iklan

Pengertian Dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Pengertian dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia - Setiap bangsa di dunia cukup umur ini tidak sanggup terlepas satu dengan yang lain. Oleh alasannya itu satu sama lain harus melaksanakan kerjasama guna mencapai tujuan bangsa tersebut. Globalisasi merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh banyak sekali macam bangsa yang ada di dunia. Pada Artikel ini kita diajak untuk mengkaji banyak sekali materi globalisasi, sehingga kalian sanggup : menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi; mendeskripsikan politik luar negeri dalam relasi internasional di kurun global; mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; dan menampilkan tugas serta dalam banyak sekali acara untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.


Pengertian Globalisasi

Sebelum mengungkapkan pengertian globalisasi, cobalah kalian mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar kalian. Kalian niscaya akan menemukan banyak hal. Kalian menemukan banyak orang yang sudah memakai telepon genggam, atau bahkan kalian sendiri sudah memegang telepon genggam (handphone).

Cobalah kalian tiba ke pasar swalayan, bahkan di penjual buah di pinggir jalan. Anda akan menemukan banyak sekali macam buahbuahan dari luar negeri. Misalnya ada apel merah dari Washington, anggur merah, kelengkeng, buah pir Cina, pisang Cavendish. Kalau kalian perhatikan sebagian besar semua itu didatangkan dari negara lain.

Belum lagi jikalau diperhatikan banyak sekali jenis makanan, kalian akan menemukan California Fried Chicken, Kentucky Fried Chicken, Mc Donald’s, dan Pizza Hut. Itu semua gres sekedar sedikit pola yang sanggup diungkap.

beberapa pengertian mengenai globalisasi berikut ini.

  • Globaliasi sanggup diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
  • Globalisasi ialah sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan di antara dan elemenelemennya yang terjadi tanggapan dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.
  • Globalisasi ialah proses, di mana banyak sekali peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu sanggup membawa konsekuensi penting bagi banyak sekali individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
  • Globalisasi ialah proses meningkatnya fatwa barang, jasa, uang dan gagasan melintasi batas-batas negara.
  • Globalisasi ialah proses di mana perdagangan, warta dan budaya semakin bergerak melintasi batas negara.
  • Globalisasi ialah meningkatnya saling keterkaitan di antara banyak sekali belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik, dan pertukaran kebudayaan.
  • Globalisasi merupakan gerakan menuju terciptanya pasar atau kebijakan yang melintasi batas nasional.

Sartono Kartodirjo beropini bahwa proses globalisasi bersama-sama merupakan tanda-tanda sejarah yang
telah ada semenjak jaman prasejarah. Beberapa pola antara lain bangsa-bangsa dari Asia ke Eropa, ke Amerika, dari Asia ke Nusantara, dan lain-lain. Berdasarkan tinjauan sejarah, Indonesia bersama-sama telah usang mengalami proses globalisasi.

Peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi antara lain adalah:

  • Ekspansi Eropa dengan navigasi dan perdagangan.
  • Revolusi industri yang mendorong pencarian pasaran hasil industri.
  • Pertumbuhan kolonialisme dan imperialisme.
  • Pertumbuhan kapitalisme.
  • Pada masa pasca Perang Dunia II meningkatlah telekomunikasi serta transportasi mesin jet.
Kalian niscaya juga sudah tahu kini ini globalisasi berkembang dalam skala yang luas, dan dipercepat oleh mengalirnya arus warta secara bebas.

Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia Sebagai anggota masyarakat dunia, 

Indonesia niscaya tidak sanggup dan tidak akan mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Andaikata isolasi diri itu terjadi, sudah sanggup dipastikan Indonesia tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Ini artinya apa?

Artinya tidak lain bahwa di dalam relasi internasional terjadi apa yang dinamakan saling relasi dan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara lainnya. Globalisasi memang sering digambarkan sebagai sebuah tanda-tanda ekonomi, yang ditandai dengan munculnya banyak perusahaan multinasional, yang beroperasi melintasi batas-batas wilayah negara.

Hal ini mempengaruhi proses produksi dan penyebaran tenaga kerja internasional. Namun sesungguhnya lebih luas dari itu. Sebab selain bidang ekonomi, juga menyangkut bidang politik, sosial dan budaya. Semua bidang itu digerakkan oleh perkembangan warta dan teknologi komunikasi yang telah bisa meningkatkan kecepatan dan lingkup relasi antar insan di seluruh penjuru dunia.

Contoh yang masih sangat faktual adalah, apa yang beberapa waktu yang kemudian terjadi di Yogyakarta, tepatnya insiden tanggal 27 Mei 2006, yaitu gempa bumi. Dalam waktu sekejap, apa yang terjadi di Yogyakarta tersebut eksklusif sanggup diketahui oleh hampir seluruh insan yang ada di dunia ini.

Contoh lain ialah perebutan piala dunia sepakbola atau cabang olahraga yang lain. Hampir semua mata orang sedunia sanggup menyaksikan pertandingan tersebut tanpa harus tiba ke negara penyelenggara. Dari beberapa pola ini kita tahu bahwa globalisasi sesungguhnya telah merambah ke segenap bidang kehidupan kita.

Apa arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia?

Globalisasi mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia yang sedang membangun yaitu dengan mengambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau negara lain, untuk diterapkan di Indonesia. Sudah barang tentu tidak semua kemajuan yang dialami bangsa lain akan kita ambil atau kita tiru begitu saja.

Indonesia seharusnya hanya akan mengambil kemajuan dari sisi positifnya saja, baik itu kemajuan di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, maupun teknologi. Untuk itu nilai-nilai Pancasila harus kita gunakan sebagai penyaring dari nilai yang diambil, alasannya nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi dari bangsa Indonesia. Pancasila bersumber dari agama dan sopan santun istiadat yang digali dari bumi Indonesia.

Jika mengambil suatu hal atau barang yang berasal dari luar negeri, tetapi tidak sesuai dengan nilainilai Pancasila, maka yang terjadi ialah kaburnya jati diri bangsa Indonesia. Sesuatu yang moderen memang diharapkan tetapi dihentikan menghilangkan nilai-nilai yang sudah berakar dalam diri bangsa Indonesia.



Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel