iklan

Kalkulator Jejak Digital

Pada bab sebelumnya sudah dibahas mengenai pentingnya berhati-hati dengan jejak digital yang ditinggalkan. Nah selanjutnya akan dibahas mengenai cara menghitung besaran jejak digital langsung (personal digital footprint) yang dibentuk oleh masing-masing dari kita.


EMC corp menciptakan sebuah software  untuk menghitung besaran jejak digital yang dibuat.  Sebuah kalkulator jejak digital (digital footprint calculator) dapat diunduh pada halaman ini.


Software ini memakai metodologi menurut riset yang dibentuk oleh IDC (International Data Corporation) untuk sebuah laporan resmi berjudul “Expanding Digital Universe”.  Untuk menghitung laju pembuatan gosip digital, IDC memakai peralatan digital menyerupai PC, kamera digital, Server, Sensor, dll untuk memperkirakan jumlah byte yang dihasilkan oleh peralatan tadi dalam setahun. IDC memakai data yang dihasilkan oleh penelitian mereka sendiri dan sumber data lainnya untuk melaksanakan asumsi seberapa banyak data digital yang telah dibentuk oleh peralatan tadi (PC, kamera digital dll) yang diperbanyak melalui e-mail (attachment),  sebagai file arsip (beberapa situs upload/d0wnl0ad misal 4shared.com), atau media broadcast menyerupai youtube.com.


Software tersebut akan menghitung besaran jejak digital yang dibentuk oleh user, menurut prilaku user dalam menciptakan jejak digital melalui aktifitas yang berkaitan contohnya penggunaan PC, Kamera digital, aktifitas berselancar di internet : e-mail, facebook, youtube dll.


Berikut besaran jejak digital saya menurut personal digital footprint calculator dari EMC tersebut :






Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kalkulator Jejak Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel