iklan

Cara Efektif Budidaya Gurame Memakai Bak Terpal

Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame Cara Efektif Budidaya Gurame Menggunakan Kolam Terpal
gambar budiaya gurame

Budidaya gurame-Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame. Ikan yang dikenal dengan harga mahal serta banyak diminati oleh masyarakat ini, bergotong-royong cukup gampang lho untuk dibudidayakan, tidak sesulit yang Anda bayangkan sebelumnya.


Usaha budidaya gurame sanggup Anda jalankan tidak harus dengan modal yang besar. Dengan bermodal kecil dan memanfaatkan lahan seadanya, budidaya gurame sanggup Anda lakukan sendiri. Nah, pada kesempatan ini kami ingin mengajak Anda untuk mencar ilmu bersama mengenahi bagaimana budidaya gurame dengan memanfaatkan lahan di sekeliling kita.


Budiaya gurame selama ini identik dengan daerah luas, berbentuk bak tanah, berkedalaman, dan air terus mengalir. Namun perlu Anda tahu budidayakan gurame ternyata sanggup dijalankan dengan bak media terpal. Pada prinsipnya budidaya gurame sama dengan budidaya ikan lainya, yang diperlukan yakni air yang memadai.


Kolam terpal memang tidak seideal dengan model kolam  tanah, tapi perlu Anda cacat, menyetting keadaan bak sesuai dengan apa yang dikehendaki ikan gurame, pada pada dasarnya sama saja biar ikan nyaman dan tumbuh dengan baik. Dan belum tentu bak tanah untuk budidaya gurame akan lebih baik, dibandingkan bak terpal. Semuanya tergantung bagaimana Anda melaksanakan perawatan.


Pembuatan bak terpal untuk budidaya gurame cukup fleksibel, yaitu sanggup diubahsuaikan dengan kondisi tempat. Jika Anda memanfaatkan pekarangan, bekas kebun atau sawah maka pembuatan bak terpal harus harus memperhatikan kedalaman dan luas kolam.  Sebaiknya (kedalaman x luas) sebanding dengan jumlah ikan.


Setiap 1 m2 dengan kedalaman 90 cm bak sebaiknya di isi jumlah ikan 10 ekor, itu untuk ikan gurame dengan berat rata-rata 2,5 ons. Jika bibitnya lebih kecil atau lebih besar tinggal Anda sesuaikan saja. Perlu Anda ingat dalam pembuatan bak terpal untuk budidaya gurame, harus mempunyai filter dan carany untuk mengaliri bak (arus buatan).


Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame Cara Efektif Budidaya Gurame Menggunakan Kolam Terpal
gambar bak terpal budidaya gurame

Cara pembuatan bak terpal dalam budidaya gurame tidak jauh beda dengan bak terpal untuk budidaya ikan air tawar lainya, yang sedikit membedakan yakni bak terpal budidaya gurame sangat memerlukan sirkulasi air (filter).


10 Keunggulan Kolam Terpal Budidaya Gurame



  1. Dapat di bagun dimana saja, lokasi pembuatan tidak perlu seideal menyerupai pembuatan bak konvensional.

  2. Kolam terpal lebih gampang untuk dibersihkan dan di pindah-pindah sesuai keingin Anda

  3. Pengontrolan terhadap ikan sanggup dilakukan secara intensif

  4. Sanitasi air bak dan sirkulasi air sanggup diatur sedemikian rupa

  5. Tingkat mortalitas (kematian ikan) lebih rendah di bandingkan tingkat kelangsungan hidup ikan gurame.

  6. Pertumbuhan ikan sanggup dipacu lebih cepat, alasannya yakni pengontrolan lebih mudah

  7. Serangan penyakit lebih gampang diatasi dan penanganan sanggup dilakukan secara cepat.

  8. Hasil panen budidaya gurameh bak terpal tidak berbau lumpur

  9. Secara financial biaya pembuatan bak lebih murah tentunya

  10. Pemeliharan ikan serta perawatan bak akan semakin memudahkan Anda.


Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame Cara Efektif Budidaya Gurame Menggunakan Kolam Terpal
gambar keunggulan budidaya gurame memakai bak terpal

Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame Cara Efektif Budidaya Gurame Menggunakan Kolam Terpal
gambar keunggulan budidaya gurame memakai bak terpal

Di atas yakni keunggulan yang sanggup Anda peroleh dari pembuatan bak terpal budidaya gurame. Selain dipakai untuk pembesaran ikan gurame, bak terpal juga sanggup mempunyai multi fungsi. Anda sanggup gunakan bak terpal untuk proses pemijahan, pembenihan, dan pendederan benih ikan. Pastinya bak terpal lebih efektif dan efisien.


Cara Pembuatan Kolam Terpal Dalam Budidaya Gurame


Cara menciptakan bak terpal untuk budidaya gurame, sanggup Anda lakukan dengan memakai aneka macam macam cara. Berdasarkan cara menciptakan bak terpal terbagi menjadi empat metode pembuatan yaitu:



  1. Metode bak terpal berdinding tanah

  2. Metode bak terpal berkerangka kayu, bambu, atau besi

  3. Metode bak terpal berdinding kerikil bata

  4. Metode bak tanah atau beton berlapis terpal


Dari ke empat model bak terpal, tergantung Anda sekarang, akan mengunakan cara yang mana untuk menjalankan budidaya gurame? Tentunya cari yang paling gampang berdasarkan Anda, dan gunakan istting untuk memilih langkah terbaik dalam budidaya gurame.


Berikut ini tahapan-tahapan cara pembuatan terpal untuk budidaya gurame mencakup :



  1. Siapkan terpal dengan membeli ditoko terdekat, untuk ukuran sesuaikan dengan ukuran bak yang akan Anda buat.

  2. Pilih jenis terpal yang (out door), biasanya lebih tebal dan tahan usang dikala digunakan.

  3. Siapkan kerangka untuk pembuatan bak (untuk bak terpal berdinding kayu atau kerikil bata).

  4. Jika bak model penggalian maka, buat lubang dengan kedalaman 1-1,5 m dan panjang diubahsuaikan ukuran terpal atau daerah yang Anda miliki.

  5. Selanjutnya pasang terpal, namun sebelum terpal dipasang sebaiknya terpal dicuci dulu untuk menghilankan zat pewarna yang masih melekat pada terpal.

  6. Pemasangan terpal harus menutupi segala sisi-sisi kolam. Untuk mempermudah pemasangan terpal, Anda sanggup mengaliri air sedikit demi sedikit, alasannya yakni terkadang cukup sulit menata terpal supaya rapi.

  7. Lebihkan terpal biar sanggup memasang pasak atau pemberat pada bab tepi kolam.

  8. Setelah bak siap aliri air secara bertahap, jangan mengunakan air PDAM alasannya yakni kandungan kaporitnya cukup tinggi. Hal itu sangat berbahaya sanggup menjadikan budidaya gurame Anda gulung tikar lebih awal akhir maut bibit.

  9. Sebaiknya gunakan air sumur atau sungai yang berdasarkan Anda bersih, berikan garam dengan dosis 2 ons/m2 untuk membunuh pathogen yang terbawa pada terpal.

  10. Pasang filter pada ujung pojok kolam, untuk mengaliri dan mengatur kondisi air.

  11. Diamkan bak sampai 3-5 hari, sehabis itu masukan bibit ikan gurame. Bibit budidaya gurame dengan bak terpal yaitu 10 ekor bibit/ m2 .


Anda niscaya sebelumnya sudah banyak mendengar wacana budidaya gurame Cara Efektif Budidaya Gurame Menggunakan Kolam Terpal
gambar bak terpal budidaya gurame

Sumber gambar : farrayroom. blogspot. com


Setelah bak terpal selesai, maka langkah budidaya gurame seanjutnya yaitu, lakukan pemeliharan secara intensif pada bibit ikan dengan memberi makan secara teratur, Anda sanggup menunjukkan makanan suplemen selain pelet yaitu berupa daun talas, keladi, dan konsentrat suplemen lainya, untuk membatu mempercepat pertumbuhan ikan.


Dengan memahami cara menciptakan bak terpal untuk budiaya gurame, semoga sanggup mengispirasi Anda untuk menjalakan usaha Budidaya gurame.  Dapatkan Ispirasi bertani lainnya hanya ada di www.infoagribisnis.com


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Efektif Budidaya Gurame Memakai Bak Terpal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel