iklan

√ Misteri Pantai Pangandaran, Daerah Singgah Ratu Pantai Selatan

Pantai Pangandaran ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat. Pantai yang sangat indah ini berhadapan eksklusif dengan perairan Samudera Hindia sehingga ombaknya lebih besar. Di balik kecantikan pantai ini, ternyata tersimpan sejumlah misteri yang sanggup menciptakan Anda merinding. Konon, Pantai Pangandaran merupakan salah satu persinggahan bagi Ratu Pantai Selatan.


Ada apa sebetulnya di balik pantai dengan eksotisme yang luar biasa menarik ini? Mengapa Pantai Pangandaran masuk dalam salah satu daftar pantai yang menjadi tempat singgah Nyi Roro Kidul? Bacaterus sudah merangkum sejumlah misteri Pantai Pangandaran, pantai bagus yang ternyata menyimpan banyak misteri.


Legenda Pilu Pantai Pangandaran


 ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat √ Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan

* sumber: www.seogereggi.com


Nyi Roro Kidul atau yang dikenal dengan Ratu Pantai Selatan memang mempunyai sejumlah kisah asal-usul. Misteri Pantai Pangandaran yang menjadi tempat persinggahan Ratu Pantai Selatan ini juga mempunyai legenda yang mengisahkan perihal asal-usul Nyi Roro Kidul.


Alkisah, dahulu Raja Padjajaran mempunyai seorang istri simpanan. Ketika istri simpanan itu hamil, raja justru marah dan menyuruh anak buahnya membuang perempuan itu. Akhirnya, istri simpanan raja dibuang ke hutan.


Wanita itu berjalan menyusuri hutan sampai tiba di pesisir pantai selatan. Melihat bahari lepas dengan ombak yang menggulung besar, si perempuan itu berniat untuk mengakhiri hidupnya dengan terjun ke dalam laut.


Namun, perempuan itu ditolong oleh pengawal penguasa pantai selatan. Kemudian, perempuan itu diangkat menjadi anak dari Ratu Pantai Selatan kala itu. Bahkan, si perempuan mendapat ilmu mistik dan kekuatan serta menjadi pewaris tahta sebagai Ratu Pantai Selatan.


Wanita yang pernah menjadi istri simpanan Raja Padjajaran itu dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Konon, meskipun sudah menjadi penguasa seluruh pantai selatan, Nyi Roro Kidul tetap tidak sanggup melupakan dendamnya kepada Raja Padjajaran.


Itulah sebabnya mengapa banyak korban jiwa yang karam atau terseret ombak di Pantai Pangandaran ini. Percaya atau tidak, sebagian besar korbannya ialah orang Bandung.


Gua Panggung, Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul


 ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat √ Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan


Selain populer dengan pantainya yang indah tapi menyimpan begitu banyak misteri, Pangandaran juga populer dengan sebuah gua yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai makam anak angkat Nyi Roro Kidul, Embah Jaga Lautan.


Dikisahkan bahwa Embah Jaga Lautan mempunyai tujuh orang istri yang tidak pernah akur satu sama lain. Suatu hari, ketika Embah Jaga Lautan pergi memancing dan mendapat ikan, ia mendapat petunjuk dari Nyi Roro Kidul untuk mengajak ketujuh istrinya makan ikan hasil tangkapannya itu. Setelah makan, ketujuh istri Embah hidup rukun dan tidak bertengkar lagi.


Setelah melihat para istrinya rukun, Embah Jaga Lautan pamit untuk semedi dalam waktu yang lama. Namun, ia tak kunjung kembali dan menciptakan istri-istrinya cemas. Para istrinya mencari ia di mana-mana tapi tidak menemukan jasadnya. Akhirnya, ketujuh istri itu tetapkan untuk menciptakan makam Embah Jaga Lautan di sebuah gua yang berada bersahabat Pantai Pangandaran.


Kisah moksa atau hilangnya raga  Embah Jaga Lautan ini merupakan salah satu misteri Pantai Pangandaran yang terkenal. Jika berwisata ke Pangandaran, Anda juga sanggup mengunjungi Gua Panggung yang menjadi makam dari Embah Jaga Lautan.


Misteri Sejumlah Tempat di Dekat Pantai Pangandaran


Sebagai salah satu pantai yang menyimpan aneka macam misteri, Pantai Pangandaran tetap diminati oleh wisatawan karena keindahan panoramanya. Walaupun di tahun 2006 Pangandaran pernah mengalami tragedi tsunami ahli yang menewaskan 668 jiwa, pesona pantai ini tidak sanggup mengurungkan niat wisatawan untuk tiba kemari.


Misteri Pantai Pangandaran ternyata tidak berfokus pada pantainya saja. Beberapa tempat yang berada di sekitar pantai juga dipercaya mempunyai misteri yang bekaitan dengan dunia gaib. Berikut ialah sejumlah tempat penuh misteri yang berada bersahabat dengan Pantai Pangandaran:



  • Sendang Goa Rengganis


 ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat √ Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan


Wisata alam yang berada di bersahabat Pantai Pangandaran ini bukan sekedar wisata goa biasa. Goa ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat karena menjadi petilasan Dewi Rengganis. Tempat pemandian yang dulu dipakai Dewi Rengganis dipercaya sanggup mendatangkan berkah bagi siapapun yang mandi atau berendam di sana.


Menjelang pilkada, Sendang Goa Rengganis banyak dikunjungi oleh calon legislatif yang mengharapkan berkah biar menang dikala pilkada. Selain itu, air di sendang tersebut juga dipercaya sanggup menciptakan orang nampak infinit muda.



  • Goa Lanang


 ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat √ Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan

* sumber: goindospot.com


Dinamakan Goa Lanang karena di dalam goa terdapat watu yang berbentuk ibarat (maaf) alat kelamin pria. Batu tersebut terbentuk secara alami mengingat Goa Lanang sendiri ialah Goa Karst. Sampai dikala ini, Goa Lanang juga dianggap sebagai tempat sakral karena dipercaya merupakan petilasan raja-raja Kerajaan Pananjung. Raja di kerajaan tersebut ialah Prabu Anggalarang.


Ketika keluar meninggalkan kerajaan, sang prabu tinggal di goa tersebut bersama dengan permaisurinya, yaitu Dewi Rengganis. Goa Lanang merupakan lambang dari keberanian dan kegagahan Prabu Anggalarang karena berani meninggalkan kerajaannya meskipun ia ialah putra mahkota.



  • Jembatan Penghubung Pantai Madasari – Batukaras


 ialah salah satu objek wisata pujian masyarakat Jawa Barat √ Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan


Pantai Madasari ialah salah satu pantai yang berada di Pangandaran. Di tahun 2016, ada sebuah proyek pembangunan jembatan untuk menghubungkan Pantai Madasari dan Batukaras.


Sebelum mengerjakan proyek, warga setempat menghimbau biar pekerja proyek tidak melaksanakan acara apapun pada pukul 11:30 – 13:00 WIB dan semua pekerjaan harus berhenti sebelum pukul 17:00 WIB. Namun, karena ingin menghemat waktu, petugas pelaksana proyek tidak menghiraukan himbauan warga dan tetap bekerja di waktu-waktu yang sudah dilarang.


Saat waktu mengatakan pukul 12:00 WIB, salah satu mesin genset mati dan tidak sanggup dinyalakan lagi. Keesokan harinya, petugas membeli dua buah genset gres tetapi lagi-lagi kedua genset tersebut mati pada pukul 12:00 WIB.


Kejadian lain yang terjadi pada pukul 12:00 WIB ialah as roda mesin molen tiba-tiba patah. Bersamaan dengan kejadian-kejadian di luar nalar tersebut, sebagian warga orisinil yang tinggal di daerah proyek mengaku melihat gerombolan orang-orang berambut putih sedang memasak ibarat sedang menyiapkan hajatan di bawah pohon waru tua.


Anehnya, pekerja proyek tidak ada yang melihat orang-orang berambut putih itu dan hanya penduduk orisinil saja yang melihatnya.


Sejumlah misteri Pantai Pangandaran di atas merupakan mitos yang belum tentu benar kebenarannya. Bahkan, ada pantangan bagi orang-orang Bandung untuk berenang di pantai ini kalau mereka tidak ingin menjadi tumbal Nyi Roro Kidul.


Benar atau tidaknya sejumlah mitos dan misteri Pantai Pangandaran, Wallahu a’lam. Selama mitos dan pantangan tersebut bermaksud baik, tak ada salahnya untuk menuruti. Sejatinya, di setiap tempat niscaya ada penghuni gaibnya.


Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa sebelum melaksanakan perjalanan biar kita selalu berada dalam lindungan-Nya. Selain itu, mengingat insan hidup berdampingan dengan mahluk gaib, maka kita harus senantiasa menjaga perilaku dan tutur kata biar tidak menyinggung mahluk lain yang hidup di sekitar kita.


Untuk mengetahui sejumlah tempat seram lain yang berada di sekitar Pangandaran, khususnya di Purwakarta, kunjungi artikel mengenai tempat seram di Purwakarta.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Misteri Pantai Pangandaran, Daerah Singgah Ratu Pantai Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel