iklan

Cara Memperbaiki Port Usb Tidak Berfungsi Yang Ampuh


Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eskternal di colok kadang kala Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal mengalami masalah, yakni tidak terbaca di Laptop/Komputer.





Hal ini biasanya dikarenakan ada kerusakan pada internal (bukan perangkat-nya) Hardisk Eksternal/Flashdisk yang menciptakan tidak terbaca di Laptop.





Jika Flashdisk/Hardisk Eksternal tidak terbaca, janganlah panik terlebih dahulu apalagi dibuang lantaran Flashdisk/Hardisk External yang rusak tidak terbaca sanggup diperbaiki jikalau kerusakan tersebut tidak parah dan kerusakan tersebut yaitu keruskaan internal.





Jika Hardisk External tidak terbaca sanggup mengikuti: Cara Memperbaiki Hardisk External tidak terbaca minta format.





Sedangkan untuk memperbaiki Flashdisk tidak terbaca sanggup mengikuti: Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak terbaca yang Ampuh.





Jika sudah mengikuti tutorial tersebut namun masih tidak terbaca kemungkinan kerusakan tersebut bukan terjadi pada internal melainkan dari salah satu komponen yang ada di Laptop/komputer, yakni Port USB.





Port USB (lubang) di laptop/komputer salah satu komponen yang penting untuk menyambungkan perangkat eksternal ke dalam laptop/komputer menyerupai LAN untuk internetan, Mouse, Keyboard External, Hardisk Eksternal, Flashdisk, Memory Card, dsb.





Untuk itu jikalau port usb tidak berfungsi dengan baik maka komponen eksternal tidak akan sanggup terbaca di Laptop/Komputer.





Memperbaiki kerusakan port usb tidak berfungsi sanggup dilakukan jikalau kerusakan tersebut tidak parah dan bukan terjadi pada perangkatnya.





Untuk langkah awal jikalau mengalami port usb tidak berfungsi, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu internal-nya apakah memang terjadi kesalahan internal atau kerusakan hardware (perangkatnya).





Untuk mengecek dan memperbaiki port usb tidak berfungsi internal berikut ini caranya:





Pindahkan komponen eksternal ke port USB lain





Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eskternal di colok kadang Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi yang Ampuh




Untuk mengecek apakah port usb tidak berfungsi lantaran perangkatnya cobalah mencoba untuk memindahkan komponen eksternal (flashdisk, Hardisk Eksternal, dsb) ke port USB (lubang) lain.





Jika sanggup artinya USB port yang tidak sanggup tersebut, kemungkinan perangkatnya sudah renta ataupun sudah rusak. Namun sebaliknya jikalau masih tidak sanggup juga cobalah cek settingan BIOS.





Cek Settingan USB di BIOS





Mungkin saja tidak sengaja ataupun sengaja pernah mengubah settingan usb di bios. Untuk masuk ke BIOS, saat sedang menghidupkan laptop/komputer dengan kedaaan layar hitam, segeralah untuk menekan Del atau F2 di keyboard secara terus menerus sebelum proses booting.





Setelah itu, cari konfugrasi dibagian PORT USB dan ubah menjadi Enable, jikalau masih resah dan kesulitan dalam hal ini, coba lakukan default setting pada BIOS.





Scan Antivirus





Jika ternyata sudah enable di BIOS,  dan masih tetap tidak sanggup cobalah untuk scan Komputer/Laptop mungkin saja ada virus yang sanggup mematikan port USB semoga tidak sanggup memasukan perangkat Eksternal.





Masih tidak bisa?





Cek Driver USB





Jika masih tidak sanggup juga mungkin saja driver USB di Laptop/Komputer mengalami kerusakan atau mungkin disebabkan lantaran virus, untuk mengecek driver USB berikut ini caranya:





Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eskternal di colok kadang Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi yang Ampuh




  1. Tekan tombol logo windows+R
  2. Setelah itu ketik perintah: mmc devmgmt.msc




Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eskternal di colok kadang Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi yang Ampuh




  1. Cari potongan goresan pena “Universal Serial Bus Controller” kemudian klik kanan pada goresan pena tersebut
  2. Setelah itu pilih “Sacn for Hardware Change”
  3. Restart Laptop




Masih tidak bisa? Buka Device Manager lagi menyerupai yang dilakukan di atas, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:





  1. Tekan tombol logo di keyboard windows+R
  2. Lalu ketik perintah: mmc devmgmt.msc
  3. Klik simbol “>” atau “+”
  4. Setelah itu lihat apakah ada tanda seru kuning atau tidak. Jika ada, klik kanan dan uninstall semua tanda yang berwarna kuning tersebut
  5. Restart Komputer/Laptop nanti akan terdeteksi sendiri Hardware-nya




Jika masih mengalami masalah langkah terakhir yang sanggup dilakukan yaitu dengan mengecek driver kembali dengan driver pack solution.





  1. Install Driver pack solution
  2. Setelah itu scan Driver USB




Masih tidak bisa? Mungkin memang benar Perangkat Port USB yang tidak berfungsi bukan dari internalnya.





Itulah bagaimana cara memperbaiki port usb tidak berfungsi yang sanggup diterapkan untuk pinjaman pertama jikalau kerusakan tidak terlalu parah.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Port Usb Tidak Berfungsi Yang Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel