iklan

√ Ini Ia Banyak Sekali Fakta Seputar Gurita Terbesar Di Dunia

Tahukah Anda bahwa Indonesia termasuk 10 besar negara pengekspor gurita terbesar di dunia? Gurita atau octopus yaitu binatang moluska dari kelas Cephalopoda (hewan yang kakinya terletak di kepala). Meskipun tampilannya seram, gurita bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Jepang yaitu negara yang paling sering mengolah gurita menjadi aneka macam sajian yang lezat, mirip Takoyaki atau Sushi.


Sebagai binatang berkaki lebih dari 4, gurita mempunyai tampilan yang cukup menyeramkan. Bentuknya dengan ukuran yang normal saja sudah menciptakan bergidik ngeri, apalagi jikalau harus melihat gurita terbesar di dunia yang besarnya berkali-kali lipat lebih banyak dari ukuran gurita normal.


Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda mengenal fakta seputar gurita terbesar di dunia. Apakah dalam ukuran besar gurita masih layak untuk dikonsumsi? Apakah gurita dengan ukuran yang besar berbahaya bagi keselamatan manusia? Temukan jawaban selengkapnya di sini.


Fakta Gurita Terbesar di Dunia


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Gurita Pasifik Raksasa atau yang dikenal dengan nama Giant Pacific Octopus yaitu spesies gurita terbesar di dunia yang tinggal di kedalaman Samudra Pasifik. Sampai dikala ini, ukuran terbesar dari gurita pasifik ini yaitu dengan panjang 30 kaki dan berat 600 kilogram. Ukuran rata-rata gurita pasifik yaitu panjang 7 meter dengan berat 71 kilogram.


Meskipun mempunyai ukuran yang sangat besar, gurita pasifik ini yaitu jenis binatang yang pemalu. Hewan ini lebih suka bersembunyi di balik batu-batu karang dan memanfaatkan kemampuan untuk mengubah warna kulitnya semoga tampak sama dengan benda-benda di sekitarnya, persis mirip bunglon.


Dikatakan sebagai binatang pemalu sebab gurita ini lebih suka berada di kedalaman 1.500 meter dan bersembunyi di dalam liangnya. Gurita raksasa ini hanya keluar dikala hendak mencari makan saja.


Mangsa Gurita Raksasa


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Dengan ukuran sebesar ini, gurita terbesar di dunia ini memang sanggup mengalahkan hiu anjing. Namun, intinya predator tersebut bukan masakan utama dari gurita pasifik. Gurita raksasa ini hanya akan menyerang jikalau sang predator berusaha memangsanya. Lantas, apa bekerjsama masakan dari gurita raksasa?


Gurita pasifik merupakan binatang karnivora (pemakan daging). Hewan maritim yang menjadi mangsa bagi gurita raksasa yaitu kerang, udang, cumi-cumi, dan lobster. Gurita ini akan memakai lengan-lengannya yang besar dan besar lengan berkuasa untuk mencengkeram mangsanya.


Setelah berhasil mencengkeram mangsanya, gurita pasifik akan mencabik badan mangsanya dengan memakai mulutnya yang keras mirip paruh dan menyuntikkan racun untuk melelehkan daging mangsanya hingga sehalus bubur. Akan tetapi, metode ini hanya dipakai gurita raksasa untuk memangsa binatang dengan cangkang yang keras, mirip lobster dan kepiting.


Gurita Pasifik, Hewan Bertubuh Besar yang Cerdas


Boleh dibilang bahwa gurita yaitu binatang invertebrata yang paling cerdas di antara binatang sejenis lainnya. Hewan ini mempunyai kemampuan untuk mempelajari aneka macam macam hal baru. Saat menjalani percobaan di laboratorium, seekor gurita pasifik raksasa berhasil membuka tutup toples hanya dari melihatnya saja.


Sebagai binatang yang cerdas, gurita raksasa juga pernah memecahkan akuarium untuk bertandang ke akuarium lain dan mencari makanan. Selain itu, kecerdasan lain yang pernah ditunjukkan oleh binatang yang mempunyai 8 buah tentakel ini yaitu menjiplak gaya gurita lain.


Fakta yang paling mengejutkan, gurita pasifik pernah ditemukan memanjat kapal nelayan dan membuka tutup daerah penyimpanan ikan untuk mengambil beberapa ekor kepiting yang balasannya menjadi santapannya. Wah, cerdas sekali, ya!


Reproduksi


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Beberapa binatang mempunyai animo kawin tersendiri, tapi tidak dengan gurita terbesar di dunia ini. Spesies ini sanggup kawin kapan saja. Gurita pasifik betina yang gres saja kawin akan menghasilkan telur-telur yang jumlahnya bisa mencapai 100 ribu butir.


Pengorbanan gurita betina sebagai induk memang patut diacungi jempol. Gurita betina akan menyimpan telur-telurnya di lubang di dasar maritim kemudian ia akan menjaga telur-telurnya. Sementara menjaga telurnya, gurita betina tidak akan pergi kemana pun untuk mencari makan. Alhasil, dikala telur-telurnya menetas, gurita betina mulai melemah dan balasannya mati.


Waktu yang diperlukan telur-telur gurita pasifik untuk menetas bisa mencapai 3 – 12 bulan. Semakin hangat daerah penyimpanan telurnya, maka semakin cepat telur itu menetas. Bisakah Anda membayangkan gurita betina tidak akan makan apapun hingga telurnya menetas?


Perjuangan hidup bayi gurita pasifik tidak berhenti hingga di situ saja. Bayi-bayi gurita akan melayang-layang di maritim layaknya zooplankton. Pada fase inilah bayi gurita sangat rentan menjadi santapan bagi binatang maritim lainnya. Setelah berhasil melalui fase ini, gurita raksasa akan kembali ke dasar maritim dan berperilaku mirip gurita pada umumnya. Usia gurita pasifik raksasa bisa mencapai 4-5 tahun.


Penemuan Gurita Raksasa di Seluruh Dunia


Beberapa orang pernah menjadi saksi bahwa gurita raksasa memang benar-benar ada. Bahkan, ukuran gurita yang mereka lihat melebihi ukuran gurita pasifik raksasa yang sudah kami bahas di sini. Percaya atau tidak, binatang yang diklaim sebagai gurita raksasa juga pernah ditemukan di Indonesia, lho!


Berikut yaitu sejumlah fakta inovasi gurita terbesar di dunia yang pernah menghebohkan masyarakat dan netizen:


1. Gurita Sepanjang 8 meter di Kepulauan Banda


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Tahun 2015, masyarakat Indonesia digegerkan dengan inovasi mahluk raksasa yang ibarat gurita sepanjang 8 meter di Pulau Hatta, Kepulauan Banda, Maluku. Nelayan menemukan binatang raksasa ini terkapar mati dan hampir membusuk. Diduga gurita raksasa ini mati sebab usianya sudah renta dan terbawa ombak hingga ke pesisir pantai.


Sempat dikatakan HOAX, tetapi informasi seputar gurita terbesar ini memang disiarkan di televisi-televisi nasional. Bahkan, masyarakat di Pulau Hatta juga menjamin keaslian informasi mengenai gurita raksasa yang menciptakan masyarakat gempar ini.


2. Gurita Seberat 250 kilogram di Australia


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Lagi-lagi seorang nelayan menemukan gurita raksasa. Gurita yang mempunyai berat 250 kilogram ini ditemukan di Perairan Victoria Australia. Panjang kepala guritanya 4 meter, sedangkan jikalau diukur dengan tentakelnya maka panjangnya mencapai 8 meter.


Jika di Kepulauan Banda bangkai gurita itu dibiarkan membusuk, gurita terbesar yang ditemukan di Australia ini justru diawetkan dan disimpan di dalam museum.


Apakah Kraken Benar-Benar Ada?


 gurita bisa diolah menjadi masakan yang enak √ Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia


Kraken yaitu sebuah mahluk mitologi yang digambarkan bertubuh gurita tetapi dengan ukuran yang sangat besar. Saking besarnya, tentakel kraken bisa meremukkan dua kapal sekaligus. Konon, mahluk ini berdiam di perairan Islandia dan Norwegia.


Pada tahun 1924, seorang penulis berjulukan Frank T. Bullen menerbitkan sebuah buku berjudul The Cruise of the Chachalot. Di buku ini Bullen menceritakan pada suatu malam ia yang berada di sebuah kapal dan berlayar di Selat Malaka menyaksikan sendiri pertempuran paus penyembur dengan seekor mahluk mirip cumi-cumi raksasa yang ia yakini sebagai Kraken.


Namun, mengingat profesi Bullen sebagai penulis tentu banyak orang yang percaya bahwa kesaksiannya dikala melihat Kraken hanya imajinasinya yang ia tuangkan dalam sebuah buku. Jadi, boleh dikatakan bahwa Kraken, gurita terbesar di dunia, hanyalah sebuah mahluk fiktif.


Itulah fakta seputar gurita terbesar di dunia yang ternyata tidak semengerikan penampilannya. Di balik ukurannya yang jumbo, gurita pasifik betina merupakan induk yang mau mengorbankan nyawanya untuk menjaga calon bayinya.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ini Ia Banyak Sekali Fakta Seputar Gurita Terbesar Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel