iklan

Sejarah Negara Malaysia Yang Belum Banyak Diketahui | Ayok Sinau

Sejarah Negara Malaysia – Setiap negara niscaya mempunyai dongeng dan sejarahnya masing-masing, tidak terkecuali negara Malaysia. Negara yang mayoritasnya beragama muslim ini mempunyai sejarah yang lika liku dan membuatnya bangun untuk merdeka. Malaysia ialah negara yang terdiri dari beberapa pulau dan menjadi negara berkembang ketika ini.

 Setiap negara niscaya mempunyai dongeng dan sejarahnya masing Sejarah Negara Malaysia Yang Belum Banyak Diketahui | Ayok Sinau

Seperti halnya negara lain yang pernah dijajah oleh bangsa Eropa, negara Malaysia pun juga mengalaminya. Pedihnya dijajah oleh bangsa lain menciptakan rakyat Malaysia bangun dan berjuang melawan kolonialisme. Hingga pada balasannya negara ini mencapai kemerdekaannya dan lepas dari segala penjajahan yang ada.

Negara yang terletak di tempat Asia Tenggara ini bermetamorfosis bordil ketika bangsa Eropa mulai berdagang melewati Selat Malaka. Ada banyak kerajaan yang berdiri pada kurun ke 4 dan berasal dari pelabuhan, menyerupai Lembah Bujangkau dan Langkasuka di Kedah, Pan Pan di Kelantanm dan Gangga Negara serta Beruas di Perak. Kesultanan Malaka didirikan pada kurun ke 5, dan kemakmuran ekonominya telah menarik perhatian para penjajah dari Inggris, Belanda, dan Portugis.

Pada tahun 1897, tentara Inggris mulai menghasut para raja di kerajaan Melayu. Karena perang saudara dan gangguan dari Cina, Inggris ditunjuk sebagai penyelesaian problem penduduk di Negeri Selat. Akhirnya ditandatanganilah perjanjian Pangkor yang melibatkan kekuasaan Inggris ke negeri Melayu menyerupai Selangor, Pahang, Perak, dan Negeri Sembilan.

Baca juga :

Borneo Utara Britania dahulunya ada di bawah kekuasaan Kesultanan Sulu dan digabungkan mejadi koloni Kerajaan Inggris ketika Sarawak menjadi milik keluarga Brooke. Karena penaklukan Jepang di Perang Dunia II serta kebangkitan komunis, upaya dan pertolongan untuk merdeka semakin kuat.

Ketika Inggris ingin membentuk Uni Malaya sehabis perang berakhir, masyarakat Melayu menentang serta menginginkan sistem nubie-Melayu. Kemudian balasannya Singapura melepaskan diri dari negara Malaysia dan membentuk negara sendiri menyerupai kini ini serta meminta sistem kewarganegaraan tunggal.

Setelah perang, komplotan gres diwujudkan pada tanggal 16 September 1964 di bawah nama Malaysia melalui penyatuan Persekutuan Malaya, Borneo Utara, Singapura, dan Sarawak. Kesultanan Brunei yang awalnya menyatakan ingin bergabung dengan Malaysia tiba-tiba mengurungkan niatnya lantaran bertentangan dengan sebagian masyarakat Brunei.

Awal terbentuknya Malaysia aneka macam problem yang terjadi. Contohnya saja Indonesia atau konfrontasi dan tuntutan Filipina terhadap Sabah. Selain itu Singapura melepaskan diri pada tahun 1965 dan terjadilah kerusuhan etnis di tahun 1969.

Sejarah Malaysia diatas mengingatkan kita, bahwa negara kita ini Indonesia juga pernah mengalami hal yang sama bahkan lebih pedih. Beratus-ratus tahun negara kita dijajah dan menciptakan semangat usaha selalu tumbuh.

Oleh alasannya ialah itu, kita yang kini ini sudah merdeka harus tahu bagaimana menjaga negeri kita tercinta ini semoga pihak gila tidak dapat masuk lagi untuk menjajah. Kita yang ketika ini sudah merdeka mempunyai kiprah untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat hidup dan pikiran yang selalu positif.

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah Negara Malaysia. kunjungi terus ayoksinau.com untuk gosip menarik lainnya.

Baca juga ulasannya lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Negara Malaysia Yang Belum Banyak Diketahui | Ayok Sinau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel