iklan

Macam-Macam Pasar Pengertiannya Lengkap | Ayoksinau.Com

Macam-Macam Pasar – Hai mitra kawan sekalian, pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi wacana macam macam pasar yang ada di dunia, tentunya pasar-pasar yang sering kita temui. Karena pasar sanggup dibedakan menjadi beberapa, jadi kita akan membahas macam macam pasar tersebut satu persatu. Setelah sebelumnya kita juga telah memahami wacana pengertian pasar serta fungsi dan peranan pasar. Maka dari itu perlu juga membahas dan memahami materi berikut ini.

 pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi wacana macam macam pasar yang ada di  Macam-Macam Pasar  Pengertiannya Lengkap | Ayoksinau.com

Pasar pasar yang ada pada masyarakat ketika ini sanggup dibedakan berdasarkan wujudnya, waktunya, banyaknya penjual dan pembeli, luasnya kegiatan serta jenis barang yang diperjual belikan pada pasar tersebut

Pasar Berdasarkan Luas Kegiatannya

Pada pasar yang berdasarkan luas kegiatannya ini sanggup dikelompokkan lagi menjadi beberapa, diantaranya ialah sebagai berikut

1. Pasar Lokal (Pasar Setempat)

Pasar lokal atau sering disebut dengan pasar setempat mungkin saja letaknya tidak jauh dari tempat tinggal kalian. Pasar lokal atau pasar setempat merupakan suatu tempat yang mempertemukan anara penjual dan pembeli dari satu kawasan setempat saja.

Contoh Pasar Lokal (pasar setempat) : pasar desa

2. Pasar Daerah (Pasar WIlayah)

Selain yang disebutkan diatas, terdapat juga pasar kawasan (pasar wilayah). Pasar derah ialah suatu tempat mempertemukannya penjual dan pembeli dari suatu kawasan tertentu. Letak pasar derah ini biasanya terletak di Ibu Kota Kabupaten, Ibu Kota Provinsi ataupun di sentra kota.

Contoh pasar Daerah (pasar wilayah) : Pasar Klewer di kawasan Solo, Pasar Beringharjo di Yogyakarta

3. Pasar Nasional

Pasar nasional merupakan pasar yang didalamnya mempertemukan antara penjual dan pembeli dari aneka macam wilayah dalam suatu negara (tingkat nasional).

Contoh Pasar Nasional : Bursa Efek di Jakarta (BEJ)

4. Pasar Internasional

Selain disebutkan 3 kelompok pasar diatar, terdapat juga pasar Internasional. Pasar Internasional  merupakan pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dari aneka macam negara yang ada di dunia.

Contoh pasar Internasional : pasar kopi di Brasil, pasar karet di New York dan Amerika.

Baca juga :

Pasar Berdasarkan Wujudnya (segi fisik)

Berdasarkan wujudnya pasar sanggup dikelompokkan menjadi 2, diantaranya ialah sebagai berikut

 pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi wacana macam macam pasar yang ada di  Macam-Macam Pasar  Pengertiannya Lengkap | Ayoksinau.com

1. Pasar Kongkret (Pasar Nyata)

Pasar Kongktet atau Pasar faktual merupakan tempat yang dipakai untuk memperjual belikan barang ataupun jasa dan juga barang-barang ataupun jasa yang diperjual belikan didalam pasar tersebut

2. Pasar Abstrak (Pasar Tidak Nyata)

Selain jenis pasar Kongkret, terdapat juga pasar Abstrak. Pasar Abstrak merupakan pasar dimana antara penjual mengatakan barang hanya dengan menunjukkan misalnya saja. Makara penjuan dan pembeli tidak pribadi tiba kepasar. Proses jual beli sanggup dilakukan lewat telfon, faksmili, surat pesanan ataupun dengan internet (online).

Contoh Pasar Abstrak : pasar tenaga kerja dan bursa efek di Jakarta

Pasar Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktunya pasar sanggup dikelompokkan menjadi 3 jenis, diantaranya ialah sebagai berikut

1. Pasar Harian

Pasar harian merupakan pasar yang hampir setiap hari menyediakan barang barang kebutuhan sehari-hari serta terjadi proses jual beli antara penjual dan pembeli.

2. Pasar Mingguan

Pasar mingguan merupakan pasar yang terjadi proses jual beli hanya seminggu sekali.

Contohnya : Pasar Minggu

3. Pasar Bulanan

Sebenarnya kalau kita amati, ada juga pasar yang beraktivitas sebulan sekali. Pasar tersebut disebut dengan pasar bulanan. Pasar bulanan merupakan pasar yang terjadinya proses transaksi jual beli hanya sebulan sekali.

Contohnya : Pasar yang ada di kawasan perkebunan kelapa sawit di Sumatra Utara yang hanya ada setiap sebulan sekali.

4. Pasar Tahunan

Pasar tahunan, ibarat dengan namanya, pasar ini hanya terjadi setahun sekali. Pasar tahunan ini biasanya terjadi apabila ada suatu peristiwa-peristiwa penting atau ketika ada suatu peringatan yang diperingati setiap tahun.

5. Pasar Temporer

Pasar temporer ini merupakan pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu.

Contohnya : Pasar Murah dan Pasar Tiban.

Pasar Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjual belikan

Berdasarkan barang yang diperjualbelikan, pasar sanggup dikelompokkan menjadi 2 jenis, diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Pasar Barang Konsumsi (Pasar Output)

Pasar barang konsumsi ini merupakan pasar yang dipakai untuk memperjualbelikan barang konsumsi.

Contoh Pasar Barang Konsumsi : pasar buah-buahan, pasar sayur-sayuran, pasar ikan dan masih banyak lagi.

2. Pasar Faktor Produksi (Pasar Output)

Pasar faktor produksi yaitu pasar yang dipakai untuk kegiatan memperjualbelikan faktor-faktor produksi, ibarat materi baku, tenaga mesin serta mesin yang sanggup dipakai untuk memproduksi barang lain.

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai macam-macam pasar dan pengertiannya.


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Pasar Pengertiannya Lengkap | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel