iklan

Tata Cara Budidaya Kepiting Soka Yang Benar – Panen Berhasil

Permintaan kepiting soka kian hari kian meningkat Tata Cara Budidaya Kepiting Soka yang Benar – Panen BerhasilPermintaan kepiting soka kian hari kian meningkat, hal tersebut dikarenakan masih banyak yang menggemari kepiting bercangkang lunak ini.


Rasanya yang yummy berpadu dengan cangkangnya yang lembut dan gampang dibuka menciptakan kepiting ini menjadi favorit di antara jenis yang lain.


Harganya pun tergolong tinggi, menciptakan peluang budidaya kepiting soka terbilang menguntungkan. Anda mau berguru wacana tata cara budidaya kepiting soka? Silahkan disimak pada artikel ini.


Tata Cara Budidaya Kepiting Soka


Sama halnya menyerupai teknik budidaya pembesaran ikan konsumsi, budidaya kepiting jenis ini cukup gampang untuk dilakukan jikalau kita sudah mengerti wacana teknik dan juga tata cara budidaya kepiting soka. Anda bisa memulainya dengan menentukan lokasi budidaya, menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, serta membeli bibit.


1. Tentukan lokasi budidaya yang tepat


Tata cara budidaya kepiting soka yang pertama yaitu dengan menetukan lokasi budidaya yang tepat. Carilah lahan yang mempunyai ketersediaan air higienis tanpa tercemari oleh polusi, dengan tingkat salinitas sebesar 15 hingga 35 ppt.


Suhu airnya berkisar 24 hingga 32 derajat celsius, jumlah oksigen terlarut minimal 3 ppm dan pH airnya 6,5 – 8,5. Lokasi yang paling mendekati faktor pendukung di atas yaitu lokasi tambak yang akrab dengan tumbuhan mangrove.


Biasanya tanah tambak yang digunakan yaitu tanah yang berlumpur pasir dengan kedalaman sekitar 80 cm atau lebih. Tidak sama dengan mengolah tanah untuk menanam cabai rawit.


2. Persiapan bibit kepiting soka


Kita harus menentukan bibit-bibit kepiting soka terbaik yang mempunyai bobot sekitar 0,1 ons hingga 0,5 ons. Bibit-bibit inilah nantinyan yang kita besarkan dan lakukan proses molting.


Permintaan kepiting soka kian hari kian meningkat Tata Cara Budidaya Kepiting Soka yang Benar – Panen Berhasil3. Persiapan sangkar kepiting soka


Kandang untuk kepiting soka bisa berupa kotak-kotak berukuran 15 x 15 x 20 cm yang diletakkan di bawah permukaan tambak. Buatlah pula jalan setapak yang terbuat dari bambu di antara tatanan kandang-kandang tersebut biar memudahkan Anda dalam mengelola dan mengamati kepiting.


4. Cara pemeliharaan kepiting soka


Tata cara budidaya kepiting soka selanjutnya yaitu dengan memotong kaki-kaki serta capit dari kepiting. Proses ini penting untuk dilakukan biar kepiting menjadi stres dan melepaskan cangkangnya.


Saat cangkang dari kepiting tersebut lepas, maka kepiting akan segera membentuk cangkang baru. Proses unik ini disebut dengan molting. 







5. Menenbar bibit kepiting


Proses penebaran bibit kepiting soka dihentikan dilakukan sembarangan menyerupai dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton. Kita harus menempatkan tiap kepiting pada kotak atau sangkar yang sudah kita buat. Jarak waktu antara proses pemotongan kaki hingga terbentuk cangkang kembali yaitu sekitar 15 hari.


Perlu diingat, dikala cangkang gres sudah mulai terbentuk, Anda harus segera memanen kepiting alasannya yaitu cangkangnya akan kembali mengeras. Untuk menghentikan proses pengerasan cangkang tersebut, Anda bisa merendam kepiting memakai air tawar selama 30 menit.


6. Pakan yang diberikan


Kepiting soka biasanya diberi pakan berupa ikan rucah, pelet, atau keong. Berikan pakan sekali dalam sehari, atau dikala sore menjelang senja. Kepiting merupakan binatang nokturnal yang kegiatan kehidupannya berlangsung di malam hari.


7. Perawatan kepiting soka


Merawat kepiting soka kurang lebih sama dengan cara budidaya kepiting rajungan. Yang terpenting yaitu kita harus menyediakan air higienis dan terbebas dari polusi, serta mempunyai sirkulasi yang lancar. Jik sirkulasi air terhambat, maka kepiting soka akan mati dan membawa kerugian besar.


Selain itu, pengendalian hama juga merupakan kunci sukses dalam budidaya kepiting soka. Segera tangani jikalau Anda melihat tanda-tanda kepiting yang terjangkit hama atau penyakita. Jangan hingga hama tersebut mewabah dan merusak panen Anda.


Kandungan dalam Kepiting Soka


Meskipun daging dari kepiting mengandung kolesterol, namun bergotong-royong kandungan lemak jenuhnya termasuk rendah. Yang dihentikan kita abaikan yaitu kandungan protein, vitamin, dan juga mineral yang melimpah dan baik untuk tubuh.


Selain itu, ada pula selenium yang bisa meningkatkan daya tahan badan terhadap serangan banyak sekali virus serta penyakit. Bahkan berdasarkan penelitian, kandungan selenium ini juga sanggup mencegah kanker dan kerusakan kromosom.


Dalam 100 gr kepiting terdapat:



  • 22 mg omega 3 EPA

  • 58 mg omega 3 DHA

  • 15 mg omega 6


Semuanya itu baik untuk menunjang kesehatan otak dan juga kecerdasan manusia. Seperti halnya keuntungan budidaya cabai rawit.







C. Strategi Pemasaran Kepiting Soka


Salah satu kendala dari bisnis budidaya kepiting soka yaitu sedikitnya bibit kepiting soka yang tersedia di alam. Disamping itu, dikala proses molting dimulai, kita harus mengawasi selama 24 jam untuk mengetahui kapam cangkang gres tumbuh.


Jangan hingga terlalu usang sehingga cangkang kembali mengeras. Itulah alasan mengapa kepiting soka harganya lebih mahal dibanding jenis kepiting lainnya. Untuk 1 kg kepiting soka, bisa dibeli dengan harga Rp. 55.000,00 hingga Rp. 75.000,00.


Agar bisnis budidaya kepiting soka Anda menghasilkan laba yang besar, maka perhatikanlah sejumlah tips berikut ini:



  • Selalu jaga kualitas kepiting soka Anda. Saat panen tiba, pisahkan kepiting soka yang berkualitas tinggi dengan yang berkualitas rendah.

  • Kualitas kepiting tersebut akan menentukan harga jual dari kepiting Anda.  Semakin baik kualitasnya, maka semakin tinggi pula harganya. Begitu pula jikalau kualitas kepiting yang Anda hasilkan kurang baik, maka kepiting akan ditawar dengan harga renah.

  • Tawarkan hasil panen Anda ke pengusaha kuliner, dimulai dari warung-warung di pinggir pantai, tengkulak, hingga didistribusikan ke sejumlah restoran besar. Seperti pada caar budidaya ayam jawa super.

  • Belajarlah dari beberapa pengusaha atau pembudidaya yang telah sukses terlebih dahulu. Jangan mengalah jikalau di awal perjuangan Anda menemukan kegagalan, namun justeru jadikan semangat untuk mendapat hasil lebih baik lagi di ekspresi dominan depan.


Demikianlah tatacara budidaya kepiting soka yang sanggup kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga isu ini berkenan dan membantu Anda dalam berbagi bisnis budidaya kepiting soka.


Temukan artikel menarik lainnya seputar budidaya binatang dan flora menyerupai cara merawat jagung di ekspresi dominan hujan. Hanya di ilmubudidaya.com.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tata Cara Budidaya Kepiting Soka Yang Benar – Panen Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel