iklan

Begini Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bertambah Ketika Dicas

Seperti yang kita tahu, android di kenal sebagai ponsel dengan penggunaan daya baterai yang sangat boros. Bagaimana tidak, pasalnya secara tidak sadar banyak pengguna yang menginstall aplikasi background yang tak terlihat tapi tetap menyusutkan baterai secara perlahan-lahan.

Karena seringnya mengalami daya baterai yang cepat habis, mau tidak mau kita harus mengecasnya supaya tetap bisa memakai ponsel pintar tersebut. Hal yang paling menyebalkan yang biasa terjadi oleh sebagian pengguna android ketika mengecas ponselnya ialah tidak bisa penuh, lebih mirisnya daya baterai malah berkurang.

Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut biasanya di karenakan kau terlalu sering mengandalkan Power Bank untuk mengisi daya baterai android. Seharusnya Power Bank digunakan hanya untuk keadaan darurat saja, bukan sebagai solusi atau andalan ketika baterai low.

Penyebab baterai android yang tidak mau penuh juga bisa disebabkan lantaran port USB yang rusak, kabel data atau kepala charger yang tidak original, atau seringnya mengecas pada sumber listrik yang bukan pada tempatnya.

 android di kenal sebagai ponsel dengan penggunaan daya baterai yang sangat boros Begini Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bertambah Saat Dicas

Lalu bagaimana cara mengatasi baterai android yang tidak bertambah atau penuh ketika di charge? Yuk simak pembahasan berikut ini sampai tuntas.

1. Gunakan charger yang sesuai dengan merek Android kamu

Sudah seharusnya sebuah ponsel android memakai charger orisinil yang sesuai dengan tipenya. Jangan asal memakai charger, karena hal ini sanggup memperpendek umur baterai android tanggapan tidak sesuainya arus listrik.

Sebagai contoh; jikalau kau pengguna Samsung Galaxy, maka sebaiknya gunakanlah charger bermerek samsung orisinil, bukan memakai sembarang charger agar tidak menimbulkan baterai cepat rusak.

2. Pastikan juga kalau port USB kau masih bagus

Secara tidak sadar, kadang kita sebagai pengguna android sering bernafsu atau asal dalam mencolokkan kabel charger ke port USB. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada dalaman port tempat pengecasan tersebut, salah satunya yakni mengalami kebengkokan.

Jika sekiranya baterai ponselmu tidak mau terisi atau bahkan berkurang ketika di cas, bisa jadi hal tersebut di sebabkan lantaran port USB yang mengalami kerusakan. Maka cobalah ganti dengan yang baru.

3. Gunakan kabel data yang berkualitas

Biasanya pengguna android suka tergiur dengan kabel data yang murah, padahal secara tidak sadar kabel data tersebut mempunyai kualitas yang kurang baik. Penggunaan kabel USB yang abal-abal sanggup mengakibatkan kebocoran arus listrik ketika melaksanakan pengecasan.

Sehingga ketika proses charging berlangsung, daya listrik yang di alirkan melalui kabel tersebut memang menyala, namun tidak berfungsi dengan baik. Maka sebaiknya gunakanlah kabel casan yang asli sesuai dengan merek android kamu.

4. Perhatikan baterai Android kamu

Ada baiknya kau juga memperhatikan apakah baterai androidmu masih manis atau tidak? Yap, biasanya kondisi fisik baterai yang sudah tidak baik dalam keadaan mengembung. Maka sudah seharusnya kau mengganti baterai tersebut supaya tidak merembet ke hardware android lainnya.


5. Lakukan reset sistem Android

Langkah yang perlu kau lakukan ketika mengalami eror ketika melaksanakan pengecasan yakni mereset sistem android. Pasalnya secara tidak sengaja banyak pengguna android yang suka memakai custom ROM yang tidak sesuai.

Indikator baterai ketika pengecasan terkadang sering mengalami eror, contohnya menampilkan daya baterai 100%, yang padahal hanya bertahan beberapa menit saja. Nah, sebaiknya kau gunakan custom ROM bawaan yang sesuai dengan androidmu, atau bisa meresetnya menyerupai semula.


6. Caslah dari sumber yang benar

Kebiasaan jelek yang sering terjadi oleh pengguna android kebanyakan ialah mereka sering melaksanakan pengecasan pada sumber daya listrik yang tidak seharusnya, menyerupai pada PC, laptop, atau Power Bank secara terus menerus. 

Jika indikator baterai di androidmu mengalami kerusakan, bisa jadi hal tersebut di karenakan kau sering asal-asalan dalam mengecas dari sumber yang tidak benar. Maka seharusnya kau hanya mengecas dari daya listrik eksklusif saja, untuk hal lainnya kau pergunakan dalam keadaan darurat saja.

7. Lihatlah statistik pengecasan memakai aplikasi Ampere

Coba gunakan aplikasi berjulukan Ampere untuk mengetahui apakah perangkat androidmu optimal atau tidak ketika sedang dalam pengecasan. Untuk membuktikannya, cobalah install aplikasi tersebut dan mulailah mengecas.  Nantinya aplikasi tersebut akan menampilkan statistik performa charger yang kau gunakan, apakah baik atau tidak.


8. Biasakanlah mengecas dalam keadaan Android mati

Seperti halnya manusia, android juga perlu di istirahatkan. Nah sewaktu di cas, ada baiknya kau mematikan ponsel pintar tersebut supaya proses charging berjalan dengan baik. Bukannya malah mengecas sambil terus memakai android tersebut.

Karena hal itu sanggup memperpendek umur baterai androidmu. Jangan heran kalau android tidak kunjung penuh ketika di cas kalau kamunya sering melaksanakan aktifitas mengecas sambil di mainkan.

Itulah ia 8 tips dan cara mengatasi baterai android tidak bertambah/penuh ketika dicharge. Jika cara di atas tidak bisa memperbaiki androidmu, jalan satu-satunya yakni membawanya ke tukang service ponsel android.

Sumber http://www.yatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bertambah Ketika Dicas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel