iklan

2 [Contoh] Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Jurnal Umum (General Ledger) Perusahaan Dagang


AkuntansiLengkap.comJurnal umum perusahaan dagang yaitu jurnal yang mencatat seluruh transaksi keuangan yang timbul jawaban aktivitas perdagangan menyerupai :

1. Pembelian barang dagang

2. Penjualan barang dagang

3. Pengembalian barang dagang yang di jual atau di beli (retur)

4. Potongan atas penjualan atau pembelian

Pada umumnya terdapat dua jenis metode pencatatan jurnal umum dalam perusahaan dagang yakni metode fisik (periodik) dan metode perpetual.

1. Metode Fisik

Metode fisik dipakai oleh perusahaan yang menjual barang dagang yang relatif murah dan sering terjadi.

Dalam metode ini, akun Persediaan barang dagang dihentikan di debet dikala terjadi transaksi pembelian barang dagang, dan dihentikan di kredit dikala terjadi transaksi penjualan barang dagang.

Transaksi pembelian barang dagang akan dicatat dengan mendebet akun pembelian, sedangkan transaksi penjualan akan dicatat dengan mengkredit akun penjualan.

 yaitu jurnal yang mencatat seluruh transaksi keuangan yang timbul jawaban aktivitas perdag 2 [CONTOH] Jurnal Umum Perusahaan Dagang2. Metode Perpetual

Metode perpetual dipakai oleh perusahaan yang memberlakukan tarif relatif mahal pada barang dagangnya.

Dalam metode ini, Ketika terjadi transaksi pembelian barang dagang maka akan mendebet akun persediaan barang dagang, dan dikala terjadi transaksi penjualan maka akan mengkredit akun persediaan barang dagang.

 yaitu jurnal yang mencatat seluruh transaksi keuangan yang timbul jawaban aktivitas perdag 2 [CONTOH] Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Dalam penerapannya metode periodik lebih gampang untuk dijalankan, tetapi metode perpetual mempunyai ketepatan dan kecepatan info yang lebih baik daripada metode periodik.

Untuk melihat Contoh 14 Transaksi Jurnal Umum

 

Baca Juga : 

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 [Contoh] Jurnal Umum Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel