iklan

Pengertian Pendapatan “Revenue” Dan Definisi Dalam Akuntansi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian pendapatan secara umum ialah sejumlah uang yang diterima oleh seseorang ataupun tubuh sebagai akhir dari kegiatan usaha.

Lalu apakah pengertian pendapatan dalam bidang akuntansi ?

Pendapatan dalam dunia akuntansi/bisnis merupakan jumlah uang yang diperoleh atau diterima oleh perusahaan yang disebabkan oleh suatu aktivitas, pada umumnya akhir kegiatan penjualan baik produk ataupun jasa.

 secara umum ialah sejumlah uang yang diterima oleh seseorang ataupun tubuh sebagai akiba Pengertian pendapatan “Revenue” dan Definisi Dalam Akuntansi Menurut Para Ahli

Pentingkah pendapatan itu ?

Tentu penting dong !!

Eits tunggu dulu,

Sebelum menyimpulkan baca dulu pernyataan berikut ini,

Pagi penanam saham (investor) pendapatan tidak seberapa dianggap penting dibandingkan dengan keuntungan yang merupakan seluruh uang yang diterima sesudah dikurangi pengeluaran. Artinya sebesar apapun pendapatan jika pengeluarannya juga besar maka kemungkinan keuntungan yang dihasilkan akan sedikit lantaran dikurangi dengan pengeluaran yang banyak pula.

Indikasi keuntungan dan pendapatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan manapun, mengingat pertumbuhan pendapatan tentu akan menarik bagi investor untuk menanamkan sahamnya di perusahaan tersebut.

Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli


“Financial Accounting Standards Board (FASB)”

Menyatakan bahwa pendapatan merupakan arus masuk atau kenaikan pada nilai harga satuan perjuangan atau penghentian hutang-hutang atau kombinasi dari keduanya dalam satu periode yang diperoleh dari penyerahan/produksi barang-barang, penyerahan jasa dan pelaksanaan acara ekonomi lainnya.

Pendapatan berdasarkan jenis usahanya:

Tidak semua perusahaan sama dalam mengartikan suatu pendapatan dikarenakan perusahaan dibawah ini melaksanakan acara perjuangan yang berbeda-beda diantaranya:

  1. Perusahaan Industri

Perusahaan industri memperoleh pendapatan melalui hasil yang diperoleh akhir pengolahan atau memproduksi materi baku menjadi materi jadi yang kemudian dijual kepada para konsumen.

  1. Perusahaan dagang

Perusahaan dagang memperoleh pendapatan akhir hasil penjualan barang-barang dagang sesuai dengan harga beli barang dari pabrik (perusahaan industri) ditambah dengan keuntungan yang ditentukan.

  1. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa memperoleh pendapatan dari hasil memperlihatkan pelayanan jasa kepada konsumen dan memperoleh imbalan dari pelayanan yang diberikan.

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia

Pendapatan ialah arus masuk bruto yang muncul dari acara normal perusahaan dalam satu periode pembukuan yang menambah ekuitas (modal) yang bukan berasal dari imbas penanaman modal.

Menurut Kusnadi dalam buku “Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate): Prinsip, Prosedur, dan Metode“ (2000;9)

Pendapatan ialah penambahan sejumlah aktiva yang juga besar lengan berkuasa dengan bertambahnya modal melalui penjualan barang dagang maupun pelayanan jasa kepada pihak lain dan bukan berasal dari penyertaan penambahan modal dari investor.

Menurut Theodorus M Tuankotta dalam buku “Teori Akuntansi” (2000;152)

Pendapatan sanggup diartikan sebagai keuntungan yang diperoleh dari suatu perusahaan. Pada dasarnya pendapatan merupakan kenaikan keuntungan hasil dari proses arus penciptaan barang dan/atau jasa oleh perusahaan selama kurun waktu tertentu. Pendapatan pada umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (uang).

Jenis-Jenis Pendapatan


Pendapatan Operasi

Pendapatan operasi diperoleh dari dua seumber diantaranya:

1. Penjualan kotor merupakan penjualan sebagaimana umumnya (sesuai dengan yang tercantum di faktur) sebelum dikurangi return serta serpihan penjualan.

2. Penjualan bersih, penjualan kotor yang sudah dikurangi dengan return dan serpihan penjualan atau yang berkaitan dengan pengurangan penjualan lainnya.

Pendapatan non operasi

Pendapatan non operasi diperoleh dari dua sumber diantaranya:

1. Pendapatan sewa ialah sebuah pendapatan yang muncul akhir penyewaan aktiva perusahaan untuk perusahaan atau entitas lainnya.

2. Pendapatan bunga ialah suatu merupakan suatu pendapatan yang didapat atau diterima yang salah satunya penyebabnya ialah menyerupai telah meminjamkan uangnya kepada pihak lainnya.

Begitulah klarifikasi mengenai Pengertian pendapatan “Revenue” dan Definisi Dalam Akuntansi Menurut Para Ahli bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga

:

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pendapatan “Revenue” Dan Definisi Dalam Akuntansi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel