iklan

Panduan Mengajar Cara Mengetik Di Komputer Yang Sempurna Untuk Siswa Sekolah Dasar

Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar-Hallo pembaca panduan online www.modulkomputer.com semuanya, baik temen-temen guru, pelatih training dan kursus, atau ayah bunda di rumah, apa kabarnya? Semoga kabar baik untuk anda semuanya. Panduan kali ini bisa dipraktikan pada dikala mendampingi bawah umur berguru komputer, khususnya pada dikala mereka mulai berguru mengetik.


Pada panduan cara berguru mengetik di komputer untuk bawah umur kali ini, akan admin bahas beberapa hal terkait proses mengajarkan cara mengetik yang tepat. Seperti bagaimana posisi tubuh dikala dihadapan komputer, bagaimana posisi jemari tangan diatas keyboard, maupun teks yang akan diketikan oleh siswa di komputer pada awal-awal berguru mengetik tersebut. Ini penting, jangan hingga ada kesalahan yang dilakukan oleh bawah umur pada dikala berguru mengetik tersebut dan berakibat jelek pada masa yang akan tiba ketika bawah umur tersebut sudah dewasa.


Yuk baca kini juga apa saja yang harus Guru, Instruktur kursus komputer / pelatihan, atau bunda dan ayahanda lakukan manakala mendampingi bawah umur berguru mengetik di komputer?


Perhatikan posisi tubuh anak pada dikala memakai Komputer


Ingat, anak itu mempunyai kecenderungan untuk terus bergerak. Tidak mau diam. Maka ketika mereka memakai komputer posisi duduknya harus selalu diperhatikan.


Ketika duduk didepan komputer bekerjsama akan kuat terhadap kesehatan, posisi duduk yang salah akan menjadikan tubuh cepat lelah, pegal-pegal, keseleo, dan yang paling parah tentu pada perubahan fisik. Alat indera termasuk salah satu organ tubuh yang rentan apabila posisi duduk tidak sempurna ketika memakai komputer, contohnya terlalu akrab monitor.


Pada artikel yang saya tulis di blog pribadi saya, disini, saya pernah menulis ihwal bagaimana seharusnya mengatur posisi tubuh ketika memakai komputer.


(1). Duduk dengan tegak

(2). Badan tidak terlalu jauh jangkauannya dengan keyboard

(3). Atur posisi keyboard senyaman mungkin

(4). Atur kemiringan keyboard biar gampang dikala jemari menyentuh tombol-tombolnya

(5). Atur posisi monitor dengan tepat, tidak terlalu akrab dengan mata, tetapi juga tidak terlalu jauh

(6). Ketika mengetik, letakan sumber ketikan sejajar dengan monitor

(7). Jangan terus menerus duduk, regangkan tubuh apabila terasa pegal, berdiri dan istirahat sejenak


Pokoknya atur posisi duduk bawah umur dengan komputer senyaman mungkin. Ingat tinggi tubuh anak juga variatif, balasannya gunakan tinggi kursi yang sesuai dengan tinggi anak. Bangku yang terlalu tinggi sehingga kaki anak menggantung ini juga tidak baik terhadap keseimbangan, bisa saja ank jatuh, kaki yang terlalu usang menggantung juga tidak baik terhadap kesehatan.


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Sebelum bawah umur duduk didepan komputer yang akan mereka gunakan untuk belajar, sebaiknya guru, pelatih atau ayah bunda bisa memberitahukan terlebih dahulu ihwal bagaimana cara duduk yang nyaman dan tidak mengganggu gerakan, dan juga tidak berakibat jelek terhadap kesehatan anak-anak.


Sebelumnya, baca juga: Panduan cara memakai Mouse untuk anak usia sekolah dasar


Guru, atau ayah bunda bisa mencontohkan terlebih dahulu bagaimana cara duduk yang tepat. Siswa disuruh memperhatikan ketika guru atau ayah bunda memperagakan posisi duduk ketika memakai komputer. Kemudian sesudah itu, silahkan mempersilahkan siswa untuk duduk ditempatnya masing-masing, sesudah itu silahkan lihat semua anak apakah posisi duduknya sudah benar atau belum. Bagi yang posisi duduknya masih kurang tepat, guru bisa eksklusif mengarahkannya.


Posisi Jari Tangan Ketika Menggunakan Keyboard


Jari tangan merupakan organ tubuh yang akan lebih serig dipakai ketika bawah umur berguru mengetik komputer. Karenanya penempatan keyboard, posisi keyboard, jarak dan cara menempatkan jari-jari tangan pada keyboard sangat perlu untuk mendapat perhatian dari guru, pelatih kursusu atau ayah bunda semuanya.


Perhatikan cara-cara memakai keyboard berikut;


(1). Ingat, dudukan anak dengan tepat

(2). Tempatkan keyboard ditengah-tengah postur anak, tidak dipinggir, ditempat yang lebih tinggi atau lebih rendah, tapi benar-benar sesuai dengan tubuh anak

(3). Letakan jari-jari anak pada tombol keyboard, dengan kunci utama kedua telunjuk, yaitu telunjuk kiri pada abjad F dan telunjuk kanan pada abjad J.


Perhatikan visualisasi penempatan jari pada keyboard,


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Lihat gambar posisi awal ketika bawah umur hendak berguru mengetik.


Jari kelingking kiri siap menekan tombol A, jari cantik kiri siap menekan tombol S, jari tengah kiri siap menekan tombol D dan telunjuk kiri siap menekan tombol F, jempol kiri siap menekan tombol spasi (space).


Jari kelingking kanan siap menekan tombol enter, titik dua, titik koma, jari cantik kanan siap menekan tombol L, jari tengah kanan siap menekan tombol K, telunjuk kanan siap menekan tombol J dan jempol kanan siap menekan tombol spasi.


Posisi jari-jari tangan tersebut hanya sebagai kode saja, biar pada dikala mengetik jari-jari menekan tombol keyboard tidak mengacak, seperti jari ajudan dan kiri mempunyai teritori masing-masing. Hal ini dilakukan untuk adaptasi pada anak ketika remaja nanti sudah bisa mengetik dengan teratur.


Kelebihan mengetik dengan teratur ialah pada kecepatan dan ketepatan pengetikan. Ini juga bisa menjadi dasar anak untuk bisa mengetik cepat.


Contoh Text Untuk Belajar Mengetik Anak Usia Sekolah Dasar


Materi penempatan jari-jari pada tombol keyboard pada dikala akan berguru mengetik sudah dijelaskan, berikutnya yaitu teks yang akan diketik siswa itu contohnya menyerupai apa?


Contoh-contoh teks yang akan diketikan siswa pada dikala berguru mengetik memakai aplikasi pengolah kata bisa dilihat pada Modul komputer Kelas 3 SD, disitu ada materi berguru mengetik memakai aplikasi pengolah kata sederhana wordpad.


Contoh teks yang pertama kali diketikan siswa pada modul komputer kelas 3 sd, yaitu;


asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd asd


teks menyerupai pola diatas, dimaksudkan untuk melatih ketepatan menempatkan jari kelingking, jari cantik dan jari tengah tangan kiri, dan jempol tangan kiri ketika menekan tombol spasi. Teks tersebut diketik terus menerus hingga jari-jari anak terlihat mulai mengarah pada tombol yang tepat.


Berikutnya dilanjut dengan mengetik abjad lainnya, tetapi teks yang akan diketik siswa semuanya memakai tombol-tombol keyboard pada teritori tangan kiri. Materi sudah ditambah dengan memperkenalkan tombol ENTER.


Contoh teksnya menyerupai screenshoot materi modul komputer kelas 3 SD pada materi berguru mengetik memakai aplikasi pengolah kata sederhana wordpad, lihat gambar dibawah ini!


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Silahkan menciptakan bentuk teks yang bisa dijadikan materi latihan mengetik siswa, tapi tetap fokus latihannya memakai jari-jari tangan kiri. Sedangkan pola teks untuk latihan meluweskan jari-jari ajudan bisa dilihat pada pola dibawah ini;


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Kemudian dilanjut dengan berguru meluweskan ibu jari ketika menekan tombol spasi. Kali ini menciptakan spasi double, atau dua kali spasi. Ini tak lain untuk berlatih fokus pada ibu jari.


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Jika bawah umur sudah terlihat fokus, indikatornya jari-jari mereka bisa ditempatkan pada tombol yang sesuai dengan teks yang mereka ketikan. Baru bawah umur diberikan pola teks yang berupa kalimat yang mempunyai arti.


Contohnya menyerupai pola kalimat dibawah ini.


Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa SD Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar


Nah itulah beberapa pola teks yang bisa bapak ibu guru, atau para pelatih dan bunda di rumah yang bisa dijadikan awal mula teks yang harus diketikan oleh bawah umur ketika mereka gres pertama kali belajar mengetik. Contoh-contoh teks diatas hanyalah pola bukan teks baku untuk berguru mengetik, silahkan buat pola teks lainnya yang bisa dipakai oleh bawah umur untuk pola teks yang akan mereka ketik, tapi ingat pola teks harus memperhatikan fokus jari mana yang akan dilatih.


“Dapatkan materi berguru mengetik untuk bawah umur usia sekolah dasar pada 2 (dua) Modul Komputer, masing-masing (1). Modul Komputer untuk anak usia kelas 3 SD, dan (2). Modul Komputer untuk anak usia kelas 4 SD. Dua modul tersebut seharga Rp.90.000; [ Pesan Modul sakarang juga disini ]” – dengan modul berguru komputer jadi lebih mudah.


Mudah-mudahan artikel singkat mengenai Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar ini bermanfaat. Jika bermanfaat silahkan bagikan kepada keluarga, teman, sahabat, atau rekan kerja baik di sekolah maupun di kantor bapak/ibu sekalian. Untuk hal-hal lain yang perlu didiskusikan silahkan kontak admin, baik melalui sms maupun chat WA. Atau eksklusif menulis pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini.



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Mengajar Cara Mengetik Di Komputer Yang Sempurna Untuk Siswa Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel