iklan

Panduan Lengkap Cara Membuka Perjuangan Gres (Bag.2)

Cara Membuka Usaha Baru Menulis Bisnis Plan Panduan Lengkap Cara Membuka Usaha Baru (Bag.2)Sahabat PoBis sudah membaca bab pertama dari artikel cara membuka perjuangan baru? Sudah dipraktekkan? Jika sudah, tentu Anda sudah menggenggam secarik kertas berisi ide-ide bisnis Anda. Jika belum, Anda sanggup membaca artikel tersebut disini.


Nah, kini saatnya kita lanjut pada bab ke dua dari cara membuka perjuangan baru, yaitu Bisnis Plan.


BAGIAN 2: MENULIS BISNIS PLAN


1. Buat Bisnis Plan.


Sebuah bisnis plan akan membantu untuk menentukan apa saja yang Anda perlukan dalam memulai bisnis, baik itu hal besar hingga hal terkecil sekalipun. Bisnis plan merangkum arti dari bisnis Anda dalam satu dokumen. Bisnis plan merupakan peta bagi bisnis Anda. Karena itu bisnis plan merupakan bab penting dari cara membuka perjuangan baru. Dalam hal bisnis Anda membutuhkan pendanaan, maka bisnis plan sanggup menjadi salah satu alat bantu bagi investor, perbankan atau pihak lain, untuk menentukan apakah mereka sanggup membantu Anda atau tidak.

Bisnis plan Anda harus terdiri dari unsur-unsur yang diuraikan dalam langkah-langkah berikut.


2. Tulis Bisnis Anda.


Jelaskan bisnis anda lebih khusus, dan bagaimana hal itu cocok ke pasar pada umumnya. Jika berbadan hukum, CV atau PT atau bentuk tubuh perjuangan lainnya, jelaskan mengapa memilih bentuk tubuh usaha tersebut. Jelaskan produk, fitur utama, serta mengapa orang akan menginginkannya. Jawab pertanyaan berikut:

• Siapa pelanggan potensial Anda? Setelah memahami siapa mereka dan apa yang mereka inginkan, selanjutnya susunlah taktik pemasaran.

• Berapa harga yang bersedia mereka bayar untuk produk atau jasa Anda?

• Siapa pesaing Anda? Lakukan analisis kompetitif untuk mengidentifikasi pesaing utama. Cari tahu siapa yang melaksanakan sesuatu yang menyerupai dengan apa yang Anda rencanakan. Bagaimana mereka telah berhasil. Tak kalah penting hal sebaliknya yaitu untuk menemukan kegagalan mereka, dan apa yang menciptakan perjuangan mereka berantakan.


3. Menulis Rencana Operasional.


Bagian ini akan menjelaskan bagaimana Anda akan menghasilkan produk atau layanan dan semua biaya operasional. Bagaimana cara operasional perjuangan gres Anda tersebut?

Bagaimana Anda akan menciptakan produk? Apakah layanan yang Anda tawarkan? Definisikan proses, dari sumber materi baku hingga perakitan selesai, proses pengemasan, pergudangan, dan pengiriman. Apakah membutuhkan karyawan? Berapa banyak karyawan diperlukan? Semua hal tersebut harus diperhitungkan dengan cermat pada langkah ke 3 dari cara membuka perjuangan gres ini.

Definisikan organisasi Anda, dari resepsionis hingga CEO. Perjelas job deskripsi masing-masing bagian. Struktur organisasi akan membantu Anda merencanakan biaya operasional.


4. Menulis Rencana Pemasaran.


Rencana pemasaran menjelaskan bagaimana Anda akan menjual produk Anda. Ketika menciptakan planning pemasaran, cobalah untuk menjawab pertanyaan wacana bagaimana Anda akan menciptakan produk Anda dikenal ke pelanggan potensial.

Jelaskan secara detail taktik pemasaran yang Anda gunakan. Misalnya, apakah Anda akan memakai iklan radio, media sosial, promosi, billboard, iklan koran lokal, networking, atau semua di atas?

Tentukan pesan pemasaran Anda, yaitu apa yang akan Anda katakan untuk meyakinkan pelanggan untuk memilih/membeli produk Anda. Fokuslah pada USP (Unique Selling Point), yaitu satu hal unik yang dimiliki produk Anda untuk sanggup memecahkan problem pelanggan. Sebagai contoh, mungkin Anda lebih murah, lebih cepat, atau kualitas lebih baik daripada kompetitor Anda.


5. Model Harga.


Mulailah dengan menyidik pesaing Anda. Cari tahu berapa harga yang dibanderol oleh kompetitor untuk produk yang serupa dengan produk Anda. Untuk menciptakan harga lebih kompetitif Anda harus menambahkan sesuatu (nilai tambah) untuk menciptakan Anda berbeda dan menciptakan Anda sanggup bertahan dengan harga mahal.

Persaingan bukan hanya wacana barang atau jasa yang Anda tawarkan. Namun juga melibatkan dapat dipercaya sosial dan lingkungan Anda. Dukungan sertifikasi, menyerupai label halal MUI, sertifikasi BPOM, PIRT, sanggup meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa Anda selaras dengan nilai-nilai mereka. Pada tahap tertentu sertifikasi ini sanggup menjadi salah satu bab dari cara membuka perjuangan baru.


6. Keuangan.


Laporan keuangan menerjemahkan taktik pemasaran dan planning operasional kedalam angka-angka, membentuk arus kas, hingga jadinya menghasilkan keuntungan. Bagian keuangan ini mengidentifikasi berapa banyak uang yang Anda butuhkan dan berapa banyak uang yang sanggup Anda hasilkan. Keuangan merupakan bab paling penting dalam bisnis, alasannya yaitu itu Anda harus menjaga stabilitas keuangan perusahaan. Disamping itu keuangan merupakan bab yang paling dinamis, sehingga Anda harus memperbaruinya setiap bulan pada tahun pertama, triwulan pada tahun kedua, dan lalu sehabis itu setiap tahun sekali.

Berapa modal yang diharapkan untuk membuka perjuangan gres Anda? Dari mana modal tersebut didapatkan? Modal sendiri, modal investor, pinjam bank, atau pendanaan lainnya. Jika modal Anda tidak terpenuhi, sebaiknya jangan Anda buka perjuangan Anda. Hitunglah dengan teliti, alasannya yaitu terkadang dalam pelaksanaan, dana akan membengkak sekitar 30%. Beberapa kali saya menjumpai orang yang memaksakan diri membuka usaha, padahal modal masih belum terkumpul 100%, alhasil bisnisnya berantakan, tambal sulam, dan jadinya gulung tikar. Jangan hingga Anda menyerupai itu.

Dalam perencanaan keuangan ini Anda juga harus menghitung biaya produksi, harga jual produk, biaya tetap menyerupai sewa tempat, honor karyawan, dan lain-lain. Sehingga Anda akan mendapat perhitungan keuntungan yang akan didapat dari bisnis Anda tersebut.


7. Ringkasan Eksekutif.


Ringkasan administrator ini meskipun saya bahas terakhir, tapi merupakan bab pertama dari bisnis plan. Ringkasan administrator berada di halaman pertama dalam usulan bisnis plan Anda. Apa pentingnya ringkasan eksekutif? Ringkasan administrator ini yang akan dibaca pertama kali oleh investor. Jika ringkasan administrator yang Anda buat tidak menarik, maka investor tidak akan melanjutkan membaca usulan bisnis plan Anda.

Ringkasan administrator ini menggambarkan konsep bisnis secara keseluruhan, bagaimana bisnis Anda akan menghasilkan uang, berapa banyak dana yang dibutuhkan, termasuk kedudukan aturan perjuangan Anda, orang yang terlibat dan sejarah singkat, dan hal lain yang menciptakan bisnis Anda terlihat prospektif.

Menulis bisnis plan sanggup jadi merupakan satu hal yang berat dan membosankan. Namun, bisnis plan ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Sehingga Anda dihentikan melupakan untuk menciptakan bisnis plan sebagai bab dari cara membuka perjuangan baru. Entah itu bisnis plan yang lengkap dan kompleks maupun bisnis plan sederhana.


Pada bab ketiga dari serial cara membuka perjuangan gres ini kita akan membahas bab yang terpenting dari sebuah bisnis, yaitu Mengelola Keuangan.


sumber gambar: blog.stormcart.in



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Membuka Perjuangan Gres (Bag.2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel