iklan

√ Inilah Banyak Sekali Cara Mempercepat Es Kerikil Membeku

Saat cuaca panas, minum-minuman cuek memang lebih nikmat. Untuk menciptakan minuman cuek lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es watu ke dalamnya. Cara menciptakan es watu memang sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi cetakan es watu dengan air matang, kemudian masukkan ke dalam freezer lemari es. Hanya dalam waktu beberapa jam es watu sudah jadi.


Akan tetapi, bagaimana jikalau kita membutuhkan es watu lebih cepat? Sementara pembekuan es watu di lemari es sanggup memakan waktu minimal 3 jam. Bacaterus akan menunjukkan tips dan cara mempercepat es watu membeku. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menunggu es watu membeku hingga 3 jam dengan melaksanakan cara belakang layar dari Bacaterus ini.


Cara Mempercepat Es Batu Membeku


 Untuk menciptakan minuman cuek lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es watu ke dalamny √ Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku


Setiap lemari es mempunyai waktu tersendiri untuk menciptakan es watu beku. Ada yang butuh waktu 3 jam, 4 jam, 5 jam, hingga dengan 6 jam. Apakah usang pembekuan es watu tergantung dengan suhu di dalam lemari es? Ya, suhu lemari es memang kuat pada durasi pembekuan es batu. Akan tetapi, ada cara yang lebih efektif untuk mempercepat pembuatan es batu, lho.


Cara mempercepat es watu membeku yaitu menciptakan es watu dari air panas yang gres mendidih. Dalam ilmu pengetahuan, fenomena air panas yang lebih cepat membeku dibanding air biasa disebut dengan “Mpemba effect.”


Nama tersebut diambil dari seorang pelajar asal Tanzania yang menemukan cara menciptakan es krim lebih cepat. Erasto Batholomeo Mpemba memanaskan gabungan es krim sebelum dimasukkan ke dalam freezer.


Es watu yang berasal dari air mendidih juga mempunyai tampilan yang lebih bening ketimbang es watu yang dibentuk dari air biasa yang terlihat lebih cloudy. Waktu yang diperlukan untuk menciptakan es watu dari air mendidih yaitu kurang dari 2 jam. Tentu saja cara ini lebih efektif ketimbang Anda menciptakan es watu dari air biasa yang memakan waktu 3-6 jam.


Perlu Anda ingat bahwa wadah pembuatan es watu (ice tray) harus yang terbuat dari material plastik, silikon, dan stainless steel yang BPA-free. Pasalnya, jikalau wadah es watu Anda mengandung BPA, maka racunnya akan meleleh ketika terkena air panas dan larut dalam es watu yang Anda buat.


Panduan Membuat Es Batu dari Air Panas


 Untuk menciptakan minuman cuek lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es watu ke dalamny √ Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku


Mau mencoba cara mempercepat es watu membeku dengan air panas? Boleh saja. Tak perlu peralatan khusus untuk menciptakan es watu dari air panas. Siapkan saja ice tray dan freezer ibarat ketika Anda ingin menciptakan es watu dari air biasa. Ikuti panduan berikut ini untuk menciptakan es watu dari air panas:



  1. Siapkan ice tray yang sudah dicuci hingga bersih dan dikeringkan.

  2. Masak air panas hingga mendidih. Ketika sudah mendidih eksklusif tuangkan air panas ke dalam ice tray hingga isinya penuh.

  3. Gunakan sarung tangan dapur anti panas untuk mengangkat ice tray. Masukkan ice tray berisi air mendidih ke dalam freezer lemari es.

  4. Tutup pintu lemari es dan tunggu sekitar 1-2 jam.


Jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari es supaya es watu yang Anda buat lebih cepat membeku. Pasang saja timer waktu 1,5 jam, ketika timer berbunyi silakan cek ke dalam freezer apakah es batunya sudah jadi atau belum.


Tips Mempercepat Pembekuan Es Batu


 Untuk menciptakan minuman cuek lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es watu ke dalamny √ Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku


Cara mempercepat es watu membeku dengan menciptakan es watu dari air mendidih memang perlu dicoba jikalau Anda ingin menciptakan es watu secara lebih cepat. Namun, Bacaterus juga ingin menambahkan beberapa tips supaya proses pembekukan es watu jadi lebih cepat.



  • Set Suhu Terendah Lemari Es


Jika ingin membekukan es watu secara lebih cepat, Anda harus memastikan bahwa suhu lemari es Anda cukup rendah. Atur suhu lemari es di titik yang paling rendah supaya udara di dalam lemari es, khususnya freezer, jadi lebih dingin. Semakin rendah suhunya, maka air panas yang berada di dalam ice tray juga jadi lebih cepat membeku.



  • Jangan Membuka Tutup Lemari Es


Ketika proses pembuatan es watu sedang berlangsung, jangan membuka-tutup lemari es terlalu sering. Hal tersebut sanggup menciptakan es watu Anda lebih usang membeku. Pasalnya, suhu dari luar lemari es yang masuk ketika pintunya dibuka akan mengurangi hawa cuek di dalam lemari es. Jadi, buka-tutup satu kali saja untuk mengecek apakah es watu Anda sudah jadi atau belum.



  • Gunakan Ice Tray dari Stainless


Seperti yang kita ketahui, ice tray bawaan dari lemari es biasanya terbuat dari plastik yang cukup tebal. Nah, bila Anda ingin membekukan es watu secara lebih cepat, gunakan ice tray yang terbuat dari stainless alasannya yaitu material tersebut sanggup menghantarkan suhu panas maupun cuek secara lebih cepat dibanding plastik.


Cara Membuat Es Batu Tahan Lama Tidak Mencair


 Untuk menciptakan minuman cuek lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es watu ke dalamny √ Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku


Kendala dalam menyimpan es watu yaitu gampang mencair jikalau cara penyimpanannya tidak benar. Namun, Anda tak perlu khawatir alasannya yaitu ada beberapa cara menciptakan es watu tahan usang sehingga tidak gampang mencair. Berikut yaitu cara untuk menciptakan es watu tidak cepat mencair.



  • Gunakan Wadah Berwarna Terang


Apakah Anda terbiasa menyimpan es watu atau minuman cuek di dalam wadah ibarat ice box? Jika ya, pilih wadah yang berwarna terang, ibarat kuning, orange, dan merah. Mengapa? Karena warna terperinci menyerap panas lebih sedikit sehingga es watu di dalamnya tidak gampang mencair.



  • Lapisi Wadah Penyimpanan dengan Aluminium Foil


Biasanya aluminium foil digunakan untuk memanggang makanan. Akan tetapi, kertas pelapis dari aluminium ini ternyata sanggup digunakan untuk menjaga es watu supaya tetap beku. Lapisi saja ice box dengan aluminium foil untuk mencegah es watu Anda mencair.



  • Bungkus Wadah Penyimpanan dengan Handuk


Ice box memang dirancang kedap udara supaya es watu di dalamnya tidak gampang mencair. Namun, jikalau Anda ingin menciptakan es watu di dalam ice box tetap beku lebih lama, bungkus ice box dengan handuk.



  • Simpan di Ruangan yang Sejuk


Kesalahan yang sering dilakukan ketika menyimpan es watu yaitu Anda meletakkan ice box di bawah sinar matahari yang terik. Memang benar jikalau ice box dirancang supaya tahan terhadap suhu di sekitarnya. Tapi alangkah lebih baiknya jikalau Anda meletakkan ice box di daerah yang sejuk, ibarat ruangan ber-AC. Tempat yang sejuk akan menjaga es watu di dalam wadah penyimpanan tetap beku selama beberapa jam.


Itulah serba-serbi cara mempercepat es watu membeku dan tips menyimpan es watu supaya tidak gampang mencair. Cara ini sanggup Anda pakai ketika Anda sedang membutuhkan es watu dalam jumlah banyak. Membuat es watu sendiri memang dijamin lebih bersih dan bersih dibanding membelinya di daerah lain.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah Banyak Sekali Cara Mempercepat Es Kerikil Membeku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel