iklan

Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi Manajemen

Banyak orang mungkin pernah mendapat saran untuk menerapkan sebuah sistem akuntansi man Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi ManajemenBanyak orang mungkin pernah mendapat saran untuk menerapkan sebuah sistem akuntansi administrasi untuk perusahaan mereka. Setidaknya sistem ini perlu dijalankan bilamana pelaku perjuangan belum sanggup menerapkan sistem akuntansi keuangan yang baku.


Kenapa muncul saran demikian? Lalu apa beda antara akuntansi administrasi dan akuntansi keuangan? Apa sebabnya penting sebuah perjuangan sekecil apapun itu mempunyai sebuah sistem akuntansi manajemen? Apa fungsi dari sistem akuntansi administrasi bagi laju sebuah usaha?


Pada dasarnya, akuntansi administrasi difokuskan untuk menyajikan data dan informasi keuangan bagi kepentingan internal perusahaan. Data yang diperoleh dari akuntansi administrasi ini perlu untuk menjadi dasar bagi pengambilan keputusan perusahaan terkait dengan perencanaan, pengarahan, pengendalian dan sanksi terhadap suatu problem internal perusahaan.


Akuntansi administrasi dibentuk untuk kepentingan internal. Tidak ada ketentuan baku soal susunan dan isi dari laporan. Formatnya lebih fleksibel sesuai kebutuhan.


Dari data yang Anda peroleh dari akuntansi manajemen, aspek yang sanggup Anda dapatkan yakni informasi terkait data dasar setiap biaya, dana masuk dan keluar, serta efisiensi dari tiap serpihan usaha. Data ini juga kerap berkaitan dengan acara perusahaan.


Harus diakui dengan demikian laporan yang diterima dari akuntansi administrasi bersifat sempit. Dan lantaran cenderung khusus untuk kepentingan internal maka penyusunannya tidak mengikat sebagaimana pada laporan akuntansi baku. Kadang data yang tersaji sangat terkait dengan seberapa banyak informasi yang diharapkan oleh perusahaan dan seberapa besar pentingnya data tersebut menimbang dari biaya yang dikeluarkan untuk menyajikan data bersangkutan.


Ini berbeda dengan laporan keuangan dari akuntansi keuangan baku dimana laporan tersebut juga akan dibaca oleh pihak eksternal ibarat perbankan, pemilik saham dan investor. Laporan keuangan bersifat baku sehingga data harus disajikan secara general dan komplit untuk mewakili setiap serpihan dari acara keuangan perusahaan. Biasanya laporan keuangan akuntansi ini disusun dalam periode yang tetap ibarat tahunan atau triwulanan.


Lalu bagaimana dengan laporan keuangan untuk kepentingan akuntansi manajemen? Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya di atas, akuntansi administrasi dibentuk untuk kepentingan internal. Tidak ada ikatan waktu dan tidak ada ketentuan baku soal susunan dan isi dari laporan. Susunan juga sanggup bersifat lebih fleksibel dengan urutan yang diubahsuaikan dengan kebutuhan.


Laporan yang biasanya disajikan untuk akuntansi administrasi antara lain :



  • Laporan biaya operasional produksi

    Biaya operasional merupakan perhitungan dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi. Sebenarnya data ini juga dibutuhkan oleh akuntansi keuangan, tetapi dalam akuntansi administrasi informasi yang dibutuhkan sifatnya sanggup menjadi sangat detail, yakni biaya produksi per buah, perproses hingga per hari dan mungkin juga per mesin. Kadang dari sinilah sanggup diputuskan apakah sebuah mesin cukup efektif dipakai atau perlu diganti, apakah sebuah lini produk layak dilanjutkan atau dilarang produksinya dan sebagainya.

  • Laporan acara dan program

    Kadang sebua perusahaan mengadakan acara tertentu ibarat acara promo dengan hadiah tertentu, acara gathering karyawan, acara bonus, pendidikan dan training dan sebagainya. Perusahaan perlu mengetahui dengan detail sebesar apa biaya yang dikeluarkan terkait penyelenggaraan acara ini dan bagaimana efeknya terhadap penjualan, kinerja dan sebagainya.

  • Laporan prestasi

    Laporan ini biasanya terkait pencapaian seseorang karyawan, divisi atau sebuah lini produk di pasar dalam sebuah track record. Biasanya dipakai untuk evaluasi dalam pengambilan keputusan dan sanksi terkait objek tersebut, ibarat kenaikan jabatan, derma bonus untuk satu divisi atau pengambilan keputusan meningkatkan produksi dari satu lini produk. Data biasanya berupa data penjualan yan berhasil dicapai atau data keuangan lain yang terkait.

  • Laporan estimasi

    Biasanya terkait dengan sebuah studi analisa dan kelayakan sebuah planning perusahaan. Di sini dipakai data dari masa kemudian dan kini untuk menciptakan asumsi akan situasi akan tiba dengan pengandaian. Laporan estimasi juga sanggup dilakukan saat perusahaan ingin melaksanakan sanksi terhadap sebuah lini perjuangan yang dianggap tidak efektif, atau ibarat ingin mematikan satu proses produksi dan melemparkannya ke pihak ketiga. Maka dibentuk laporan estimasi untuk melihat bila sanksi ini dilakukan bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi keuangan perusahaan dan sebagainya.


Masih banyak lagi data yang terkait dalam akuntansi manajemen. Dan biasanya data yang tersaji sifatnya juga kompleks, terfokus (tidak general) dan sanggup terkait dengan disiplin ilmu dan serpihan lain dari perusahaan, ibarat serpihan pemasaran, serpihan personalia dan sebagainya. Karena data dari akuntansi administrasi akan dipakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen.


sumber gambar: studentprofit.co.uk



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel