iklan

Cara Pemencaran Flora Tanpa Tunjangan Faktor Luar

Pemencaran tumbuhan atau yang juga acapkali diklaim menjadi pembuahan tumbuhan untuk melaksanakan perkembangbiakan sanggup dilakukan memakai berbagai cara. Secara umum, pemencaran ini sanggup digolongkan pada dua kategori akbar, yakni pemencaran tumbuhan memakai kontribusi faktor luar serta pemencaran tumbuhan tanpa pinjaman faktor luar.


Pemencaran tumbuhan tanpa pinjaman faktor luar

Pemencara tumbuhan atau pembuahan yang tanpa pinjaman faktor luar ialah pemencaran itu dilakukan sang tumbuhan sendiri dengan bab organ – organnya. Pembuahan tanpa pinjaman faktor luar ini jua seringkali dianggap sebagai perkembangbiakan vegetative alami. 

Ini alasannya yaitu dalam prosesnya, perkembangbiakan ini dilakukan tanpa proses penyerbukan atau pembuahan karena dari menurut bab menurut induknya. Pembuahan tumbuhan tanpa kontribusi faktor luar sanggup dilakukan memakai beberapa cara yakni:



1. Rhizoma (akar rimpang)
Rhizoma yaitu perkembangbiakan tumbuhan yang melalui akar rimpang atau akar tinggal. Akar tinggal sendiri merupakan bab batang yg tumbuh menjalar di dalam tanah yang bermanfaat buat menumbuhkan tunas baru.

Contoh tumbuhan yang melaksanakan perkembangbiakan melalui rhizoma merupakan kencur, jahe, kunyit, serta lengkuas.

Baca pula: Faktor yg Mempengaruhi Pertumbuhan serta Perkembangan Tumbuhan


2. Geragih (stolon)
Geragih yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui batang yg tumbuh menjalar. Geragih dalam dasarnya seakan-akan memakai rhizome, hanya saja disparitas geragih serta rhizome terletak dalam lokasi batang yg menjalar, dimana dalam rhizome btg menjalar di bawah tanah sedangkan dalam geragih btg menjalar sanggup pada atas maupun pada dalam tanah.

Batang geragih ini akan tumbuh beruas – ruas, serta pada ruas – ruas ini lah akan tumbuh tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak melalui geragih contohnya pegagan, arbei, stowberi, semanggi. Tumbuhan ini memiliki geragih yg menjalar di atas tanah, sedangkan geragih yang batangnya tumbuh di pada tanah contohnya rumput teki.

3. Tunas
Beberapa tumbuhan sanggup berkembangbiak melalui tunas yg tumbuh menurut tumbuhan induk. Tunas dari tumbuhan induk ini umumnya tumbuh di lebih kurang tumbuhan induk tersebut memakai jeda yg berdekatan. Tumbuhan yg berkembangbiak melalui tunas biasa tampak menurut cirinya yang membentuk rumpun atau berkelompok. 

Misalnya, referensi tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas yaitu pisang, bambu, dan tebu.

4. Gerak higroskopis
Mekanisme perkembangbiakan ini dilakukan melalui letupan dari tumbuhan pada syarat basah. Dengan proses letupan ini, butir atau spora dari tumbuhan akan pecah serta melontarkan butir juga sporanya. 

Contoh tumbuhan yg berkembangbiak melalui gerak higroskopis diantaranya yaitu kapsul spora dalam lumut dan tumbuhan paku.

Sumber http://zuhriindonesia.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pemencaran Flora Tanpa Tunjangan Faktor Luar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel