iklan

√ Fakta Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua Di Dunia

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika. Sungai ini sering disinggung dalam anutan Islam maupun Nasrani. Dalam anutan agama, Sungai Nil merupakan saksi bisu cerita Nabi Musa yang dihanyutkan oleh ibundanya di sungai tersebut menurut perintah Allah. Nabi Musa yang masih bayi alhasil ditemukan oleh salah satu Permaisuri Firaun dan diasuh dengan baik.


Selain itu, di dalam Bibel juga terdapat cerita Sungai Nil yang terkena tulah alasannya marah Tuhan terhadap Firaun. Sungai Nil diubah menjadi darah sehingga ikan-ikan di dalamnya mati dan Bangsa Mesir tidak sanggup meminum air dari sungai tersebut.


Namun, kali ini kita tidak akan membahas sejarah Sungai Nil, melainkan Bacaterus akan mengajak Anda membahas fakta dan misteri Sungai Nil, sungai terpanjang kedua di dunia sehabis Sungai Amazon. Yuk, pribadi simak pembahasannya berikut ini.


Asal-usul Sungai Nil


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Sebelum membahas seputar misteri Sungai Nil secara lebih dalam, kita akan membahas wacana asal-usul Sungai Nil terlebih dahulu. Memiliki panjang 6.853 KM, Anda niscaya bertanya-tanya bagaimana sungai ini sanggup terbentuk. Mata air Sungai Nil berasal dari Rwanda dan Burundi. Mata air tersebut mengalir ke Sungai Nil menyeberangi Afrika kemudian bermuara di Laut Mediterania.


Sungai yang sangat besar lengan berkuasa terhadap peradaban ini melewati beberapa negara. Hanya 22 persen dari Sungai Nil saja yang melewati mesir. Sisanya, sungai ini juga melalui Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda, dan Tanzania.


Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Piramida


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Piramida ialah salah satu tujuh keajaiban dunia yang menjadi kebanggan bagi Mesir. Di era modern menyerupai ini, Piramida diketahui sebagai makam bagi Raja-raja Mesir. Namun, banyak dugaan kalau piramida dibangun sebagai daerah pemujaan dan daerah penyimpanan bahan-bahan pangan untuk menghadapi masa paceklik.


Fakta lain seputar Sungai Nil adalah, sungai ini mempunyai tugas penting dalam pembangunan piramida. Blok-blok watu yang dipakai untuk membangun piramida ternyata diangkut melalui Sungai Nil. Jalur pengangkutan melalui Sungai Nil ini dimanfaatkan untuk menghemat waktu sehingga proses pembangunan piramida berjalan lebih cepat.


Ada Predator Mematikan di Sungai Nil


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Fakta sekaligus misteri Sungai Nil yang satu ini niscaya menciptakan Anda ngeri untuk tiba atau sekedar duduk-duduk santai di tepi Sungai Nil. Sungai ini dihuni oleh salah satu predator besar yang mematikan, yaitu Buaya Sungai Nil. Buaya Nil merupakan spesies buaya terbesar kedua di dunia.


Makanan utama bagi Buaya Nil ialah ikan-ikan yang ada di dalam sungai. Akan tetapi, buaya jenis ini juga tidak segan-segan berburu binatang lain yang ukuran tubuhnya lebih besar dari mereka. Sebagai contoh, setiap demam isu tertentu, kawanan banteng akan berpindah dari satu daerah ke daerah lain yang rumputnya lebih subur. Perpindahan kawanan banteng ini harus melalui Sungai Nil.


Ketika rombongan banteng-banteng tersebut mulai menyeberangi Sungai Nil, buaya-buaya di Sungai Nil akan pribadi menyergap mereka. Setidaknya, niscaya ada beberapa ekor banteng yang mati jawaban serangan Buaya Nil.


Tak hanya banteng, Buaya Nil juga sanggup memangsa manusia. Buaya jenis ini lebih suka berada di tepi sungai ketimbang di dalam air. Konon, buaya-buaya di Sungai Nil bertanggung jawab atas hilangnya 200 korban jiwa. Nah, masih berani bermain-main di tepi Sungai Nil atau justru mau berenang di dalamnya?


Dihuni Oleh Putri Duyung


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Apakah Anda percaya terhadap keberadaan putri duyung? Putri duyung memang masih menjadi legenda alasannya di zaman modern menyerupai itu belum ada gejala yang membuktikan bahwa keberadaan, mahluk setengah insan setengah ikan, tersebut benar-benar ada di bumi.


Salah satu misteri Sungai Nil yang hingga ketika ini masih sangat populer ialah mitos wacana keberadaan putri duyung di sungai tersebut. Para sejarawan yang hidup di kurun kedua dan ketiga hijriyyah menulis wacana keberadaan putri duyung yang dianggap sebagai binatang aneh di Sungai Nil.


Orang-orang Mesir menyebut putri duyung sebagai Syaikhul Bahr (Penjaga Sungai Nil). Masyarakat ketika itu mempunyai anggapan bahwa kemunculan putri duyung ialah membuktikan akan terjadinya bencana, kekeringan, dan kematian.


Habitat Ikan-ikan Monster


Ikan monster ialah ikan dengan ukuran dan bentuk yang tidak lazim. Jenis ikan monster mempunyai tampilan yang sangat mengerikan sehingga disebut sebagai monster. Misteri Sungai Nil di era modern menyerupai ini ialah keberadaan ikan-ikan monster yang hidup di dasar sungai.


Penasaran dengan jenis ikan monster yang hidup di Sungai Nil? Berikut ialah beberapa ikan monster yang sanggup ditemukan di sungai terpanjang kedua di dunia ini:



  • Vundu Catfish


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Kalau dilihat-lihat, Vundu Catfish ini memang nampak menyerupai ikan lele dengan ukuran puluhan kali lipat lebih besar. Ikan yang beratnya sekitar 121 pon ini mempunyai panjang lima kaki. Untuk membawa satu ekor vundu catfish berukuran jumbo butuh 3-4 orang dewasa.


Ikan raksasa yang hidup di Sungai Nil ini dikenal aktif pada malam hari. Makanan utama dari ikan ini ialah ikan-ikan kecil yang berada di dalam sungai. Vundu catfish bernafas dengan insang, tetapi sanggup bertahan hidup untuk jangka waktu yang usang di permukaan air.


Para nelayan sangat suka menangkap ikan yang sanggup hidup hingga 12 tahun ini karena ukurannya yang sangat besar dan sanggup laris dengan harga yang cukup mahal.



  • African Tigerfish


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Ikan Macan Afrika (African Tigerfish) akan mengingatkan Anda kepada ikan piranha. Ya, ikan yang satu ini memang berukuran kecil, tetapi mereka mempunyai rahang yang kuat dan gigi yang tajam untuk mengoyak mangsanya. Jadi, walaupun ukurannya mini, African Tigerfish termasuk salah satu predator di dalam Sungai Nil.


Beberapa di antara ikan ini sanggup bertumbuh lebih besar dengan panjang 41 inci dan berat 62 pon. Jangan coba-coba mendekati ikan ini kalau tidak ingin salah satu anggota badan Anda terluka atau justru hilang.



  • Nile Perch


 merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika √ Fakta  Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


Yang satu ini ialah ikan kakap dengan ukuran yang sangat tidak lazim. Nile Perch ialah ikan sejenis kakap yang ukurannya berpuluh-puluh kali lipat lebih besar dibandingkan ikan kakap yang berukuran normal. Salah satu ikan air tawar terbesar di dunia ini sanggup mempunyai panjang hingga 2 meter dan berat hingga 200 kilogram.


Nile Perch termasuk salah satu predator yang bergairah dan kanibal, mereka tak segan untuk memangsa spesiesnya sendiri kalau tidak ada binatang lain untuk disantap.


Itulah bermacam-macam fakta dan misteri Sungai Nil yang paling terkenal. Sama menyerupai Sungai Amazon, Sungai Nil juga dihuni beberapa binatang yang berbahaya. Bukan hanya di dalam sungai saja, ancaman dari binatang berbahaya juga sanggup Anda temukan di sekitar Sungai Nil, mulai dari Ular Mamba Hitam, Kobra Mesir, Kuda Nil, Nyamuk Malaria, dan masih banyak lagi.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Fakta Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel