iklan

Struktur Dan Fungsi Rangka Pada Manusia

Struktur dan Fungsi Rangka pada Manusia - Pada Artikel ini kita akan membahas ihwal Struktur dan Fungsi Rangka pada Manusia, Pentingnya Rangka bagi Tubuh Manusia, Fungsi Sistem Rangka bagi Tubuh Manusia, Ada empat fungsi utama sistem rangka bagi badan kita, Struktur Tulang, Macam-macam Tulang pada Sistem Rangka Manusia, Perkembangan Tulang,  Hubungan Antartulang, Tipe Persendian, Sendi peluru, Sendi engsel, Sendi putar, Sendi pelana, Sendi geser.

Pentingnya Rangka bagi Tubuh Manusia

Bagi tubuh, fungsi rangka itu menyerupai kerangka pada sebuah bangunan. Kerangka bangunan sanggup menciptakan sebuah bangunan berdiri dengan kokoh.

Fungsi Sistem Rangka bagi Tubuh Manusia

Pernahkah kau bertanya, mengapa kau sanggup berdiri tegak? Mengapa jantung berada dalam rongga dada dan otak berada dalam tengkorak kepala?

Ada empat fungsi utama sistem rangka bagi badan kita, yaitu

  1. memberikan bentuk dan mendukung badan kita;
  2. melindungi organ internal atau organ dalam, misal tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak;
  3. tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif yang sanggup menggerakkan tulang;
  4. tempat dibentuknya sel darah, yaitu pada penggalan sumsum tulang (jaringan lunak yang terdapat di penggalan tengah tulang).


Struktur Tulang

Permukaan tulang yang panjang ditutup membran yang melekat dengan kuat, yang disebut periosteum.

Pembuluhpembuluh darah kecil pada periosteum membawa zat-zat makanan ke dalam tulang. Membran ini penting dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang.

Pada penggalan bawah periosteum terdapat tulang kompak atau disebut juga tulang keras, yaitu suatu lapisan tulang yang keras dan kuat.

Tulang kompak mengandung sel-sel tulang, pembuluh-pembuluh darah, zat kapur dan fosfor, serta serabut elastis.

Kerasnya tulang disebabkan lantaran tulang mengandung zat kapur dan fosfor. Sedangkan serabut-serabut lentur mempertahankan tulang biar tetap kuat, tidak gampang ringkih atau patah.

Tulang spons dalam tulang pipa terdapat di kawasan ujung tulang. Tulang spons kurang kompak dan mempunyai banyak ruang-ruang kecil terbuka yang menciptakan tulang menjadi ringan.

Tulang panjang mempunyai lubang atau kanal yang besar. Saluran-saluran itu terdapat di tengah tulang panjang dan diisi oleh jaringan berlemak yang disebut sumsum.

Sumsum merah berada di kawasan tulang panjang penggalan ujung di antara tulang spons, sedangkan sumsum kuning berada di tulang panjang penggalan tengah yang sebagian besar berisi lemak.

Pada orang sehat, sumsum tulang merah menghasilkan sel-sel darah merah dengan kecepatan hingga tiga juta sel per detik. Sumsum merah juga menghasilkan sel-sel darah putih dengan jumlah yang lebih sedikit.

Macam-macam Tulang pada Sistem Rangka Manusia

Tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tak beraturan.

Perkembangan Tulang

Meskipun tulang yang ada di badan kita merupakan suatu benda yang keras, tetapi tulang itu bukan suatu benda yang mempunyai ukuran tetap.

Beberapa bulan sebelum kau dilahirkan, tulang kau tersusun dari kartilago (tulang rawan). Secara bertahap, tulang rawan akan rusak dan digantikan oleh tulang yang keras.

Akan tetapi, pada perkembangannya tidak semua tulang rawan pada badan insan akan digantikan oleh tulang keras.

Contohnya tulang telinga, tulang hidung ataupun tulang rawan penyusun persendian. Tulang-tulang tersebut akan tetap menjadi tulang rawan hingga insan menjadi tua.

Hubungan Antartulang

1) Hubungan antartulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan yang disebut sinartrosis. Contohnya, hubungan antartulang pada tengkorak yang dihubungkan oleh jaringan ikat atau sutura.

Pada ketika kau gres lahir terdapat jarak atau ruang antara tulang-tulang tengkorak, fungsinya memungkinkan otak kita bertambah ukurannya.

Dalam waktu yang tidak terlalu usang jaringan ikat akan menggabungkan tulang satu dengan tulang yang lainnya sehingga tidak memungkinkan adanya gerakan satusatunya tulang pada tengkorak yang sanggup digerakkan yaitu rahang bawah. Contoh lain dari tipe persendian ini yaitu sendi yang terdapat pada tulang pinggul.

2) Hubungan antartulang yang menimbulkan sedikit gerakan. yang disebut amfiartrosis. Contohnya, hubungan antartulang pada tulang belakang (vertebra) oleh tulang rawan.

3) Hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan yang disebut diartrosis atau persendian. Persendian inilah yang memungkinkan kau sanggup menggerakkan pangkal lengan atas, lutut, bahkan ibu jari tanganmu.

Tipe Persendian

1) Sendi peluru/sendi lesung

Sendi ini menghubungkan antara satu tulang yang mempunyai satu ujung lingkaran yang masuk ke ujung tulang lain yang berongga menyerupai mangkok.

Sendi ini sanggup membentuk gerakan paling bebas di antara sendi-sendi lain. Contoh sendi peluru yaitu sendi antara tulang pinggul dengan tulang paha, antara tulang lengan atas dengan tulang belikat. Dengan adanya sendi ini memungkinkan tulang-tulang tersebut sanggup diayunkan ke arah mana pun.

2) Sendi engsel

Tipe sendi ini mempunyai gerakan satu arah, ada yang ke depan dan ada yang ke belakang menyerupai engsel pintu.

Contoh sendi engsel yaitu sendisendi pada siku, lutut, dan jari. Sendi ini mempunyai ruang gerak yang lebih sempit dibandingkan sendi peluru.

3) Sendi putar

Tipe persendian ini mempunyai prinsip kerja ujung tulang satu yang berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain berbentuk cincin yang sanggup berputar pada poros tersebut.

Contohnya yaitu persendian yang terdapat di antara tulang tengkorak dengan tulang leher. Sendi tersebut memungkinkan kepala kita sanggup memutar, mengangguk serta menggeleng.

4) Sendi pelana

Sendi ini merupakan pertemuan antara dua tulang yang berbentuk menyerupai pelana. Sendi ini sanggup menggerakkan tulang ke dua arah, yaitu mukabelakang dan ke samping. Contoh sendi ini yaitu pada pangkal ibu jarimu.

5) Sendi geser

Sendi ini menghubungkan antara dua tulang yang mempunyai permukaan yang datar. Prinsip kerja sendi ini yaitu satu penggalan tulang bergerak menggeser di atas tulang lain. Sendi geser juga memungkinkan tulang bergerak ke depan dan ke belakang.

Contoh sendi geser berada pada tulang-tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki dan di antara tulang belakang.

Sendi ini merupakan sendi yang paling sering dipakai dalam melaksanakan acara sehari-hari, contohnya mengambil buku, naik tangga, makan serta beberapa acara lainnya.


Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Dan Fungsi Rangka Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel