iklan

Mengecilkan Ukuran File Hibernate Pada Windows

Biasanya, pengguna komputer khususnya laptop lebih sering memakai fitur sleep atau hibernate untuk mematikan secara instan komputer mereka. Perbedaan dari kedua fitur itu ialah letak dimana data-data disimpan sebelum komputer mati. Hibernate menyimpan semua data-data Anda ke harddisk, sehingga Anda sanggup mematikan komputer dan mencabut listriknya kemudian menyalakannya dengan cepat kembali. Fitur Sleep menyimpan data-data ke dalam memory atau Random Access Memory (RAM) dan menciptakan komputer dalam keadaan Standby. Pada artikel sebelumnya, saya telah menawarkan bagaimana cara menonaktifkan fitur Hibernate untuk menghemat ruang hard disk Anda. Namun, bagaimana bila Anda tetap masih ingin memakai fitur ini sekaligus berhemat ruang harddisk? Simak caranya di bawah ini.


1. Untuk memastikan apakah fitur Hibernate sudah menyala di komputer Anda, Anda harus mengeceknya. Sebelumnya, terlebih dulu pastikan Anda sanggup melihat file yang tersembunyi. Caranya, ketik “Folder Options” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di sajian Start. Pindah ke tab View, beri tanda centang pada “Show hidden files, folders, and drives“. Tekan tombol OK.


2. Buka Windows Explorer, browse ke direktori C:\ (atau D:\ bila Anda meng-install Windows di partisi D:), dan lihat apakah ada file berjulukan “Hiberfil.sys“. Jika ada, berarti fitur Hibernate aktif di komputer Anda.


3. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di sajian Start. Lalu, tulis perintah berikut pada command line yang terbuka dan tekan Enter:


powercfg -h /size xx


Parameter /size xx mengatur besarnya file hiberfile dalam persentase dari jumlah total memori sistem. Anda sanggup mengganti angka xx dengan angka persentase sesuka hati, namun hanya sanggup dalam rentang 50 sampai 100.

Misalnya pada kasus dimana jumlah memori Anda 4 GB, dan Anda mengetikkan sintaks powercfg -h/size 50, maka besarnya file hiberfil.sys sesudah dilakukan trik ini akan menjadi 2 GB (50% dari 4 GB).

Jika pada langkah nomor 2 fitur hibernate belum aktif, maka dengan mengaktifkan sintaks ini akan otomatis mengaktifkan fitur hibernate. Fitur ini sanggup diaktifkan pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengecilkan Ukuran File Hibernate Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel