iklan

√ 7 Daerah Menakutkan Di Nganjuk Jawa Timur Yang Menyeramkan

Bukan hanya Indramayu, tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah-kisah mistis yang bikin bulu kuduk Anda merinding. Kisah-kisah mistik yang ada di beberapa tempat di Nganjuk ini juga terbilang terkenal untuk masyrakat sekitar Nganjuk.


Bahkan, ada juga tempat yang mempunyai beberapa pantangan kalau Anda mengunjungi salah satu tempat angker di Nganjuk ini. Nah, kalau Anda ingin tau dengan beberapa tempat angker di Nganjuk, Bacaterus sudah berhasil merangkumnya untuk Anda. Berikut paparan mengenai tempat-tempat angker di Nganjuk Jawa Timur yang paling terkenal dan menyeramkan.


7 Tempat Angker di Nganjuk


1. Jembatan Karangsemi


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Jika Indramayu terkenal dengan tempat angkernya, Jembatan Eretan dan Jembatan Sewo, maka Nganjuk ini punya tempat angker yang sangat terkenal dengan penghuni kuntilanaknya, yakni Jembatan Karangsemi. Jembatan ini merupakan penghubung antara Desa Karangsemi dan Desa Demangan, Kabupaten Nganjuk.


Sekilas, jembatan ini nampak kokoh dan kuat, namun nyatanya, jembatan ini kerap kali ambruk dan rusak. Warga sekitar menyebutkan, bahwa Jembatan Karangsemi selalu rusak dan bahkan pernah mengalami ambruk sebanyak 2 kali dalam setahun tanpa karena apapun.


Padahal, setiap kali Jembatan Karangsemi ini ambruk atau mengalami kerusakan, warga setempat akan selalu bergerak cepat untuk memperbaikinya. Namun anehnya, selang beberapa bulan gres diperbaiki, jembatan itu akan mengalami kerusakan dan ambruk lagi.


Warga juga sempat menuturkan bahwa mereka sering melihat penampakan makhluk halus berwujud perempuan bagus dengan jubah putih yang selalu duduk di pagar pembatas jembatan. Hal inilah juga yang menciptakan para warga enggan untuk melaksanakan kegiatan di malam hari dan selalu menghindari jembatan ini pada hari sudah gelap.


Keangkeran Jembatan Karangsemi semakin menjadi ketika tahun 2016 silam seorang perempuan muda asal Nganjuk menentukan untuk mengakhiri nyawanya dengan melompat ke sungai yang ada di bawah Jembatan Karangsemi. Dikatakan, perempuan itu mengalami gangguan jiwa. Apapun itu, yang terang jembatan ini masih menyimpan banyak sekali macam misteri yang mengerikan.


2. Goa Ndalem


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Hollywood Nganjuk, begitulah julukan untuk goa yang indah dan sangat terkenal di Nganjuk ini. Disebut sebagai ‘Hollywood’ karena memang tempat wisata ini mempunyai goresan pena “Goa Ndalem” layaknya goresan pena “Hollywood” di luar negeri sana.


Sebenarnya, goa ini sudah sangat tidak asing untuk masyarakat Nganjuk, semenjak dulu. Hanya saja, pemerintah desa Kebonagung dan warga setempat, setuju untuk membuka Goa Ndalem sebagai salah satu destinasi wisata di tahun 2016.


Kalau orang luar Nganjuk sih melihatnya sangat indah dan menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan. Namun, pandangan berbeda yang ditujukan oleh masyarakat sekitar Goa Ndalem. Ya, ini ialah salah satu tempat angker di Nganjuk, bahkan Goa Ndalem ini merupakan tempat keramat lho.


Konon, Goa ini dulunya ialah padepokan yang dimiliki oleh keturunan ke-7 Raden Patah, Raden Ayu Kaji Siti Halimah. Padepokan dibentuk dengan tujuan untuk menggembleng murid-muridnya semoga menjadi langsung yang kuat dan baik. Selain itu juga, di sekitar Goa Ndalem masih ada goa lainnya, yakni Goa Topo, Goa Payung, Goa Kacur, dan Goa Macan. Penasaran ingin berkunjung ke sana?


3. Makam Tua Mbah Ngliman


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Makam Tua Mbah Ngliman ini juga menjadi salah satu spot angker yang ada di Nganjuk. Bagaimana tidak, konon katanya, makam yang dikeramatkan ini ialah tempat persemayaman Patih Agung Majapahit, Gajah Mada. Bahkan, hal tersebut sudah tercantum dalam Wewaler (pesan spiritual) yang sudah dijaga kerahasiaannya selama 650 tahun.


Misteri lainnya menyampaikan bahwa, kalau Wewaler tersebut diungkap sebelum waktunya maka akan terjadi peristiwa besar di pulau Jawa. Oh iya, ada juga yang mengungkapkan bahwa kata “Ngliman” ini diambil dari kata “Liman” yang diartikan sebagai “Gajah” dalam ilmu Gothak Gathuk Mathuk.


Itulah beberapa faktor yang menciptakan orang-orang percaya bahwa makam ini ialah makam Gajah Mada. Faktor lain juga diperkuat dengan adanya pohon Bodhi di sekitar makam. Artinya, orang yang dimakamkan di tempat tersebut bukanlah orang sembarangan dan orang yang sangat besar lengan berkuasa di zamannya.


Nah, kalau Anda mengunjungi Makam Mbah Ngliman ini, Anda akan masuk dengan menapaki beberapa anak tangga. Konon, setiap orang yang melewati tangga tersebut tidak akan pernah menghitung anak tangga dengan jumlah yang benar dan selalu mendapati jumlah yang berbeda-beda.


Di makam ini juga ada pantangan untuk tidak mengambil foto makam. Orang-orang sekitar percaya, kalau ada orang yang mengambil foto makam, maka orang tersebut akan mendapat petaka. Wah, cukup mengerikan, ya?


4. Candi Ngetos


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Nganjuk memang tidak lepas dengan yang namanya sejarah dari kerajaan Majapahit. Pun begitu dengan Candi Ngetos yang dipercaya sebagai tempat dimakamkannya Hayam Wuruk. Sejumlah mitos dan dongeng mistis pun tersebar luas di kalangan masyarakat sekitar.


Nah, kalau memang Anda ingin tau berkunjung ke candi yang dijadikan tempat wisata ini, Anda sanggup mendatangi Desa Ngetos. Oh iya, nilai sejarah yang ada pada Candi Ngetos cukup kuat. Para hebat juga menemukan empat buah relief di candi ini. Sayangnya, hanya 1 relief yang masih bagus dan sisanya sudah hancur. Juga, ada dua arca yang ada di Candi Ngetos.


Menurut penuturan salah seorang pemerhati sejarah, pada candi tersebut ada sebuah pahatan menyerupai patung dengan motif Kalamakara yang sangat besar dan angker. Konon, bentuknya yang angker inilah akan mendatangkan kewibawaan dan menghindari malapetaka.


5. Air Terjun Sedudo


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Salah satu tempat angker di Nganjuk ini juga mempunyai pesona wisata yang indah dan menyejukan. Air Terjun Sedudo yang terletak di desa Ngliman ini mempunyai bermacam-macam mitos dan dongeng mistis yang dipercaya oleh sejumlah orang.


Pasalnya, Air Terjun Sedudo ini sudah dijadikan tempat untuk membersihkan benda-benda pusaka dan benda mistis, menyerupai keris, di waktu-waktu tertentu termasuk malam satu suro. Dan yang menarik, ritual pencucian benda pusaka ini sudah dilakukan dari zaman Majapahit.


Selain menjadi tempat ritual, orang-orang kerap kali mendatangi Air Terjun Sedudo untuk mandi yang dipercaya sebagai obat infinit muda. Bahkan, beberapa politikus juga dikabarkan pernah mendatangi lokasi ini untuk memperlancar jalannya pemilihan.


Terlepas dari semua itu, ada banyak pantangan yang harus dituruti oleh pengunjung. Dikatakan bahwa pengunjung tidak boleh mengambil apapun di sekitar air terjun, tidak boleh bertindak asusila, hingga dilarangnya membawa pulang shampoo dan sabun yang dibawa dari rumah.


Dan yang pastinya, pengunjung tidak boleh berkomentar hal-hal yang tidak penting. Berita terakhir dari Air Terjun Sedudo ini ialah peristiwa longsor yang menjadikan 3 orang tewas dan 9 orang mengalami luka berat.


6. Air Terjun Singokromo


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Masih di Desa Ngliman tepatnya di Kecamatan Sawahan, selain Air Terjun Sedudo, ada juga teladas yang memang masih sangat jarang diketahui banyak orang, Air Terjun Singokromo. Konon katanya, teladas yang berlokasi di kawasan lereng Gunung Wilis ini merupakan tempatnya para “singa kawin.”


Hal itulah yang menciptakan beberapa orang enggan mendatangi tempat angker ini. Selain itu, setiap malam bulan purnama, para warga sekitar kerap kali mengunjungi teladas dan mengambil airnya. Mereka percaya, air tersebut sanggup mengobati segala jenis penyakit.


Bukan hanya itu saja, Air Terjun Singkoromo juga terkenal dengan mitos “pencari jodoh.” Pasalnya, beberapa orang mempercayai bahwa mandi dengan teladas dari Singkromo akan segera dipertemukan dengan jodohnya. Penasaran ingin mengunjunginya?


7. Air Terjun Roro Kuning


 tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah √ 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan


Meski terkesan indah dengan pesona alam di Air Terjun Roro Kuning, namun nyatanya teladas yang berlokasi di lereng Gunung Wilis ini juga menyimpan banyak sekali misteri yang cukup menyeramkan. Asal-usul dari teladas ini berkisah dua orang putri raja berjulukan Roro Kuning (Dewi Sekartaji) dan Ruting (Dewi Kilisuci).


Pada masanya, mereka dinyatakan mengidap penyakit dan tidak ada yang sanggup menyembuhkan. Akhirnya, kedua putri raja itu mengembara ke hutan, naik-turun gunung, hingga bersinggah di lereng Gunung Wilis. Dalam persinggahannya, mereka bertemu dengan Resi Darmo yang juga orang sakti dan sanggup menyembuhkan penyakit mereka berdua.


Konon katanya, kedua putri raja itu juga sering mandi di air terjunnya. Maka dari itulah, teladas ini dinamakan dengan Air Terjun Roro Kuning. Terlepas dari legendanya, warga sekitar juga merasa merinding dengan kejadian-kejadian mistik yang ada di lokasi tersebut.


Di sekitar Air Terjun Roro Kuning ada sebuah patung Roro Kuning yang menjadi sentral angker di teladas itu. Diceritakan pada tengah malam, selalu ada keramaian di sekitar air terjun, padahal sangat sepi. Seringkali juga ada penampakan makhluk halus yang ada di patung Air Terjun Roro Kuning.


Di patung tersebut juga kerap kali muncul sosok bayangan perempuan cantik, warga percaya bahwa itu ialah arwah dari Roro Kuning. Yang anehnya lagi, di sungai Nganjuk kerap kali ditemukan selendang berwarna kuning yang menciptakan geger masyarakat sekitar.


Belum lagi peristiwa banjir yang pernah terjadi di Nganjuk. Bencana tersebut dipercaya akhir ulah Roro Kuning karena air banjirnya sulit surut. Maka dari itulah, warga setempat hingga mengadakan program ritual untuk menenangkan arwah Roro Kuning.


Itulah tadi 7 tempat angker di Nganjuk yang terkenal dan bahkan beberapa di antaranya dijadikan tempat wisata yang sangat populer. Bagaimana, Anda berminat untuk mengunjungi salah satunya? Atau Anda punya rekomendasi tempat angker di Nganjuk lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 7 Daerah Menakutkan Di Nganjuk Jawa Timur Yang Menyeramkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel