iklan

Cara Merawat Flashdisk Otg Yang Benar Biar Tidak Rusak


Flashdisk yakni alat yang digunakan untuk memindahkan data baik berupa foto atau dokumen. Alat ini ibarat hard disk mini dan dijual dengan harga yang bervariasi sesuai brand dan spesifikasinya.





Selain itu, harganya pun ditentukan oleh kapasitasnya. Ada banyak jenis flashdisk dan falshdisk Otg salah satunya.





Flashdisk Otg atau On the Go mempunyai tombol geser yang digunakan untuk memunculkan kelapa flashdisk biar bisa dimasukkan  ke laptop atau komputer.





Apa keunggulan dari Flashdisk Otg? untuk mengetahui keunggulannya bisa membaca: kelebihan dan keunggulan Flashdisk Otg dibandingkan flashdisk biasa.





Dengan keberadaan alat ini, foto yang ada di laptop bisa dipindahkan ke komputer. Membicarakan perihal alat transfer ini, Anda harus mengetahui cara merawat flashdisk Otg.





Seperti halnya flashdisk biasa, perawatan yang kurang sempurna akan menciptakan alat ini cepat rusak. Bisa dibayangkan bila benda ini rusak, data-data di dalamnya pun beresiko hilang.





Memang harga flashdisk jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun silam. Meskipun demikian, Anda harus tetap merawatnya dengan benar.





Untuk flashdisk biasa bisa mengikuti tips: merawat Flashdisk yang benar.





Lalu bagaimana dengan Flashdisk Otg? berikut ini cara merawat flashdisk yang baik dan benar:





Hindari hal-hal membahayakan





Flashdisk yakni alat yang digunakan untuk memindahkan data baik berupa foto atau dokumen Cara Merawat Flashdisk Otg yang Benar Agar Tidak Rusak




Cara merawat flashdisk Otg yakni menghindarkannya dari hal-hal yang membahayakan yaitu air, sinar matahari dan guncangan.





Sangat jarang sekali flashdisk yang tahan terhadap air. Air yang masuk pada sebagian atau seluruh komponen alat ini bisa menjadikan kerusakan sehingga data bisa saja tak terbaca atau benar-benar hilang. Selain air, jauhkan benda ini dari sinar matahari.





Jika terlalu kepanasan, flashdisk beresiko cepat rusak. Oleh sebab itu, lindungi flashdisk dengan cara tak membiarkannya terkena paparan matahari secara langsung.





Tak hanya itu saja, ia juga rentan terhadap guncangan sehingga usahakan jangan hingga terjatuh.





Teknik Penyimpanan





Cara merawat flashdisk otg yakni menyimpannya di kawasan yang aman. Mungkin ini terdengar klise. Padahal telah banyak yang menelantarkannya dan menyesal di kemudian hari. Kebersihan yakni hal yang utama.





Letakkan benda ini di kawasan yang benar-benar bersih. Jauh dari debu maupun kotoran. Selain itu suhu ruangan pun jangan hingga lembab atau terlalu dingin.





Gunakan dengan bijak





Flashdisk harus digunakan dengan baik biar tidak gampang rusak. Usai menggunakannya, matikan dengan baik yaitu dengan mengeluarkan semua data terlebih dahulu kemudian mengklik Eject untuk memberhentikannya.





Ingat, jangan sekali-kali mencabut secara paksa flashdisk yang sedang dipakai. Hal ini bisa menghentikan proses transfer data yang sedang dilakukan. Bahkan, flashdisk yang dimiliki cepat rusak sebab pencabutan secara paksa.





Secara normal, alat ini bisa digunakan hingga ribuan kali selama beberapa tahun. Namun, masa berlakunya takkan usang bila diperlakukan seenak hati.





Selain itu, disarankan untuk tak melaksanakan edit file baik foto atau data lainnya sebelum dipindahkan ke media lainnya. Hal ini akan menciptakan flashdisk bekerja lebih keras sehingga kurang awet. Tips selanjutnya yakni tidak terlalu sering melaksanakan format flashdisk. Hal ini cepat lambat akan membuatnya flashdisk rusak.





Back Up Data





Flashdisk yakni alat yang digunakan untuk memindahkan data baik berupa foto atau dokumen Cara Merawat Flashdisk Otg yang Benar Agar Tidak Rusak




Merawat flashdisk secara baik saja tidak cukup. Anda perlu menciptakan cadangan data yang tersimpan di alat transfer tersebut.





Membuat salinan data dari flashdisk yakni wajib hukumnya. Ini sangat penting untuk mengantisipasi bila suatu hari data terkena virus, rusak atau hilang tanpa sengaja.





Pindahkan data ke CD, laptop, atau DVD. Dengan adanya salinan data, Anda tak perlu stres apabila harus kehilangan data secara tak sengaja.





Lakukan Scan Flashdisk





Flashdisk yakni alat yang digunakan untuk memindahkan data baik berupa foto atau dokumen Cara Merawat Flashdisk Otg yang Benar Agar Tidak Rusak




Sebelum atau sesudah digunakan, sebaiknya scan flashdisk untuk mengetahui apakah ada virus yang menempel di dalamnya atau tidak.





Flashdisk yang telah ditancapkan pada suatu laptop atau PC beresiko terkena virus yang menempel pada media tersebut. Virus ini sangat berbahaya sebab bisa merusak, mengurangi, bahkan menghilangkan seluruh data.





Itulah cara merawat flashdisk Otg yang dimiliki. Jika bisa menerapkan cara-cara di atas, usia flashdisk bisa bertahan lebih lama.





Selain itu, Anda pun akan terhindar dari virus. Seperti yang diketahui flashdisk sangat rentan terkena virus. Virus tak hanya akan melukai data-data di flashdisk. Ia pun bisa merusak flashdisk.





Yang menciptakan alat ini tak bisa digunakan lagi. Nah, Anda masih berpikir merawatnya asal-asalan? Ikutilah cara di atas biar flashdsik awet.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Flashdisk Otg Yang Benar Biar Tidak Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel