iklan

Pengertian Lengkap Pembiasaan Morfologi Misalnya | Ayoksinau.Com

Adaptasi Morfologi – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama memahami kelangsungan hidup organisme. Banyak sekali makhluk hidup yang ada disekitar kalian ibarat ayam, kucing, kambing dan juga hewan-hewan yang tentunya pernah kalian lihat. Hewan-hewan tersebut telah ada semenjak zaman dahulu dan ada sampai ketika ini. Nah pada hewan-hewan tersebut sangatlah berkaitan dekat dengan adaptasi, kelangsungan hidup. Nah pada kali ini kita akan membahas secara terang mengenai penyesuaian pada kelangsungan organisme makhluk hidup yaitu penyesuaian morfologi.

Pengertian Adaptasi Morfologi

 Pada pembahasan kali ini kita akan sama Pengertian Lengkap Adaptasi Morfologi  Contohnya | Ayoksinau.com

Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk atau struktur pada organ badan makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Ciri-ciri penyesuaian morfologi yang ada pada flora yaitu bentuk dan ukuran daun, bentuk dan struktur batang, bentuk alat perkembangbiakan serta bentuk struktur jaringan pada daun dan bentuk akar.

Sedangkan ciri-ciri morfologi pada binatang yaitu bentuk paruh, bentuk kaki dan alat gerak, warna tubuh, susunan gigi, ukuran badan serta alat pencernaan makanannya.

Adaptasi Morfologi pada Makhluk Hidup

Berikut ini akan dijelaskan perihal bentuk penyesuaian morfologi yang  terjadi pada makhluk hidup.

1. Enceng Gondok

Enceng gondok atau teratai merupakan flora yang hidup diair. Pada flora tersebut mempunyai daun yang tipis dan juga lebar.

Tumbuhan enceng gondong hidup dengan cara mengapung di permukaan air. Enceng gondok sanggup mengapung dipermukaan air dikarenakan mempunyai batang dan daun yang mengembung dan terisi udara. Batangnya yang tidak  hanya dipakai untuk mengapung dipakai juga untuk bernapas dan melakukann pertukaran udara.

2. Teratai

Berbeda dengan flora enceng gondok flora teratai mempunyai akar yang menempel didalam air sedangkan batangnya dan daunnya mengapung dipermukaan perairan. Tangkai pada daunnya mempunyai rongga.

3. Tumbuhan Kaktus

Pada flora kaktus ini berbeda halnya dengan flora enceng gondok dan teratai. Tumbuhan kaktus ini hidup di tempat yang kering. Maka dari itu penyesuaian dari flora kaktus ini berbeda dengan flora enceng gondok dan teratai.

Tumbuhan kaktus mempunyai sistem akar  yang panjang serta tumbuh menyebar sehingga sanggup menyerap air dari tempat yang luas. Batang pada flora kaktus sanggup menyimpan air. Bentuk yang kecil dan berduri yang berfungsi untuk menghemat air.

Baca juga :

4. Peruh Burung

Paruh burung mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan majemuk tergantung dari cara hidupnya serta jenis makananya.

Contohnya burung elang yang mempunyai parung yang besar, besar lengan berkuasa dan mempunyai ujung yang runcing yang dipakai untuk merobek-robek mangsanya.

Sedangkan belibis mempunyai paruh yang lebar dan pipih. Bentuk paruh belibis yang pipih yang dipakai untuk menjaring makanannya di air.

Contoh paruh yang lainnya yaitu paruh pada burung abang tua, burung abang renta yang mempunyai parung yang pendek, besar lengan berkuasa serta melengkung yang dipakai untuk memecah biji-bijian yang merupakan kuliner burung tersebut.

5. Kaki Burung

Sama ibarat bentuk paruh, bentuk kaki pada kelompok burung juga berbeda-beda dan bermacam-macam, tergantung dari cara hidupnya.

Contohnya kaki itik yang mempunyai selaput  yang menghubungkan jari-jari pada kakinya, kaki tersebut yang memudahkankan itik  untuk berenang didalam air dan berjalan ditanah yang berlumpur.

Contoh burung yang lainnya yaitu kaki burung elatuk, yang mempunyai 4 jari kaki. 2 kakinya menghadap ke belakang dan 2 kaki lainnya menghadap kedepan. Hal tersebut mempunyai kegunaan untuk sanggup memudahkan burung pelatuk untuk memanjat pohon.

5. Mulut Serangga

Mulut serangga juga majemuk yang merupakan hasil dari penyesuaian terhadap jenis makannya. Serangga pengisap tidak mempunyai rahang sedangkan serangga pemakan daun mmemiliki rahang atas dan rahang bawah.

Berdasarkan jenis makanannya serangga sanggup dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Mulut penusuk atau pengisap, misalnya pada nyamuk
  • Mulut penggigit dan penguyah, misalnya pada belalang
  • Mulut pengisap, misalnya pada kupu-kupu

Demikianlah ulasan mengenai penyesuaian Morpologi dan contohnya. kunjungi terus ayoksinau.com untuk gosip matera lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Lengkap Pembiasaan Morfologi Misalnya | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel