iklan

Jenis-Jenis Interaksi Antar Organisme

Jenis-Jenis Interaksi Antar Organisme - Artikel kali ini akan menjelaskan Jenis-Jenis Interaksi Antarorganisme, Hubungan Netral, Hubungan Simbiosis, Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Komensalisme, Simbiosis Parasitisme, Hubungan Kompetisi, Hubungan Predasi.

Hubungan Antar Makhluk Hidup

relasi antar makhluk hidup. Terdapat beberapa jenis relasi antarmakhluk hidup, yaitu sebagai berikut.

Hubungan Netral

Hubungan netral yaitu relasi yang tidak saling memengaruhi. Netralisme terjadi apabila nisianya berbeda. Namun sebenarnya relasi yang benar-benar netral tidak ada, alasannya yaitu setiap organisme memerlukan komponen abiotik (udara, ruangan, air, dan cahaya) yang sama, sehingga timbul persaingan. Selain itu setiap organisme juga mengeluarkan zat sisa yang sanggup mengganggu organisme lain.

Contoh relasi netral ini yaitu relasi antara kambing dan ayam yang dipelihara insan dalam sangkar yang berdekatan.

Hubungan Simbiosis

Hubungan simbiosis yaitu relasi saling memengaruhi antara dua organisme. Hubungan simbiosis ada tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

a. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme yaitu relasi antara dua jenis organisme yang saling menguntungkan. Contohnya yaitu kupu-kupu dengan tumbuhan berbunga.

Kupu-kupu memperoleh madu dari bunga sedangkan tumbuhan berbunga dibantu proses penyerbukannya. Simbiosis mutualisme juga terjadi antara insan dengan basil Eschericia c0l1 yang hidup di usus.

Bakteri tersebut menghasilkan vitamin K yang berperan pada proses pembekuan darah manusia. Sedangkan insan memperlihatkan perlindungan, makanan, dan lingkungan yang cocok bagi basil di dalam usus.

b. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme yaitu relasi antara dua jenis organisme di mana yang satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan ketika saling berinteraksi. Contohnya yaitu tumbuhan anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.

Tanaman anggrek diuntungkan lantaran sanggup hidup di pohon yang ditumpanginya, sedangkan pohon tidak mendapat laba atau kerugian apapun dari hadirnya tumbuhan anggrek.

c. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme yaitu relasi antara dua jenis organisme yang merugikan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain diuntungkan ketika berinteraksi. Contohnya yaitu tumbuhan tali putri dan parasit dengan inangnya.

Tali putri tidak sanggup menciptakan kuliner sendiri sehingga mengambil sari kuliner dari tumbuhan inang. Contoh lain yaitu kutu yang hidup pada kulit hewan.

Kutu mendapat untung lantaran mengisap darah, sebaliknya binatang dirugikan lantaran darahnya diisap dan menjadi gatal-gatal.

Hubungan Kompetisi

Hubungan kompetisi terjadi kalau dalam suatu ekosistem terdapat ketidakseimbangan, contohnya kekurangan air, makanan, pasangan kawin, dan ruang.

Hubungan kompetisi sanggup terjadi antara individu-individu dalam satu spesies maupun individu-individu yang berbeda spesies.

Contoh relasi kompetisi yang berbeda spesies yaitu relasi antara banteng dan rusa yang menempati padang rumput yang sama.

Contoh relasi kompetisi dalam satu jenis yaitu persaingan antara pejantan kumbang rino untuk memperebutkan betina ketika demam isu kawin tiba.

Hubungan Predasi

Hubungan predasi yaitu relasi antara organisme yang memangsa dan organisme yang dimangsa. Contohnya yaitu relasi antara rusa dengan singa. Meskipun sepertinya kejam, relasi predasi dibutuhkan untuk mengendalikan jumlah populasi mangsa.

Kamu tentu tahu bahwa rusa sanggup berkembang biak dengan cepat. Jika sebagian populasi rusa tidak dimakan oleh singa, maka rusa-rusa itu sanggup kekurangan makanan.



Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Interaksi Antar Organisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel