iklan

Pengertian Dan Fungsi Buku Besar Pembantu “6 Jenis” Persediaan, Piutang, Utang, Hpp, Biaya Dan Aktiva Tetap

Pengertian Buku Besar Pembantu


Buku pembantu / Buku Besar Pembantu yaitu rincian rekening rekening tertentu dalam buku besar (general ledger), yang dibuat fungsinya untuk memudahkan penyusunan laporan dan neraca percobaan.

Pada artikel Buku Besar yang kemudian juga disebutkan bahwa rekening buku besar yang dirinci informasinya dalam buku pembantu disebut dengan rekening control (controlling account) dan rekening-rekening rincian yang terdapat dalam buku pembantu disebut dengan rekening pembantu (subsidiary account).

 yaitu rincian rekening rekening tertentu dalam buku besar  Pengertian dan Fungsi Buku Besar Pembantu “6 Jenis” Persediaan, Piutang, Utang, HPP, Biaya dan Aktiva Tetap

Pada perusahaan manufaktur buku besar pembantu terdapat 6 jenis buku pembantu diantaranya:

  • Buku pembantu persediaan
  • Buku pembantu piutang
  • Buku pembantu utang
  • Buku pembantu harga pokok produk
  • Buku pembantu biaya
  • Buku pembantu aktiva tetap

Dibawah ini akan diuraikan secara detail masing-masing buku pembantu tersebut.

Buku Pembantu Persediaan. Dalam buku ini terdiri dari kartu persediaan yang berisi informasi mengenai banyak sekali persediaan baik mengenai kuantitas maupun harga pokok. Kartu persediaan ini dipakai untuk mencatat setiap mutasi persediaan dan saldo tipe jenis persediaan.

Buku Pembantu Piutang. Buku ini terdiri dari kartu piutang yang disusun berdasarkan nama debitur perusahaan. kartu ini dipakai untuk mencatat mutasi dan saldo piutang setiap debitur serta dipakai sebagai informasi untuk pembuatan pernyataan piutang (account receivable statement) yang dikirimkan kepada setiap debitur secara periodik. Buku pembantu ini yaitu rincian rekening piutang dagang yang diselenggarakan dalam buku besar.

Buku Pembantu Utang. Buku ini berisi catatan dari kartu utang yang disusun berdasarkan nama kreditur perusahaan. Kartu utang ini sebagai alat untuk mencatat mutasi dan saldo utang kepada setiap debitur serta sanggup dipakai sebagai sumber informasi guna kepentingan rekonsiliasi dengan menawarkan pernyataan piutang (account receivable statement) yang diterima dari kreditur secara periodik.

Buku Pembantu Harga Pokok Produk. Buku ini terdiri dari harga pokok produk yang dipakai oleh perusahaan untuk mencatat harga pokok pesanan yang diproduksi. Buku ini dipakai perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan merupakan rincian dari rekening barang dalam proses yang diselenggarakan dalam buku besar.

Buku Pembantu Biaya. Buku ini terdiri dari kartu biaya yang dipakai untuk mencatat biaya yang tidak bersangkutan degan pesanan tertentu (biaya overhead pabrik) sesungguhnya, biaya pemasaran, biaya manajemen dan umum dan. Kartu biaya pada umumnya memakai formulir rekening dengan Kolom Saldo

Buku Pembantu Aktiva Tetap. Buku ini terdiri dari kartu aktiva tetap yang dipakai untuk mencatat seluruh informasi mengenai aktiva tetap, menyerupai tanggal perolehan jenis aktiva tetap, lokasi, spesifikasi, depresiasi dan pengeluaran modal. Buku ini merupakan rincian rekening aktiva tetap yang diselenggarakan dalam buku besar.

Demikian artikel ihwal pengertian dan fungsi buku besar pembantu agar bermanfaat bagi para pembaca yang baik hatinya. Terimakasih

Baca Dulu :

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Buku Besar Pembantu “6 Jenis” Persediaan, Piutang, Utang, Hpp, Biaya Dan Aktiva Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel