iklan

✔ Sejarah Peringatan Hari Nusantara


Hari Nusantara diperngati setiap tanggal  ✔ Sejarah Peringatan Hari Nusantara

Hari Nusantara diperngati setiap tanggal 13 Desember. Hari Nusantara ialah Suatu bentuk perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Maksud dan tujuan dari Deklarasi Hari Nusantara ialah Mempersatukan wilayah dan lautan idonesia yang sangat luas semoga menjadi kesatuan yang lebih utuh dan berdaulat. Hari Nusantara sendiri Pertama kali di cetuskan oleh Perdana Menteri Indonesia, Djuanda Kartawidjaya pada tanggal 13 Desember 1957 menurut dari Deklarasi Djuanda.


Namun pada tanggal 13 Desember 1999 gres dicanangkan sebagai Hari Nusantara dan gres disahkan pada tanggal 11 Desember 2001 oleh Presiden RI Megawati Soekarno Putri berlandaskan Surat KEPPRES No 126 tahun 2001 memutuskan bahwa pada tanggal 13 Desember dinyatakan sebagai Hari Nusantara, dan telah diresmikan sebagai hari peringatan Nasioanal setiap tahunnya yang didasari dari keberhasilan tragedi Deklarasi Djuanda.



Hari Nusantara


Pada Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 oleh Ir H Juanda, ia dengan tegas dan berani mendeklarasikan kepada seluruh dunia bekerjsama wilayah lautan indonesia tidak hanya sebatas itu saja yang ditulis dalam Territoriale Zee Maritiem Kringen Ordonantie 1939, namun ia menegaskan bahwa wilayah Indonesia termasuk maritim di sekitar dan di dalam kepulauan Indonesia.

Namun deklarasi yang disampaikan oleh H Ir Djuanda tidak pribadi diterima oleh dunia, Amerika dan Australia salah satu yang menentang Deklarasi tersebut, Tapi berkat usaha diplomasi oleh p0juang penerusnya yaitu Prof Dr Mochtar Kusuma atmadja dan Dr Hasyim Djajal deklarasi tersebut sanggup diterima oleh masyarakat Dunia dan berhasil di menetapkan dalam Konvensi Hukum Laut PBB (United Nation Convention on Law of the Sea, UNCLOS) tahun 1982.

Dengan keberhasilan Deklarasi Djuanda tersebut kekayaan maritim Indonesia menjadi 5,8 juta km2 yang merupakan tiga per empat dari total wilayah Indonesia. Di dalamnya terdapat 17.504 pulau dan dikelilingi garis pantai sepanjang 95.200 km. 


Baca juga : Hari Transmigrasi Nasional

Dengan Harapan adanya Hari Nasioanl, masyarakat Indonesia bisa mengembalikan kejayaan pada masa lampau nenek moyang kita yang dikenal dan dihormati oleh bangsa lain. Yang terpenting Dengan adanya Hari Nasional para pelajar sanggup memahami lebih arti Hari Nusantara untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sumber http://www.masigun.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sejarah Peringatan Hari Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel