iklan

6 Rukun Iman Yang Wajib Diyakini Sepenuh Hati

 sedangkan berdasarkan istilah keyakinan merupakan mempercayai  6 Rukun Iman Yang Wajib Diyakini Sepenuh Hati

Iman berdasarkan bahasa yaitu kepercayaan, sedangkan berdasarkan istilah keyakinan merupakan mempercayai / meyakini dengan hati, mengucap dengan pengecap kemudian mengamalkannya dengan perbuatan. rukun artinya yaitu landasan/dasar. Berarti  ada 6 landasan/dasar dalam  islam, disebut dengan rukun iman. Seperti yang telah disebutkan di dalam Al-qur’an surat Annisa ayat 59 :

Yang Artinya adalah: “Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah rasul Nya, dan ulil amri diantara kamu. kemudian jikalau kau berlainan pendapat wacana sesuatu, maka kembalilkanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya) jikalau kau benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih baik akibatnya.” (QS. An-Nisa’ :59).

Berikut ayoksunau.com melaskan 6 rukun keyakinan yang wajib diyakini sepenuh hati:

1) yang pertama yaitu Iman kepada Allah

Iman kepada Allah yaitu Rukun Iman yang paling utama yang menjadi dasar keimanan pada seseorang. Beriman kepada Allah berarti wajib mempercayai bahwa Allah itu ada, Dialah Yang Maha Esa, Dialah yang sudah membuat alam semesta dan juga isinya, Dia yang telah mematikan dan menghidupkan semua makhluk ciptaannya. Allah juga yang telah menciptan insan dengan yang paling indah, yang telah memberi rizki berlimpah sehingga kita masih sanggup mencicipi nikmat tersebut.

2) Iman kepada malaikat

Iman kepada malaikat berarti kita wajib (harus) meyakini bahwa malaikat merupakan makhluk yang Allah ciptakan dari pada Nur atau (cahaya) dan boleh berupa banyak sekali bentuk, malaikat tidak sama dengan insan dan juga tidak bersifat menyerupai sifatnya  manusia. Malaikat bukan pria dan juga bukan perempuan. Dalam menjalankan tugasnya Malaikat sangatlah patuh serta taat terhadap perintah Allah

3) Iman kepada Rasul-Rasul Allah

Beriman kepada Rasul-rasul Allah berarti wajib meyakini dan juga percaya bahwa Allah swt telah mengutus para Rasul dan juga para nabi kepada insan muka bumi ini untuk memeperingatkan insan dan membawa insan ke jalan yang lurus atau benar supaya kita sanggup hidup senang didunia serta diakhirat. Dan kita wajib percaya bahwa jumlah Nabi yang diangkat menjadi rasul hanya berjumlah 25 orang.

4) Iman kepada kitab-kitab Allah

Beriman kepada kitab-kitab Allah berrati kita harus meyakini dan juga percaya bahwa Allah telah menurunkan wahyu (kitab suci) melalui malaikat jibril kemudian disampaikan ke para nabi untuk disampaikan kepada ummat yang berisi wacana petunjuk dan juga fatwa bagi umat islam. Yang dengan kitab yang diturunkan tersebut kita tidak akan tersesat selama-laamanya. Yaitu kitab suci Al-qur’an bagi kita umat nya Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kitab yang Allah turunkan ada 4 yaitu:

  • yang pertama Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS
  • yang kedua Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS
  • yang ketiga Alkitab diturunkan kepada Nabi Musa AS
  • yang keempatAl-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

 

Dari keempat kitab tersebut, kitab fatwa umat Nabi Muhammad SAW hanyalah satu yaitu Al-qur’an. dengan kitab tersebut kita tidak akan tersesat selama-lamanya.Tidak ada kitab lain, alasannya yaitu kitab injil, taurat, zabursemua itu telah dimensohkan ke dalam al-Qur’an.

5) Iman kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari selesai zaman berarti meyakini dan juga percaya bahwa hari selesai zaman itu niscaya akan datang. pada hari itu semua insan akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk memertimbangkan amalan-amalan atau perbuatan yang pernah ia lakukan didunia. Kaprikornus juga  didunia ia mengerjakan semua perintah Allah dan juga menjauhi segala larangannya maka ia akan memasuki syurga jannatun na’im. Namun, Sebaliknya apabila didunia ia tidak pernah mengerjakan perintah Allah maka neraka siapmenunggu mereka. Nauzubillah

6) Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk)

Iman kepada qada dan qadar berarti meyakini dan juga percaya bahwa semua yang berlaku dalam alam ini semuanya ketentuan dan juga ketetapan Allah SWT. Ini Artinya kita wajib untuk mengimani bahwa segala yang telah Allah Takdirkan, apakah itu kejadiannya baik ataupun jelek maka itu semua  sudah ketentuan dari Allah SWT.  Karena Allah mengetahui segala  insiden yang  sudah terjadi, yang sedang terjadi, dan juga yang belum terjadi, serta semua insiden yang tidak akah terjadi seandainya terjadi maka Allah mengetahuinya bagaimana itu terjadi. Wallahu A’lam Bissawab…

 

Demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai 6 Rukun Iman Yang Wajib Diyakini Sepenuh Hati, agar sanggup menambah keimanan anda, amin,,,

baca juga artikel dibawah ini;


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Rukun Iman Yang Wajib Diyakini Sepenuh Hati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel