iklan

Struktur Dan Fungsi Otot Pada Manusia

Struktur dan Fungsi Otot pada Manusia - Pada Artiel ini akan di jelaskan wacana Struktur dan Fungsi Otot pada Manusia, Fungsi Otot, tiga Jenis Jaringan Otot, otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Rangka sanggup digerakkan alasannya ada otot yang menempel pada tulang rangka. Otot disebut juga alat gerak aktif. Untuk lebih mengetahui wacana sendi pada manusia, mari cermati uraian berikut.

Jika tidak ada otot maka rangka tidak akan bisa digerakkan. Otot merupakan alat gerak aktif, alasannya otot mempunyai kemampuan untuk berkontraksi.

Kontraksi otot ini mengakibatkan tulang sanggup bergerak. Selain itu, otot mempunyai peranan dalam memperlihatkan bentuk luar badan bersama dengan rangka.

Fungsi Otot

Tanpa otot, tulang, dan sendi tubuhmu tidak mempunyai kekuatan untuk bergerak. Otot yaitu penggagas bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif. Hampir 35 sampai 40 persen massa badan yaitu jaringan otot.

Cobalah perhatikan, setiap ketika selalu ada gerakan yang terjadi di tubuhmu, gerakan tersebut terjadi alasannya adanya kerja dari otot.

Otot yaitu jaringan yang sanggup berkontraksi (mengkerut) dan relaksasi (mengendur). Pada ketika berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan pada ketika berelaksasi otot menjadi lebih panjang.

Proses kontraksi ini menimbulkan bagianbagian tubuhmu bergerak. Pada kontraksi ini diharapkan energi.

Tiga Jenis Jaringan Otot

Coba ingat kembali wacana kerja otot ketika kau menulis, otot lambung serta otot jantung. Ketiga otot tersebut mempunyai struktur yang berbeda, sehingga dikelompokkan dalam jaringan otot yang berbeda pula.


Ada tiga jenis jaringan otot di dalam tubuhmu, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung

1) Otot Rangka

Otot Rangka yaitu otot yang paling banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut dengan otot lurik.

Otot rangka menempel pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendon yaitu pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang.

Otot rangka tergolong otot sadar. Kamu bisa mengontrol penggunaan otot ini. Kamu bisa memilih kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah.

2) Otot Polos

Otot polos terdapat pada dinding organ dalam menyerupai lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah.

Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong dan mempunyai sebuah inti pada tiap selnya.

3) Otot Jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung juga tergolong otot tidak sadar. Otot jantung mempunyai garis-garis menyerupai otot rangka namun, otot jantung menyerupai otot polos alasannya tergolong otot tidak sadar.

Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Kamu mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada ketika jantung berdenyut. Otot ini tidak sanggup dikontrol oleh kemauan sadarmu.


Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Dan Fungsi Otot Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel