iklan

Macam Sel Saraf Pada Insan Sel Saraf Sensorik Motorik Konektor

 - Tubuh manusia terdiri berdasarkan perpaduan aneka organ yang saling bekerja sama secara teratur. Keteraturan kerja berdasarkan organ dan sistemnya ini dianggap sebagai sistem koordinasi. Untuk menjalankan sistem koordinasi dengan baik ini lah diperlukan adanya saraf.


Jadi, saraf merupakan suatu alat yang berfungsi buat komunikasi tubuh baik intern atau extern tubuh, pengendali serta pengatur kerja indera – alat tubuh, serta sentra pengendali rangsangan. 

Sel – sel saraf pada tubuh manusia ini pula diklaim sebagai neuron. Dalam neuron, terdiri dari berbagai bab ialah : dendrit, tubuh sel saraf, nerit / akson, selubung myelin, telodendron dan nuklues atau inti sel.




Macam – macam sel saraf



Secara umum, sel saraf sanggup dibedakan ke dalam tiga bentuk. Macam - macam sel saraf tadi mencakup sel saraf sensorik (neuron sensorik), sel saraf motorik (neuron sensorik), dan sel saraf konektor (interneuron). Dengan penerangan sebagai berikut :

1. Sel Saraf Sensorik (Neuron Sensorik)
Sel saraf sensorik berfungsi mengantarkan impuls atau rangsangan yg diterima dari indera alat menuju ke orak atau sentra saraf yg diklaim menjadi sel saraf indera. Sel saraf sensorik dalam pada dasarnya berkerja terkait memakai sensor atau rangsangan sehingga otak mengetahui bahwa tubuh telah mendapatkan rangsangan, baik rangsangan berdasarkan dalam tubuh sendiri atau dari luar tubuh.

Baca jua: Sistem Pernafasan Manusia

2. Sel Saraf Motorik (Neuron Motorik)
Sel saraf motorik berfungsi buat membawa impuls (rangsangan) yg diperoleh berdasarkan otak menuju ke otot atau kelenjar tubuh. Sel saraf motorik pula dianggap menjadi sel saraf penggerak. Pada pada dasarnya, sel saraf motorik ini berfungsi buat menjalankan respon dari otak sehingga anggota tubuh sanggup melaksanakan sinkron yg diinginkan sang otak.

3. Sel Saraf Konektor (Interneuron)
Sel saraf konektor berfungsi sebagai penghubung atau mediator yang meneruskan rangsangan berdasarkan neuron sensorik ke neuron motorik. Lantaran keuntungannya inilah sel saraf konektor pula diklaim seagai sel saraf mediator atau sel saraf penghubung.

Jika diurutkan, urutan kerja saraf dikala tubuh mendapat rangsangan sampai terdapat respon dari rangsangan tadi, berawal berdasarkan sel saraf sensorik (menerima rangsang) – sel saraf konektor (menghubungkan rangsang) – sel saraf motorik (menanggapi rangsang).

Sumber http://zuhriindonesia.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Sel Saraf Pada Insan Sel Saraf Sensorik Motorik Konektor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel