iklan

✔ Sejarah Hari Anti Korupsi Internasioal

 Ternyata Ada loh Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia  ✔ Sejarah Hari Anti korupsi Internasioal

Ternyata Ada loh Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia - Hari Anti korupsi atau dalam bahasa inggrisnya International Anti-Corruption Day yaitu hari untuk memperingati anti korupsi. Di indonesia sendiri Hari Anti Korupsi di Peringati setiap tanggal 9 Desember sama menyerupai peringatan hari anti korupsi internasioanl yang jatuh pada tanggal 9 Desember tepatnya satu tahun sehabis United Nations Conventions Against Corruption (UNCAC). Indonesia tetapkan Hari Anti korupsi dengan mengeluarkan Inpres NO 5 Th 2004 wacana Percepatan pemberantasan korupsi pada tanggal 9 Desember tahun 2004.


Penjelasan mengeni arti kata KORUPSI - KORUPSI berasal dari bahasa latin yaitu corruptio asal dari kata kerja corrumpere yang sanggup diartikan dengan Memutar balik, menyogok, menggoyahkan atau rusak. Sedangkan berdasarkan Transparency International Korupsi yaitu sifat atau aktivitas pejabat politik, baik politisi maupun jabatan pegawai negeri apapun yang secara tersembunyi memperkaya diri mereka sendiri, dengan cara menyalahgunakan jabatan kekuasaan publik mereka.

Hari Anti korupsi Internasioal


Semua bentuk pemerintahan atau struktur organisasi yang didalamnya terdapat kekuasaan rentan akan terjadinya tindakan KORUPSI, terutama dalam pemerintahan. korupsi akan berujung munculnya kata kleptokrasi, yang sanggup diartikan dengan pemerintahan oleh para pencuri, maknanya mereka berpura-pura bertindak jujur padahal berbohong.

Baca juga : Sejarah Hari Armada RI

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia dimulai semenjak PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mengadopsi Konvesi PBB untuk melawan Korupsi  (UNCAC)  pada tanggal 31 Oktober 2003 di meksiko, Namun pada bulan Desember 2005 lewat resolusi 58/4 PBB tetapkan 9 Desember sebagai lahirnya International Anti-Corruption Day dan menyuruh Sekretarias Jenderal menentukan Kantor PBB untuk Kejahatan dan Narkoba (united Nation Office Crime and Drugs (UNODC) sebagai sekertariat Konferensi Konvensi Negara piha, Dengan begitu UNDP (United Nations Development Programme) atau Badan Program Pembangunan PBB bersama UNODC sebagai pemimpin pada upaya ini.

Tujuan dari Konvensi PBB melawan Korupsi yaitu untuk membagikan seni administrasi dalam upaya pemberantasan korupsi yang efisien dan manjur, menunjukkan akomodasi kerjasama internasional, Memberikan santunan teknis dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, meninggikan akuntabilitas dan integritas, serta memanajemen duduk perkara publik yang lebih baik lagi.

Itulah klarifikasi yang sanggup masigun bagikan lewat goresan pena ini mengenai Hari Anti Korupsi Sedunia atau International Anti-Corruption Day yang di peringati setiap tanggal 9 Desember. Untuk memberantas korupsi butuh dukungan dari semua masyarakat terutama dukungan dari diri sendiri atas kesadaran Bahaya, Kerugian dan tanggapan dari tindakan perilaku Korupsi.
Sumber http://www.masigun.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sejarah Hari Anti Korupsi Internasioal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel