iklan

Tips Menyusun Skripsi

Sama halnya dengan masa Sekolah Menengan Atas yang dipuncaki dengan Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah, maka jenjang kuliah akan berakhir dengan penyelesaian kiprah final yaitu skripsi. Tidak sedikit mahasiswa yang harus memperpanjang masa pendidikan mereka alasannya yaitu belum menuntaskan skripsi. Apakah Anda termasuk salah satu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Jika iya, maka Anda wajib menyimak ulasan ini sampai selesai.

Tips Menyusun Skripsi

Sama halnya dengan masa Sekolah Menengan Atas yang dipuncaki dengan Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah Tips Menyusun Skripsi

Sumber: http://image-serve.hipwee.com/

Sudah menjadi diam-diam umum bahwa menyusun skripsi itu dapat lebih sulit dibandingkan dengan Ujian Nasional. Memang tidak semua mahasiswa/i merasa kesulitan dalam menuntaskan skripsinya, namun secara garis besar skripsi telah menjadi momok bagi setiap mahasiswa/i tingkat akhir. Nah untuk sedikit meringankan beban untuk Anda yang sedang atau akan mengerjakan skripsi, berikut ini yaitu beberapa tips menyusun skripsi :

  1. Siapkan Segala yang Diperlukan Lebih Awal

Sebagai mahasiswa/i tingkat final tentu sebelum memasuki masa pengerjaan skripsi, Anda akan dihadapkan dengan aneka macam hal untuk persiapan. Sebagai langkah awal sebaiknya 1 atau 2 semester sebelumnya Anda harus sudah memulai persiapan ini. Jangan memulai persiapan ketika Anda memasuki semester final atau Anda akan merasa menyerupai dikejar-kejar oleh waktu.

Persiapan lebih awal yang dapat dilakukan menyerupai mencari topik atau judul yang akan diangkat. Lalu pelajari juga wacana aneka macam teknik penyusunan proposal dan pilih yang paling sesuai. Jika semua ini sudah dilakukan maka ketika penyusunan skripsi tiba, Anda tidak akan merasa terlalu tertekan.

  1. Buat Jadwal yang Tepat dan Patuhi

Dalam melaksanakan apapun, perencanaan dan disiplin yaitu hal yang penting termasuk dalam penyusunan skripsi. Jika Anda termasuk orang yang teratur pastinya agenda yang dibentuk tidak akan memunculkan persoalan apapun. Lain halnya kalau Anda tipikal orang yang sulit untuk menyusun acara dan mematuhinya, agenda yang sudah dibentuk pun dapat berantakan.

Jadi pastikan bahwa Anda akan menepati agenda yang telah dibentuk sebelumnya. beberapa agenda yang dapat Anda buat adalah, agenda bertemu dosen, agenda mencari data dan acuan sampai deadline penyerahan skripsi. Penyusunan agenda ini akan menciptakan Anda dapat menuntaskan skripsi sempurna waktu dan bahkan dapat lebih cepat.

  1. Aktif Dengan Dosen

Mengingat salah satu penghalang penyelesaian skripsi yaitu dosen pembimbing maka tidak ada salahnya untuk lebih intens bertemu dengan dosen. Pastikan setiap kali pertemuan berlangsung, skripsi Anda mengalami kemajuan yang baik. Pertemuan rutin dengan dosen juga dapat menciptakan dosen menyadari bahwa Anda benar-benar berusaha keras untuk menuntaskan skripsi.

  1. Cari Motivasi

Dalam melaksanakan apapun penting bagi Anda untuk mempunyai motivasi. Motivasi akan menciptakan Anda lebih semangat dalam mengerjakan skripsi. Ada banyak hal yang dapat Anda jadikan motivasi mulai dari liburan, membeli barang yang diinginkan sampai memajang foto-foto orang terkasih. Cara-cara ini dapat membangkitkan mood dan semangat Anda untuk terus melanjutkan usaha dalam menuntaskan skripsi.

  1. Kurangi Waktu Bermain dan Istirahat yang Cukup

Untuk dapat menuntaskan skripsi sempurna waktu, Anda wajib untuk mengurangi waktu bermain dan waktu luang yang terkadang terbuang sia-sia. Jika biasanya seminggu Anda menghabiskan waktu 3-4 kali untuk hangout bersama teman maka ketika menyusun skripsi Anda dapat mengurangi intensitasnya menjadi final pekan saja. Sebisa mungkin efektifkan waktu untuk skripsi dan kesampingkan hal-hal yang sekunder.

Namun, meski Anda mengurangi waktu bermain bukan berarti tidak beristirahat dengan cukup. Istrirahat yang cukup harus Anda lakukan dan dihentikan tidak. Pastikan badan dan fikiran Anda fresh setiap hari dengan mempunyai tidur yang cukup. Jangan lupakan juga untuk makan masakan sehat dan bergizi sebagai penunjang badan ketika mengerjakan skripsi. Ingat bahwa skripsi memang tidak terlihat menguras fisik Anda, tapi secara psikis skripsi menjadi penguras yang baik.

Nah supaya sukses dengan skripsinya..


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menyusun Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel