iklan

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Gerak Benda, Jenis Dan Kegunaannya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda, Jenis dan Kegunaannya - Artikel kali ini akan menjelaskan wacana Faktor, Jenis dan Kegunaan Gerak Benda, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda, Bentuk Benda, Ukuran Benda, Permukaan Benda, Jenis-Jenis Gerak Benda, Kegunaan Gerak Benda dalam Kehidupan Sehari-hari.

Gerak Benda

Gerak ialah suatu perubahan daerah kedudukan pada suatu benda dari daerah awal. Sebuah benda dikatakan bergerak bila benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

Roda sepeda sanggup bergerak dengan mudah. Saat pedal dikayuh, roda sepeda bergerak dengan cepat. Sekarang, doronglah meja belajarmu. Bandingkan dengan gerakan roda sepeda !

Tentu saja roda sepeda lebih gampang bergerak. Benda gampang bergerak sebab dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor yang menghipnotis gerak benda.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda

Gerak suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.

a. Bentuk Benda

Bentuk benda bermacam-macam. Ada benda yang berbentuk lingkaran, kotak, dan segitiga. Bentuk suatu benda sanggup memengaruhi gerakannya. Misalnya, roda sepeda gampang bergerak. Roda berbentuk lingkaran.

Benda yang berbentuk lingkaran gampang bergerak. Demikian juga dengan bola. Bola berbentuk bulat sehingga gampang menggelinding.

Jadi, benda yang berbentuk bulat atau lingkaran gampang bergerak daripada benda yang berbentuk kotak atau segitiga.

b. Ukuran Benda

Benda ada yang berukuran besar atau kecil. Ukuran suatu benda sanggup memengaruhi gerakannya. Bola sepak berukuran lebih besar daripada bola pingpong. Bola pingpong lebih kecil daripada bola sepak. Bola pingpong juga lebih ringan daripada bola sepak.

Jadi, benda yang berukuran kecil dan ringan lebih gampang bergerak atau digerakkan daripada benda berukuran besar dan berat.

c. Permukaan Benda

Permukaan benda ada yang bernafsu dan yang halus. Jenis permukaan suatu benda sanggup memengaruhi gerak benda tersebut.

Benda yang permukaannya halus lebih gampang bergerak daripada benda yang permukaannya kasar. Karena benda yang permukaanya bernafsu gaya geseknya lebih besar daripada benda yang permukaannya lebih halus.

Bentuk permukaan benda menghipnotis gerakan benda. Semakin bernafsu permukaan benda, semakin sulit benda itu menggelinding, begitu pula sebaliknya.

Gesekan yang besar antara benda dengan permukaan akan mengakibatkan gerak benda lebih lambat. Contoh ialah sepeda di jalan yang beraspal lebih gampang bergerak dibanding dijalan yang berbatu.

Benda yang permukaannya lebih luas akan jatuh lebih lambat dibanding benda yang permukaannya sempit.

Kecepatan jatuh benda sanggup berbeda walaupun terbuat dari materi yang sama dan bobot yang sama pula. Hal ini terjadi sebab luas permukaan benda yang bergesekan dengan udara berbeda.

Jenis-Jenis Gerak Benda

Gerak benda sanggup bermacam-macam. Benda sanggup bergerak menggelinding, bergeser, meluncur, berputar, memantul , jatuh, karam dan terapung, dan mengalir.

  • Menggelinding, menggelinding ialah bergerak dengan cara berputar sambil berpindah. Contoh benda yang sanggup menggelinding ialah bola dan kelereng, kerena mempunyai bentuk yang bulat.
  • Bergeser, bergeser artinya berpindah dari daerah yang semula. Benda yang bergerak bergeser antara lain lemari, meja, dan dingklik yang ditarik atau didorong.
  • Meluncur, melaksanakan gerakan meluncur turun, contohnya orang bermain ski gunung.
  • Berputar, benda melaksanakan gerakan berpusing atau berganti arah/berputar. Benda umumnya berputar pada porosnya. Perputaran yang  makin cepat sanggup mengakibatkan energi yang semakin. Contohnya ialah gasing dan kincir angin.
  • Memantul, memantul ialah gerak berbalik arah suatu benda yang lentur yang mengenai benda keras. Benda yang sanggup memantul antara lain: bola tenis, bola sepak, bola basket dll. Benda yang merupakan bidang pantul yang jelek yaitu kapas, busa, kasur dan air.
  • Jatuh, benda niscaya bergerak ke bawah yang disebut jatuh. Pada benda yang jatuh, kedudukan benda berudah letaknya dari atas ke bawah. Contohnya ialah buah kelapa yang lepas dari tangkainya.
  • Mengalir, benda cair bergerak dari daerah yang tinggi ke tempak yang lebih rendah. Gerakan semua benda cair ibarat gerak air disebut mengalir. Contohnya ialah pedoman air sungai. Gerak benda yang mengalir sanggup dimanfaatkan, salah satunya ialah arum jeram.
  • Tenggelam dan terapung, Ada tiga kemungkinan ketika memasukkan benda ke dalam air, yaitu karam (benda yang dikatakan karam ketika berat benda lebih besar dari gaya apungnya), terapung (benda dikatakan terapung ketika berat benda lebih kecil dari gaya apungnya) dan melayang (benda dikatakan melayang ketika berat benda sama dengan gaya apungnya).


Kegunaan Gerak Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat matahari bersinar terik, udara sangat panas. Badan kau niscaya terasa gerah dan berkeringat.  Saat udara terasa panas, biasanya orang memerlukan kipas angin. Aliran udara yang dihasilkan sanggup menciptakan tubuh kita terasa sejuk.

Aliran udara itu dihasilkan oleh putaran baling-baling kipas. Jadi, gerak baling-baling kipas sanggup menciptakan udara terasa sejuk.

Itulah salah satu pola kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai gerak benda sanggup dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Pemanfaatan gerak benda sanggup mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Berikut ini contohnya:
  • Memperpendek jarak tempat; dengan mengendarai kendaraan beroda empat atau kendaraan lainnya, jarak yang jauh terasa lebih dekat. Gerak roda kendaraan sanggup mengantarkan pengendara atau penumpang lainnya ke daerah tujuan lebih cepat daripada jalan kaki
  • Memudahkan pekerjaan; perhatikan peralatan yang ada di rumahmu. Ada kipas angin, jam dinding, mesin cuci, blender dan dingklik roda. Alat-alat itu memakai gerak roda berputar. Alat-alat itu sanggup mempermudah pekerjaan manusia. Dengan adanya mesin basuh seorang ibu tidak perlu mencuci memakai tangan lagi, cukup dengan menekan tombol yang tersambung ke listrik, mesin basuh bergerak sendiri mencuci pakaian kotor.
  • Memudahkan memindahkan benda yang berat; bertahun-tahun kemudian orang telah memakai roda untuk memindahkan benda yang berukuran berat. Semula roda dibuat dari kayu gelondongan. Setelah itu roda dibuat dari kayu atau kerikil yang dibuat bundar, hingga kesudahannya berbentuk ibarat kini ini, roda diberi ruji-ruji dan ban berisi udara supaya ringan dan tetap kuat.



Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Gerak Benda, Jenis Dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel