iklan

Cara Merawat Aglaonema Lipstik Supaya Tumbuh Subur


Siapa yang tidak tertarik dengan tumbuhan Aglaonema lipstik ini Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur




Siapa yang tidak tertarik dengan tumbuhan Aglaonema lipstik ini? Tumbuhan hias jenis daun-daunan ini populer dengan tampilannya yang manis dan memesona. Jika kita tahu cara merawat Aglaonema lipstik semoga tumbuh subur, maka tumbuhan kita akan bertumbuh dengan baik.





Ciri khas yang sanggup kita lihat dari tumbuhan Aglaonema ini yakni daunnya yang mempunyai dua warna dalam satu daun. Sedangkan untuk aglaonema lipstik, perpaduan warnanya mencakup warna hijau di bab tengah daunnya, sedangkan bab pinggirnya berwarna merah terang.





Itulah alasan mengapa tumbuhan ini dijuluki dengan nama Aglaonema lipstik. Sementara itu, masyarakat Indonesia secara umum menyebut daun-daunan ini dengan nama pohon Sri Rejeki atau Ratu tumbuhan lantaran bentuknya yang anggun.





Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur





Jika dirawat dengan baik dan benar, Aglaonema lipstik tidak hanya menampilkan variasi warna daun yang cemerlang, namun juga komposisi daunnya yang tertata rapi layaknya disusun oleh manusia.





Meskipun cara perawatannya gampang menyerupai cara merawat bunga pengecap mertua, namun beberapa trik khusus akan menciptakan tumbuhan Anda lebih berkilau. Langsung saja ketahui cara merawat Aglaonema lipstik semoga tumbuh subur pada tips dan trik berikut ini





  • Sediakan media tanam yang tepat




Media tanam yang pas untuk Aglaonema lipstik yakni media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6 – 7. Sebagai campurannya, Anda sanggup menggunakan kompos daun yang sanggup dibentuk sendiri dengan cara menciptakan pupuk kompos dari sampah organikdan juga pasir. Komposisinya yakni 3 : 1.





Karena umumnya Aglaonema lipstik ditanam di pot, maka pertama-tama susunlah kerikil bata atau belahan genting di dasar pot. Kemudian isi dengan media tanam yang sudah kita persiapakan tadi.





  • Intensitas penyiraman




Aglaonema lipstik tidak menyukai media tanam yang telalu berair atau juga terlalu kering. Oleh lantaran itu, kita harus memperhatikan intensitas penyiramannya. Lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan media tanam.





Usahakan air yang Anda pakai untuk menyiram Aglaonema lipstik yakni air higienis yang bebas dari kaporit.





  • Pemupukan Aglaonema




Pemupukan yang ideal sanggup Anda berikan dalam kurun waktu tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk khusus tumbuhan hias jenis daun-daunan. Jika tidak yakin dengan pupuk pilihan Anda, maka Anda sanggup bertanya pada penjual pupuk atau orang yang lebih berkompeten.





Adapun pupuk alami sanggup Anda berikan dari air cucian beras. Cara pengolahannya sanggup dibaca di cara menciptakan pupuk cair dari air cucian beras. Kocorkan pupuk tersebut pada media tanamnya dan bukan pada daun atau batang tanaman.










  • Penempatan Aglaonema




Seperti halnya cara merawat bunga jemani dan tumbuhan hias jenis daun-daunan lainnya, Aglaonema pun kurang menyukai pancaran sinar matahari yang teralu banyak. Letakkan pot pada kawasan yang teduh atau terlindung dari pancaran sinar matahari.





Anda sanggup meletakkannya di teras rumah, atau di dalam ruangan yang akrab dengan kanal cahaya serta bersirkulasi udara lancar.





  • Merawat daun Aglaonema




Siapa yang tidak tertarik dengan tumbuhan Aglaonema lipstik ini Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur




Fokus keindahan dari tumbuhan ini yakni pada daunnya. Maka kita pun wajib merawat daun-daun aglaonema semoga tampil mengkilat, cantik, dan sempurna. Untuk mengkilapkan daun Aglaonema kita perlu melaksanakan langkah-langkah berikut ini.





1. Persiapan alat dan bahan:





  • Spons halus
  • Susu bubuk
  • Ampas kelapa
  • Air




2. Cara kerja:





  • Melapisi daun Aglaonema dengan air: Cukup basahi spons dengan air bersih, jikalau ada air sumur maka pakailah air sumu tersebut. Lap suluruh bab daun dengan menggunkan spons berair tersebut, maka daun Aglaonema pun terlihat higienis dan mengkilat.
  • Melapisi daun Aglaonema dengan susu: Campuran air dan susu debu juga sangat baik untuk melapisi daun Aglaonema. Cukup celupkan spons pada larutan susu tersebut, dan Anda akan mendapati daun-daun Aglaonema tumbuh subur.
  • Namun yang perlu diperhatikan adalah, tambahkan pula fungisida pada tanama ketika Anda melapisi daun Aglaonema dengan susu. Sisa-sisa susu tersebut biasanya akan mengundang bakteri.
  • Melapisi daun dengan ampas kelapa: Sama menyerupai kedua cara di atas, mengolesi daun Aglaonema dengan ampas kelapa juga akan menciptakan daun-daunnya mengkilat dan subur.




Cara Menanam Aglaonema Lipstik





Aglaonema lipstik sanggup dikembangbiakkan dengan aneka macam cara. Yaitu melalui bijinya atau cara generatif dan juga melalui stek, anakan, dan juga cangkokan yang kita kenal dengan istilah vegetatif. Kami akan membahasnya satu persatu untuk Anda.





  • Menanam Aglaonema lipstik dari bijinya




Untuk mendapatkan tunas gres dari bijinya, maka Anda wajib menentukan biji Aglaonema lipstik yang berasal dari tumbuhan yang sudah cukup tua. Rendam biji tersebut sekitar 2 – 3 jam untuk mempercepat proses perkecambahannya.





  • Menanam Aglaonema dengan stek




Siapa yang tidak tertarik dengan tumbuhan Aglaonema lipstik ini Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur




Menanam Aglaonema dengan stek tentu mempunyai teknik berbeda dengan cara menanam kenikir dengan stek. Ambillah pucuk indukan Aglaonema yang sudah cukup bau tanah dan kokoh. Sisakan setidaknya 5 lembar daun semoga sang indukan pun tetap bertahan hidup.





Tanam pucuk indukan tersebut pada media tanam yang sudah disediakan, letakkan pada kawasan yang teduh. Kelemahan dari teknik ini adalah, indukan yang dipotong pucuknya akan tumbuh secara bercabang.










  • Menanam Aglaonema dengan cangkok




Sama menyerupai cara mencangkok pohon mangga harum manis, menanam Aglaonema lipstik dengan sistem cangkok membutuhkan kejelihan untuk mendapatkan tanman gres yang tidak kalah manis dari indukannya. Cara mencangkok Aglaonema lipstik yakni sebagai berikut:





  1. Pilih indukan yang kokoh dan batangnya telah berwarna cokelat. Daun pada batang ini bisanya telah rontok dengan sendirinya atau rontok ketika mendapatkan sedikit sentuhan.
  2. Kupas batang pohon sampai terlihat bab putihnya
  3. Lapisi batang yang terkelupas tadi dengan sekam, pasir malang, humus, serta pakis dengan komposisi 1 : 5 : 2 : 2.
  4. Tutup dengan plastik yang sidah diberi lubang sirkulasi udara.
  5. Semprot plastik inidua kali sehari sampai 3 – 4 ahad atau tumbuhan Aglaonema gres talah siap.




  • Menanam Aglaonema lipstik melalui ankannya




Anakan yang sudah sanggup diambil untuk ditanam kembali yakni anakan yang sudah mempunyai daun mekar atau tidak lagi tergulung. Potong pada bab akar sambungnya dan tancapkan anakan tersebut pada media tanam yang baru.





Itulah cara merawat Aglaonema lipstik dan sedikit cara perkembangbiakannya, semoga memberi ilham bagi para pembaca sekalian.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Aglaonema Lipstik Supaya Tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel