iklan

Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa Dan Manufaktur

Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur – AkuntansiLengkap | Mau tahu kan letak perbedaan dari ketiga jenis perusahaan ini ? ternyata perbedaannya hampir atau bahkan nyaris tidak ada kecuali, hanya produk persediaan yang terdapat pada jenis bidang perjuangan tersebut. Mari kita simak selengkapnya pada artikel ini.

 Mau tahu kan letak perbedaan dari ketiga jenis perusahaan ini  Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur

Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur


Perusahaan dagang memperoleh produk barang persediaan dari supplier dalam bentuk materi jadi untuk dijual kembali pada konsumen. Perusahaan dagang kegiatannya hanya melaksanakan penjualan kembali dengan tidak merubah baik bentuk  dan memperoleh keuntungan dari selisih penjualan. (Baca juga: siklus akuntansi perusahaan daganglaporan keuangan perusahaan dagang)

Perusahaan manufaktur memperoleh produk persediaan yang dibentuk dari materi mentah menjadi materi setengah jadi maupun barang jadi.  Bisa jadi perusahaan manufaktur mengolah materi baku untuk perusahaan lain. (Baca juga: laporan keuangan perusahaan manufaktur – laporan keuntungan rugi perusahaan manufaktur)

Perusahaan jasa tidak mempunyai persediaan barang dagang untuk dipasarkan sebab produk mereka bersifat tidak berwujud menyerupai perusahaan dagang atau manufaktur. Produk perusahaan jasa berupa hasil kasa mereka. (Baca juga: laporan perusahaan jasasiklus akuntansi perusahaan jasa)

Jadi untuk perbedaan ketiga jenis perusahaan ini secara spesifik hanya pada penggalan persediaan dan pembeliannya saja. Berikut ini yaitu citra perbedaan ketiga jenis perusahaan tersebut:

1. Perusahaan dagang

2. Perusahaan Manufaktur (Produksi)

  • Persediaan Bahan Pembantu
  • Persediaan Dalam Proses Produksi
  • Persediaan Barang Jadi
  • Pembelian

3. Perusahaan Jasa

  • Tidak Memiliki Persediaan
  • Pembelian pribadi di masukkan dalam akun Peralatan atau akun perlengkapan
  • Tidak ada Harga Pokok Penjualan (HPP)

Kemudian terkadang muncul pertanyaan, saat terdapat dua jenis perusahaan dalam satu administrasi contohnya perusahaan servis kendaraan (Bengkel) yang juga menjual suku cadang kendaraan.

Itu gampang saja, sanggup diatasi dengan cara berikut ini:

  • Masukkan apa yang menjadi penggalan dari perusahaan dagang ke perusahaan jasa tersebut
  • Gabungkan biaya yang timbul dan melaksanakan perhitungan Harga pokok penjualan
  • Dan untuk hasil dari jasa service mempunyai pos yang terpisah sehingga dalam perjuangan tersebut terdapat 2 penghasilan yaitu, hasil penjualan barang dan pendapatan jasa service.

Artikel ini dikutip dari banyak sekali sumber. Semoga artikel Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur ini sanggup menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi Juga Artikel Lainnya:

  1. Cari Tahu Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapan Lengkap Disini
  2. Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  3. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  4. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  5. Tujuan, Unsur dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa Dan Manufaktur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel