iklan

Hidup Sederhana Berdasarkan Islam

Islam mengajarkan kita untuk selalu hidup sederhana. Gaya hidup menyerupai ini akan menjauhkan kita dari perilaku sombong dan hobi memamerkan harta benda yang tak infinit nilainya. Islam mengajarkan kita untuk hidup sederhana sehingga kita bisa menyebarkan dengan sesame serta mempunyai perilaku penuh kasih. Hidup sederhana memang membuat insan menjadi langsung yang berbeda yakni tidak mengedepankan kekayaan serta bisa menata keuangan lebih baik.

Hidup Sederhana Menurut Islam

Bergaya hidup sederhana juga membuat seseorang bisa membedakan mana cita-cita dan mana kebutuhan. Sayangnya banyak dari kita belum bisa hidup sederhana alasannya aneka macam alasan diantaranya efek lingkungan sekitar maupun pergaulan sehari – hari. Menurut anda sudahkah anda hidup sederhana selama ini ?
Simak lengkapnya hidup sederhala ala umat islam berikut ini yang akan membuka mata anda bahwa tidak ada ruginya menjadi langsung sederhana.

 Gaya hidup menyerupai ini akan menjauhkan kita dari perilaku sombong dan hobi memamerkan harta  Hidup Sederhana Menurut Islam

Sumber: http://adarain.com

 

Punya hobi berbagi

Hidup sederhana berdasarkan islam yakni seseorang bisa menolong orang lain selain dirinya sendiri. kita niscaya paham bahwa insan itu mustahil hidup tanpa sumbangan orang lain semandiri apapun ia. Disinilah islam mengajarkan umatnya untuk saling tolong menolong dijalan kebaikan. Ini pula yang membuat zakat pada bulan pahala menjadi salah satu jalan anda untuk berbagi.

Apa adanya dan selalu bersyukur

Bersyukur itu penting bukan untuk orang lain namun diri sendiri. dengan bersyukur anda merasa hidup lebih baik dari orang lain dan selalu berterima kasih atas apa yang anda miliki dikala ini. Bersyukur tak harus untuk risky yang besar namun juga untuk hal – hal kecil yang membawa kebahagiaan. Salah satu misalnya yakni permintaan makan malam.
Bersikap apa adanya juga termasuk ciri hidup sederhana alasannya anda tidak berusaha memamerkan sesuatu yang tak pantas untuk dipamerkan. Menurut anda siapa yang paling berhak pamer di dunia ini selain yang membuat anda sebagai manusia?.

Mengerti kebutuhan dan tidak gampang berhutang

Hidup sederhana berdasarkan islam juga mengajarkan anda mengerti akan kebutuhan yang memang diperlukan. Menjauhkan anda dari sifat boros yang merusak keuangan anda sendiri dan sadar akan pengaturan keuangan. Anda jadi memahami administrasi keuangan yang benar dan tidak gampang bagi anda untuk berhutang.
Tentu saja berhutang itu tidaklah dosa namun bukan berate dianjurkan. Nabi Muhammad pernah berpesan untuk melunasi hutang sebelum meninggal bahkan dia pernah enggan menyolati seseorang yang masih mempunyai hutang.

Giat bekerja dan mau belajar

Hidup sederhana bukan berarti mengajarkan anda untuk malas bekerja malahan sebaliknya. Kesederhaan anda malah membuat anda rendah diri dan sadar bahwa masih banyak yang belum anda pelajari di dunia ini. Hal ini mendorong anda untuk terus mencar ilmu dan selalu merunduk layaknya padi akan ilmu yang didapat.
Hidup sederhana juga menhgajarkan anda bahwa kebutuhan itu berkelanjutan dan tak pernah habis selama anda msih bernafas. Inilah yang membuat anda bekerja keras untuk mengumpulkan pundi – pundi uang demi keluarga. Menyisihkan beberapa uang untuk tabungan yang dipakai dalam keadaan yang mendesak serta darurat.

Berfikir jernih dan menghadapi segala sesuatu dengan senyuman

Seseorang yang hidup sederhana tentunya mempunyai pola pikir sederhana pula. Ia akan bisa berpikir jernih dalam kondisi apapun. ia menghadapi ujian dari Allah dengan senyuman yang mengartikan bahwa Allah sangat mencintainya sehingga ia diuji dengan aneka macam permasalah hidup. Tentunya segala yang diujikan kepada kita oleh sang pencipta merupakan proses mendewasakan insan menjadi langsung yang lebih baik.
Sudah siapakah anda menjadi langsung sederhana yang dianjurkan oleh agama Islam ini?


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hidup Sederhana Berdasarkan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel