iklan

Tumbuhan Paku – Ciri, Pembagian Terstruktur Mengenai Manfaat | Ayoksinau.Com

Tumbuhan Paku – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama berguru mengenai penjabaran tumbuhan, salah satunya ialah tumbuha paku. Pernahkah kalian mengetahui tumbuhan paku? Bagimana ciri-ciri dari tumbuhan paku? Nah semoga lebih memahami perihal tumbuhan paku, maka akan dijelaskan perihal apa itu tumbuhan paku, ciri cirinya dan penjabaran tumbuhan paku.

 Pada pembahasan kali ini kita akan sama Tumbuhan Paku – Ciri, Klasifikasi  Manfaat | Ayoksinau.com

Didunia telah ditemukan sekitar lebih dari 20.000 spesies tumbuhan paku. Maka dari itu dengan jumlah yang sekian banyak itu, akan sangat kesulitan apabila ingin mengidentifikasi semua spesies tumbuhan paku yang ada.

Apa itu Tumbuhan Paku ?

Tumbuhan paku yang dalam bahasa latinnya disebut dengan (pteridophyba). Tumbuhan paku ialah tumbuhan yang tingkatannya lebih tinggi daripada lumut, mengapa demikian? Karena tumbuhan paku mempunyai akar, daun, dan batang.

Habitat tumbuhan paku  pada umumnya yaitu berada ditempat yang lembab (higrofit), namun tumbuhan paku juga sanggup hidup ditempat lain, mirip pada permukaan batu, dan melekat pada pohon.

Ciri Ciri Tumbuhan Paku

Setelah mengetahui apa itu tumbuhan paku, dan dimana habitatnya, maka terdapat ciri-ciri yang ada pada tumbuhan paku, diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Memiliki struktur daun, akar dan batang yang sejati sehingga sering disebut dengan tubuhan kormophyta berspora.
  • Organisme yang multiseluler serta eukariotik

Struktur Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku mempunyai struktur yang sangat lengkap, sebab mempunyai akar, daun dan batang.

A. Struktur Akar

Tumbuhan paku mempunyai bentuk akar mirip serabut kelapa dengan kalipatra yang ada pada ujungnya. Jaringan akar pada tumbuhan paku ini terdiri dari korteks, epidermis dan silider pusat.

B. Struktur Batang

Struktur batang pada tumbuhan paku inipun sama mirip pada struktur akar yang terdiri dari korteks, epidermis dan silider pusat. Pada cuilan silider sentra terdapat berkas pembuluh angkut yang terdiri dari floem dan xilem. Pada berkas pembuluh ini akan berperan dalam proses fotosintesis yang lalu mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh cuilan tubuh.

C. Struktur Daun

Struktur daun pada tumbuhan paku ini terdiri dari 3 cuilan diantaranya ialah jaringan epidermis, pembuluh angkut dan mesofil. Apabila ditinjau dari fungsinya daun pada tumbuhan paku ada juga yang menghasilkan spora dan ada juga yang tidak menghasilkan spora.

Baca juga :

Klasifikasi Tumbuhan Paku

 Pada pembahasan kali ini kita akan sama Tumbuhan Paku – Ciri, Klasifikasi  Manfaat | Ayoksinau.com

Tumbuhan paku ini sehabis diklasifikasi oleh para hebat diantaranya ialah sebagai berikut.

A. Psilopsida (Paku Purba)

Psilopsida merupakan salah satu penjabaran tumbuhan paku yang telah ada semenjak zaman purba. Akan tetapi sebagian dari tumbuhan tersebut telah mengalami kepunahan dan hanya ditemukan fosilnya saja. Sedangkan sebagian kecilnya masih ditemukan dan tumbuh di kepualaun.

Ciri-ciri dari jenis tumbuhan paku ini ialah sebagai berikut

  • Tidak adanya akar, daun dan batang sejati
  • Tingginya sekitar 30cm hingga dengan 1 cm

B. Lycophyta (Paku Kawat)

Lycophyta atau paku kawat merupakan tumbuhan paku yang tersusun secara sepiral dan mempunyai daun yang kecil. Jenis paku lycophyta ini meliputi sekitar 1000 spesies tumbuhan paku. Tumbuhan paku kawat ini banyak dijumpai dan tumbuh di hutan-hutan yang tropis ataupun subtropis. Contoh paku kawat yaitu Lycophyta clavatum dan Lycophyta SP.

C. Filicinae/Pterophyta (Paku Sejati)

Filicinae/Pterophyta (Paku Sejati) merupakan tumbuhan paku yang sudah lebih tinggi tingkatannya bila dibandingkan dengan sebelumnya. Pada tumbuhan paku Filicinae/Pterophyta ini sudah mempunyai batang, daun danakar. Tumbuhan paku ini sering disebut dengan megafil sebab mempunyai ukuran daun yang berukuran besar. Batang dari tumbuhan paku Filicinae/Pterophyta ini sanggup tumbuh dibawah tanah maupun di atas tanah. Ciri yang gampang ditemukan dari tumbuhan paku ini yaitu daunnya yang masih muda menggulung dan terdapat sorus pada cuilan permukaan bawah daun.

D. Sphenopsida (Paku Ekor Kuda)

Sphenopsida merupakan tumbuhan paku yang hanya tinggal 25 persen spesiesnya. Lalu mengapa dinamai dengan paku ekor kuda? Hal tersebut dikarenakan tumbuhan paku ini mempunyai percabangan pada batang dengan bentuk yang ibarat ekor kuda. Ciri ciri yang sangat terlihat pada tumbuhan paku ekor kuda ini yaitu

  • Tingginya sanggup mencapai 15 meter
  • Sering ditemukan dan tumbuh di tempat yang tanahnya berpasir
  • Batang tumbuhan paku ini berongga.

Manfaat Tumbuhan Paku

Ternyata tumbuhan paku yang ada juga mempunyai manfaat untuk manusia, dianntaranya sanggup dipakai sebagai tumbuhan hias, sebagai sayuran dan sanggup juga dipakai sebagai pupuk sangkar dan obat-obatan. Untuk klarifikasi lebih jelasnya mirip dibawah ini

A. Sayuran

Tumbuhan paku juga sanggup dipakai sebagai makanan atau sayuran, akan tetapi tidak semua jenis sanggup dikonsumsi. Jenis tumbuhan paku yang sanggup dikonsumsi yaitu marsilea crenata dan pteredium aquilinum.

B. Obat-obatan

Selain sanggup dikonsumsi sebagai sayur-sayuran, tumbuhan paku ini juga sanggup dipakai sebagai obat bagi manusia, akan tetapi tidak semua jenis tumbuhan paku sanggup dipakai sebagai obat. Jenis tumbuhan paku yang sanggup dipakai sebagai tumbuhan obat yaitu equisetum (paku kuda).

C. Tanaman Hias

Tanaman paku dengan jenis Adiantum Cuneatum dan Asplenium sangatlah cocok apabila dikembangkan untuk menjadi tumbuhan hias, sebab mempunyai bentuk yang sangat menarik.

D. Alat Pembersih

Jenis tumbuhan paku juga sanggup dipakai sebagai penggosok atau pembersih yang sering kita jumpai yaitu amplas, jenis paku yang sanggup dipakai untuk materi pembersih atau penggosok yaitu Equisetum sp.

Setelah membaca maka kalian telah mengetahui lebih lengkap perihal tumbuhan paku, serta manfaat yang diperoleh dari  tumbuhan paku. Akan tetapi walaupun tumbuhan paku ini aneka macam manfaatnya, bukan berarti tidak mempunyai kerugian. Maka untuk melestarikan tumbuhan paku semoga sanggup bermanfaat, kalian harus mengetahui jenis dan penjabaran dari tumbuhan paku supaya tidak beresiko.

Demikianlah ulasan mengenai tumbuhan paku, semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda. kunjungi terus ayoksinau.com untuk isu menarik lainnya.

Baca juga ulasan menarik lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tumbuhan Paku – Ciri, Pembagian Terstruktur Mengenai Manfaat | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel