iklan

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapus semua foto di galeri secara tidak sengaja, tidak perlu kawatir. Foto yang terhapus di Android bukan selalu berarti sudah hilang sama sekali. Pada artikel kali ini, Wongunik akan memperlihatkan betapa mudahnya mengembalikan foto yang terhapus di Android. Hanya ada satu hal yang perlu diingat dan dilakukan: bertindaklah dengan segera.


Mungkin kau hingga di artikel ini sebagai hasil pencarian panik sesudah foto syur kau hilang di hape Android kau atau memang sengaja pengen tobat menghapusnya tapi kini berubah pikiran ingin menyimpan kembali foto tersebut. Sekali lagi, tidak perlu khawatir, belum terlambat! Jika kau hanya ingin tahu apa mungkin atau tidak mengembalikan foto yang terhapus secara permanen di Android, disarankan juga semoga mencadangkannya file dan foto yang tersimpan di hape untuk menghindari kepanikan ibarat ini.


Panduan Mengembalikan Foto yang Dihapus pada Android


Jika kita menelusuri ke aneka macam lembaga dan diskusi online mengenai hape, kita niscaya sering menemukan tidak jarang orang yang mengeluh atau murung alasannya yaitu kehilangan foto penting yang tersimpan di Android mereke. Dan ingin tahu bagaimana cara mengembalikan foto tersebut semoga bisa tersimpan kembali ke ponsel mereka. Mungkin skenario di bawah ini kurang selbih ibarat dengan kasus kehilangan foto yang kau alami.


Skenario Praktis


“Seorang pengguna punya hape Samsung Galaxy S8 dengan OS Android Oreo 8.0. Dia menghapus folder ‘Storage’ dari ponselnya saya demi melapangkan ruang penyimpanan. Kemudian ia sadar bahwa folder tersebut menyimpan semua jenis isu penting, ibarat foto-foto keluarga. Nah, apa yang perlu ia lakukan semoga bisa mengembalikan foto yang terhapus di Android miliknya?


Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Hilangnya Foto di Android


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Selain penyebab yang ibarat mirip skenario di atas tadi, gotong royong ada penyebab lain yang bisa menciptakan foto hilang dari perangkat Android. Tentu pengguna Android sangat merasa kesal bahkan murung ketika mengetahui tiba-tiba foto yang mereka sukai tidak ditemukan atau hilang dari Android mereka.


Foto yang terhapus sanggup dikembalikan. Tetapi sebelum menentukan salah satu solusi, pastikan terlebih dahulu penyebab yang menciptakan hilangnya foto dari ponsel Android kamu. Adapun penyebab-penyebab hilangnya foto yang masih bisa dikembalikan ke memori Android yaitu sebagai berikut;



  • tidak sengaja menghapus file atau gambar dari hape Android,

  • foto hilang alasannya yaitu flash ROM,

  • terkena serangan malware jahat,

  • memformat seluruh perangkat dan kehilangan data termasuk foto,

  • pengaturan ulang pabrik, rooting perangkat, dan

  • foto tidak sanggup diakses alasannya yaitu perangkat hang atau rusak.


Apakah Mungkin Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android?


Tentu kita ingin tahu alasan di balik pengembalian foto yang “hilang” atau “terhapus” dari Android baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Perlu diketahui bahwa foto yang dihapus atau terhapus sanggup dipulihkan kembali alasannya yaitu gotong royong tidak dihapus secara permanen dari perangkat.


Perlu diketahui juga bahwa di mana pun kau menyimpan data, baik di penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal, data yang dihapus masih ada selama sisa ruang penyimpanan tidak diisi atau tersalin (digantikan) dengan data yang lain. Tetapi tidak terlihat oleh pengguna. Sementara banyak yang mengira bahwa data tersebut tidak lagi tersedia.


Nah, oleh alasannya yaitu itu masih ada kemungkinan untuk mengembalikan foto yang hilang atau data lain dari ponsel Android telah dihapus.


Beberapa Poin Penting yang Perlu Diingat untuk Memulihkan Foto yang Hilang


Ada hal-hal yang perlu diikuti bila situasi kau kini kehilangan data di ponsel Android kamu. Yaitu:



  • Segera berhenti memakai ponsel pada dikala kau gres tahu hawa kau kehilangan data. Jangan melaksanakan kegiatan apa pun di ponsel tersebut bila ruang penyimpanan terbatas (tidak sanggup lagi menyimpan data baru). Karena, bila masih menambah data baru, foto atau video yang dihapus akan ditimpa dan tidak tersedia lagi.

  • Kamu harus mematikan data seluler dan koneksi Wi-Fi. Karena koneksi internet kemungkinan besar sanggup menyimpan data gres di Android kamu. Sehingga foto yang hilang tidak sanggup dipulihkan alasannya yaitu sudah tertimpa.

  • Aplikasi pemulihan foto yang tidak sanggup diakses dari ponsel Android seharusnya tidak dilakukan.

  • Cari software pemulihan foto yang berpengaruh yang bisa mengembalikan semua foto yang hilang di ponsel Android sesegera mungkin.


Mengembalikan Foto yang Dihapus dari Android tanpa Root


Ada juga pengguna yang beranggapan bahwa memakai aplikasi apa pun ada kemungkinan mendapat kembali foto yang hilang dari Android tanpa melaksanakan root. Tetapi disini perlu dijelaskan bahwa tidak ada cara yang sanggup membantu mengembalikan foto yang terhapus di Android tanpa root. Kecuali bila kau memang rela paling tidak foto yang dikembalikan kualitasnya tidak sebagus sebelum hilang.


Sebenarnya foto yang hilang disimpan di folder sistem tertentu yang tidak sanggup diakses pada perangkat yang tidak di-root. Foto-foto tersebut hanya sanggup diakses ketika ponsel di-root. Setelah itu, pengguna mendapat susukan penuh ke ponsel dan mencari foto yang hilang.


Tetapi bila kau ingin foto kau kembali utuh tanpa harus melaksanakan root pada ponsel Android kamu, maka yang paling mungkin yaitu dengan menariknya kembali dari pencadangan baik berbasis cloud ataupun di memori lain ibarat dari komputer ataupun disk cadangan. Ya, bila kau memang menyimpan cadangan foto-foto kau yang hilang pada media penyimpanan apa pun, maka kau bisa mengembaliakn foto-foto tersebut dengan mudah.


Dapatkan Kembali Foto yang Terhapus dari Google Photos


Ada aneka macam media penyimpanan buat pengguna Android semoga bisa mnyimpan atau mencadangkan data atau file penting dengan cara yang kondusif dan nyaman. Jadi, bila kau sebelumnya sudah menyimpan foto kau di penyimpanan cloud apa pun ibarat Onedrive, Google Photos atau di kawasan lain, maka foto-foto yan hilang tersebut gampang dikembalikan.


Tetapi foto-foto tersebut harus disinkronkan ke Google Photos memakai akun Gmail dan kemudian foto sanggup dikembalikan.


Catatan: Semua foto yang dihapus dari Google Photos tetap ada di storage trash selama 60 hari. Kaprikornus setiap foto yang dihapus secara permanen dari perangkat sanggup diambil paling lambat 60 hari dari trash tersebut.


Untuk memulihkan foto dari Google Photos, ikuti langkah-langkah di bawah ini:



  • Buka aplikasi Google Photos dan klik opsi ‘Menu’

  • Setelah itu, pilih folder ‘Sampah’ (Trash)

  • Di situ semua daftar file yang dihapus selama 60 hari terakhir akan muncul. Pilih foto yang ingin kau kembalikan.

  • Langkah terakhir, klik tombol panah kecil sisi kanan gambar untuk mengembalikan foto yang hilang kembali ke Android kamu.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Mengembalikan Foto yang Terhapus Menggunakan Aplikasi DiskDigger


Pertama-tama, buka Play Store pada hape Android kamu. Lalu cari aplikasi yang berjulukan DiskDigger photo recovery, instal dan kemudian jalankan aplikasi tersebut. Ada banyak aplikasi di Play Store yang mengklaim bisa mengembalikan foto yang dihapus. Tetapi sesudah uji coba, app DiskDigger bisa diandalkan, dan yang bagusnya aplikasi ini tidak mengganggu dalam hal menayangkan iklan.


Begitu kau sudah mempunyai aplikasi tersebut, akan sangat membantu bila mematikan Wi-Fi dan koneksi data di ponsel Android kamu. Alasan menonaktifkan koneksi internet tersebut yaitu pada dikala data dihapus, baik foto, musik ataupun file-file bentuk lainnya, gotong royong tidak terhapus selama sisa memori hape kau belum disalin dengan file lain.


Catatan: Pada perangkat Android yang tidak di root, aplikasi DiskDigger terbatas memulihkan gambar dari cache thumbnail. Berarti gambar-gambar tersebut kemungkinan besar akan dikembalikan dengan kualitas grafik lebih rendah dibandingkan dengan foto atau video orisinil ibarat sebelum dihapus.


Mengembalikan foto atau video versi orisinil dengan resolusi aslinya hanya mungkin dilakukan dengan me-rooting perangkat Android terlebih dahulu. Nah, pilihan opsi tersebut, di root atau tidak perlu di root terlebih dahulu, terserah pada keputusan kau sendiri. Jika kau tidak tahu cara me-rooting ponsel Android, kau bisa mencari panduan lengkapnya di Internet memakai mesin pencari ibarat Google.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Jika kau menghapus foto-foto yang ingin dikembalikan belum usang atau baru-baru ini, seharusnya DiskDigger bisa mengembalikan foto-foto tersebut ke memori ponsel Android kamu. Nanti aplikasi ini akan diberi opsi apakah akan mengembalikan foto tersebut ke folder di perangkat kau atau mencadangkan ke layanan cloud.


Awal-awal menjalankan DiskDigger ibarat tidak bisa menemukan foto-foto yang ingin dikembalikan. Nah, bila demikian, kau perlu menyeting pengaturannya dengan menghapus centang pada faktorminimum file size semoga bisa mengembalikan foto yang terhapus di Android. perlu juga dicatat bahwa pada tahap ini, bila kau ingin mengembalikan foto di ponsel Android kamu, kau membutuhkan versi Pro aplikasi tersebut.


Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Menggunakan Software


Jika semua cara yang diberi tahu di atas tidak bisa menyelamatkan foto kau yang hilang dan kau tidak ada cadangannya di cloud, maka kau memerlukan software bernamana Android Data Recovery untuk mendapat kembali semua foto yang tidak bisa diakses dari Android kamu. Software ini yaitu salah satu perangkat lunak terbaik dan paling direkomendasikan dan bisa mengembalikan foto yang hilang atau dihapus dari ponsel Android.


Ada kemungkinan besar untuk mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel, alasannya yaitu software yang berpengaruh ini memindai atau menscan seluruh perangkat dengan benar semoga menemukan file-file yang dihapus. Dan kesannya bisa mengembalikannya dengan kondusif tanpa masalah.


Kelebihan lainnya, software Android Data Recovery tidak peduli bagaimana foto atau data lainnya dihapus. Software ini bekerja secara efektif dalam situasi apapun. Oleh alasannya yaitu itu memungkinkan kau untuk menyelamatkan momen berharga dengan mudah. Bukan hanya foto yang terhapus yang bisa dikembalikan, tetapi jenis data lain ibarat contact, riwayat panggilan, dokumen, video, catatan, pesan teks dan WhatsApp, dan jenis data lainnya. Untuk mendapat software tersebut, kau perlu d0wnl0ad dari situs resminya di android-ios-data-recovery.com.


Ikuti langkah di bawah ini.


Langkah 1: Hubungkan Ponsel Android ke PC atau Laptop


Pastikan kau sudah mengunduh software yang berjulukan Android Data Recovery dan jalankan di komputer kamu. Setelah itu, pilih “Recover”.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Kemudian sambungkan hape Android kau ke komputer tersebut melalui kabel USB. Pastikan juga kau sudah mengaktifkan USB debugging. Setelah ponsel Android kau terhubung, tampilan ibarat di bawah ini akan muncul:


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Langkah 2: Pilih Jenis File yang akan Di-scan


Setelah Android kau terhubung ke komputer, software ini akan menampilkan jenis data didukungnya. Di sini kau harus menentukan jenis data yang ingin kau pulihkan.


Jika hape kau sudah di-root, maka software ini akan memperlihatkan dua opsi untuk kau pilih: Scan file yang dihapus (scan for deleted files) dan scan semua file (scan for all files). Proses pemindaian atau scan semua file akan memakan waktu lebih usang dibandingkan scan file yang dihapus saja.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Setelah itu klik “Next” untuk melanjutkan prosesnya.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Sekarang software tersebut akan memindai Android kau untuk menyelamatkan foto yang hilang. Proses tersebut akan memakan waktu beberapa menit.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Langkah 3: Pratinjau dan Kembalikan Foto yang Dihapus


Setelaha seluruh pemindaian selesai, kau mempunyai opsi pratinjau dimana kau bisa mengusut data yang akan dikembalikan ke Android kamu. Pilih foto-foto yang ingin dikembalikan dengan mengklik “Recover” semoga semua foto-foto yang hilang tersebut tersimpan di komputer kamu.


Jika kau pernah menghapus album foto secara tidak sengaja atau hape Android kau menghapu Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android


Rekomendasi Penting Mengenai Foto Penting


Setelah mengembalikan foto ke memori hape kamu, seharusnya pelru dipastikan lagi semoga insiden ibarat kasus tersebut tidak perlu terjadi lagi. Caranya yaitu dengan mencadangkan semua file termasuk foto penting kau di layanan storage berbasis cloud, salah satunya memakai layanan Google Photos. Kita tidak pernah tau kapan hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada hape Android kita, ibarat hilang, rusak atau tanpa sengaja memori nya terformat. Oleh alasannya yaitu itu, kita semua tentu tahu bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati. Maka sangat disarankan mencadangkan foto semoga mengembalikan foto yang terhapus di Android ke depannya bisa lebih gampang tanpa harus memakai aplikasi atau software pihak ketiga.


Cara Mencadangkan Foto yang Ada di Ponsel Android


Sekarang kau telah mengikuti panduan mengembalikan foto yang terhapus di Android. Langkah opsional selanjutnya yaitu mencegah semoga kedepannya situasi ibarat itu tidak perlu terjadi lagi. Untuk melakukannya, sangat disarankan untuk mencadangkan foto-foto kau baik di komputer ataupun di layanan storage cloud lainnya. Karena selain demi mencadangkan foto-foto, ruang penyimpanan di ponsel kau bisa jadi kepenuhan dan butuh ruang untuk kegiatan pemotretan lain. Untuk itu, ikuti cara memindahkan foto dari hape ke laptop.


Selain opsi mencadangkan foto ke laptop atau komputer, sangat disarankan juga mencadangkannya memakai aplikasi ibarat Google Photos. Aplikasi resmi dari Google tersebut memperlihatkan ruang penyimpanan foto dan video tanpa batas dan gratis (selama file foto tidak terlalu besar) dan fungsi pencadangannya gampang diatur.


Setelah menginstal Google Photos, buka Pengaturan (Settings), kemudian Cadangkan & sinkronkan (Backup & sync), kemudian kau bisa menentukan seberapa sering dan dengan metode apa kau ingin menciptakan cadangan foto di hape Android kamu.


Demikianlah cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang bisa kau praktekkan. Jika kau ada cara lain, silahkan membuatkan wangsit di kolom komentar di bawah.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel