iklan

Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini

Contoh Jurnal Khusus – adalah jurnal yang dipakai khusus untuk mencatat transaksi yang sering terjadi (berulang) dan sejenis. Dalam jurnal khusus setiap transaksi dikelompokkan menurut jenis transaksinya.

Pengertian Jurnal Khusus 


Jurnal khusus merupakan ayat jurnal yang disusun untuk mencatat transaksi perusahaan yang mencakup pembelian, penjualan, penerimaan kas dan pengeluaran kas. Transaksi tersebut terjadi secara rutin / sering dan berulang selama satu periode akuntansi.

Oleh alasannya yaitu itu pencatatan transaksi pada perusahaan dagang dilakukan di jurnal khusus. Tetapi untuk transaksi yang jarang terjadi tetap dicatat di dalam jurnal umum contohnya transaksi pengembalian barang dagang (retur).

  1. Memungkinkan pembagian pekerjaan.

Lain halnya dengan Jurnal umum yang mencatat semua transaksi pada satu jurnal sehingga cukup sulit dalam membagi pekerjaan secara baik. Pada jurnal khusus pembagian pekerjaan ini sanggup dilakukan dengan baik alasannya yaitu terdapat beberapa jurnal yang sesuai dengan jenis transaksinya.

Jadi, bagi perusahaan yang besar kemungkinan menugaskan  satu orang khusus untuk menangani satu jurnal. Seperti halnya mencatat jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas. Hal ini akan mendorong hasil yang baik alasannya yaitu adanya spesialisasi dalam penanganan suatu pekerjaan.

  1. Memudahkan posting ke akun buku besar.

Manfaat kedua yaitu lebih mudah dan mudahnya melaksanakan posting ke dalam buku besar

  1. Memungkinkan pengendalian internal yang lebih baik.

Dengan adanya spesialisasi pencatatan, pengendalian internal akan lebih baik dalam menangani satu atau dua jurnal khusus. Dibandingkan dengan satu orang yang menangani lebih dari satu bahkan untuk semua jurnal.

Jenis-Jenis Jurnal Khusus


Setiap perusahaan sanggup merancang dan menyediakan jurnal khusus sesuai dengan kebutuhannya, jadi kemungkinannya terdapat perbedaan pada setiap perusahaan dalam menyusun bentuk jurnal khusus kecuali pada perusahaan yang sejenis.

Jurnal khusus terdapat beberapa jenis, diantaranya:

  • Jurnal Pembelian adalah buku harian khusus yang fungsinya untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang dagang ataupun barang lainnya yang sistem pembayarannya dilakukan secara kredit. Jurnal ini sering juga disebut dengan buku pembelian.

adalah jurnal yang dipakai khusus untuk mencatat transaksi yang sering terjadi  Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini

  • Jurnal Penjualan yaitu buku harian khusus yang fungsinya untuk mencatat transaksi penjualan barang atau secara kredit.

adalah jurnal yang dipakai khusus untuk mencatat transaksi yang sering terjadi  Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini

  • Jurnal penerimaan kas adalah buku harian khusus yang fungsinya untuk mencatat semua transaksi penerimaan kas dari hasil penjualan secara tunai baik berupa kas ataupun cek. Buku ini sering juga disebut sebagai buku kas masuk.

adalah jurnal yang dipakai khusus untuk mencatat transaksi yang sering terjadi  Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini

  • Jurnal pengeluaran kas yaitu buku harian khusus yang fungsinya untuk mencatat semua transaksi pembayaran hutang, pembayaran beban dsb secara tunai, baik memakai cek ataupun kas. Jurnal ini sering disebut dengan buku kas keluar.

adalah jurnal yang dipakai khusus untuk mencatat transaksi yang sering terjadi  Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini

Demikian pembahasan perihal Pengertian, manfaat, jenis jurnal khusus dan selengkapnya. Semoga artikel ini sanggup  bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait Jurnal Khusus :

  1. Pengertian dan Contoh Jurnal Penerimaan kas
  2. Pengertian dan Contoh Jurnal pengeluaran kas
  3. Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini
  4. Pengertian Dan Contoh Jurnal Pembelian Dan Jurnal Penjualan

Kunjungi Artikel Lainnya:

  1. Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur
  2. Cari Tahu Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapan Lengkap Disini
  3. Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  4. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  5. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Jenis Jurnal Khusus Dan Selengkapnya Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel