi tidak bisa membayar gaji, banyak sekali tagihan, dan juga membayar supplier. Sudah bisa dipastikan apabila operasional bisnis berhenti, kinerja perusahaan akan terganggu dan mengalami penurun.


Jangan biarkan bisnis Anda gulung tikar alasannya yaitu tidak bisa mengelola arus kas dalam administrasi keuangan perusahaan.


Masalah-masalah yang berkaitan dengan arus kas terjadi alasannya yaitu arus kas keluar lebih cepat atau lebih banyak dibanding uang masuk. Hal menyerupai ini bisa terjadi alasannya yaitu banyak sekali hal. Salah satunya kemungkinan terjadi alasannya yaitu Anda terlambat dalam melaksanakan penagihan kepada pelanggan. Oleh alasannya yaitu itu Anda mengalami penundaan, antara waktu untuk membayar bahan-bahan, biaya produksi, maupun membayar tagihan supplier. Dengan waktu untuk mendapat pembayaran dari konsumen/client Anda.


Sementara tagihan Anda tidak bisa menunggu lama, tidak jarang pembayaran dari pelanggan Anda justru tersendat. Hal itu biasa terjadi, apalagi ketika kondisi perekonomian sedang lesu. Anda harus mencurigai hal ini! Lakukan pengelolaan yang baik pada keuangan perusahaan.


Tugas Anda dalam menjalankan bisnis bukan hanya memperhatikan laba-rugi semata, meskipun hal itu juga penting. Namun Anda juga harus memperhatikan catatan/laporan keuangan perusahaan wacana fatwa arus kas.


Tips Manajemen Keuangan Perusahaan Dalam Mengelola Arus Kas


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam administrasi keuangan biar arus kas perusahaan Anda sanggup mengalir sehat.



  1. Atur aktivitas pembayaran kepada pemasok dan kreditor biar sinkron dengan pembayaran dari konsumen/client,

  2. Selalu sediakan cadangan uang kas di rekening bank,

  3. Tagih pelanggan secepatnya,

  4. Jangan segan untuk mengirimkan surat peringatan bila sudah ada tagihan rekening yang melewati tanggal tagih,

  5. Berikan reward (bisa berupa diskon atau yang lainnya) kepada pelanggan yang membayar dengan cepat.


Kelima tips tersebut memang terlihat sederhana. Namun bila Anda menjalankannya, maka administrasi keuangan perusahaan akan selalu berada dalam kondisi “sehat”. Dan Anda sanggup menjaga arus kas, biar perusahaan tidak perlu menghentikan kegiatan operasionalnya, dan terhindar dari kebangkrutan.


sumber gambar: ilhamrizqi.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Arus Kas Dalam Administrasi Keuangan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel