iklan

Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula

cara mengajar microsoft word kepada pemula Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula


Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula – Bagaimana cara mengajar microsoft word bagi pemula? Pertanyaan yang lumrah dari instruktur, atau guru yang akan memperlihatkan pengetahuan penggunaan aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada pemula. Pemula disini sanggup anak-anak, remaja, atau orang cendekia balig cukup akal yang belum pernah sama sekali mencar ilmu mengoperasikan aplikasi pengolah kata.


Kalau belum pernah mencar ilmu mengoperasikan aplikasi pengolah kata, biasanya juga belum pernah juga mencar ilmu mengoperasikan komputer. Kaprikornus benar-benar pemula, gres mencar ilmu memakai komputer. Karena aplikasi pengolah kata merupakan aplikasi dasar, jadi sebelum mencar ilmu mengoperasikan aplikasi lainnya yang canggih-canggih aplikasi pengolah kata inilah yang terlebih dahulu harus dikuasai.


Ada tiga kategori pemula, yang pertama pemula anak-anak, yang kedua pemula remaja, yang ketiga pemula orang dewasa. Untuk yang terakhir ini biasanya motivasi mencar ilmu aplikasi pengolah kata karena tuntutan pekerjaan. Nah alasannya yaitu ada tiga kategori jenis pemula, maka cara mengajarnya berbeda, biar lebih gampang kita bagi dua saja, yaitu pemula belum dewasa dan remaja, dan satu lagi pemula orang dewasa.


Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Anak-anak dan Remaja


Mengajarkan aplikasi komputer kepada belum dewasa bahwasanya tidak jauh beda ketika kita mengajarkan aplikasi komputer kepada remaja atau orang dewasa. Yang membedakan yaitu cara menyampaikan, dan materi yang akan disampaikan.


Cara mengajar aplikasi komputer kepada anak-anak


Cara memberikan materi kepada belum dewasa harus dengan bahasa anak-anak, tidak terlalu serius dan terlihat tegang. Cipatakan suasana santai, rilex, dan mendekati dunia anak-anak.


Materi yang akan disampaikan, tentu materinya juga yang harus sesuai dengan dunia anak-anak, bukan materi serius yang sering dikerjakan orang-orang dewasa. Contohnya pada ketika mencar ilmu mengetik, maka pola surat yang akan diketik bukanlah pola surat-surat resmi, tetapi berikan pola surat yang biasa mereka lihat, contohnya pola surat izin tidak masuk sekolah.


Sebelum mengajar aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada anak-anak, sebagiknya guru juga mengenalkan perangkat hardware komputer yang sering mereka lihat terlebih dahulu kepada anak-anak, supaya belum dewasa tahu fungsi dan kemunkinan ancaman dari tiap perangkat tersebut.


Cara mengajar aplikasi komputer Microsoft Word kepada remaja


Untuk kategori remaja, cara penyampaian dan penyajian materinya sedikit serius daripada ketika mengajar untuk usia anak-anak. Bahasa pengantar guru, atau instrukutr sebaiknya bahasa yang gampang dipahami, bukan bahasa yang terlalu formal yang kadang kala para remaja tidak paham dengan arti bahasa tersebut. Gunakan bahasa sehari-hari saja.


Untuk penyajian materi, buat saja materi yang lebih tinggi dari materi yang diberikan kepada anak-anak. Misalnya, kalau untuk belum dewasa pada ketika mencar ilmu mengetik surat, pola surat yang belum dewasa ketik yaitu pola surat izin tidak masuk sekolah, kalau untuk yang remaja pola suratnya yaitu pola surat resmi dan umum, contohnya pola surat lamaran pekerjaan.


Materi Mengajar Microsoft Word Untuk Pemula Anak-anak dan Remaja


Beberapa materi aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang sanggup diajarkan kepada pemula belum dewasa sebagai berikut:



  1. Materi cara masuk ke jadwal aplikasi Microsoft Word

  2. Materi cara menyimpan file Microsoft Word

  3. Materi cara membuka file Microsoft Word

  4. Materi pengaturan karakter / Font

  5. Materi menciptakan tabel

  6. Materi menyisipkan gambar, foto, clipt art dan grafik

  7. Materi pengaturan ukuran kertas, ukuran margin, dan page layout lainnya

  8. Materi mencetak dokumen


Gambaran jelasnya mengenai materi mengajar aplikasi Microsoft Word untuk belum dewasa sanggup dilihat pada panduan mencar ilmu Microsoft Word untuk anak-anak


Dan untuk para guru / pelatih yang membutuhkan Modul Panduan Belajar Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja sanggup mendapatkannya disini; Modul Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja


Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Dewasa


Mengajarkan sesuatu kepada orang cendekia balig cukup akal tantangannya berbeda dibanding dengan mengajarkan sesuatu kepada belum dewasa atau remaja. Apalagi jikalau orang cendekia balig cukup akal tersebut usianya sudah memasuki usia paruh baya.


Mengajar orang cendekia balig cukup akal lebih sulit, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum pernah mencar ilmu mengoperasikan komputer. Sekalipun demikian, orang cendekia balig cukup akal punya kelebihan yaitu kemauan kerasnya untuk bisa.


Beberapa hal ketika mengajar aplikasi Microsoft Word kepada pemula dewasa:



  • Mengajarnya harus pelan-pelan, harus diulang-ulang hingga mereka bisa

  • Cara memberikan materi harus dengan bahasa yang sopan, jangan hingga alasannya yaitu kesal pelatih mengeluarkan tutur yang kurang santun, alasannya yaitu orang cendekia balig cukup akal gampang perasa

  • Harus sering-sering mengeluarkan kalimat ini “maaf, pa/bu sudah paham kan?”

  • Berikan materi yang gampang diingat dan gampang mereka praktikan kembali

  • Berikan pola latihan yang sesuai dengan dunia kerjanya,

  • Selalu beri semangat dengan menyampaikan “bapak/ibu ahli cepat bisa”

  • Dan-dan hal lainnya yang menciptakan pemula cendekia balig cukup akal tersebut merasa nyaman untuk terus mencar ilmu bersama anda


Materi Belajar Microsoft Word untuk Pemula Dewasa


Untuk materi mencar ilmu intinya sama saja menyerupai halnya materi mencar ilmu mengoperasikan aplikasi Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja, yang perlu diubahsuaikan hanyalah pada contoh-contoh latihannya saja yang mesti diubahsuaikan dengan dunia kerjanya.


Dapatkan Panduan Cara Mengetik 10 Jari untuk belum dewasa dan Pemula


Berikut beberapa materi mencar ilmu Microsoft Word untuk pemula dewasa:



  1. Materi cara masuk ke jadwal Microsoft Word

  2. Materi menyimpan file Microsoft Word

  3. Materi membuka file Microsoft Word

  4. Materi pengaturan ukuran kertas, orientation, dan margin (page layout)

  5. Materi pengaturan paragrafh

  6. Materi pengaturan jenis, ukuran, dan warna karakter serta karakter Istimewa lainnya

  7. Materi menyisipkan gambar kedalam teks

  8. Materi menyisipkan gambar clipt art sebagai ilustrasi teks

  9. Materi menyisipkan bentuk vektor / shapes

  10. Materi menciptakan word art

  11. Materi menciptakan header dan footer

  12. Materi menciptakan numbering

  13. Materi menciptakan footnote

  14. Materi menciptakan grafik

  15. Materi menciptakan tabel

  16. Materi menciptakan kop surat

  17. Materi menciptakan page border

  18. Materi menciptakan mail merge

  19. Materi pengaturan sebelum mencetak dokumen

  20. Materi mencetak dokumen

  21. Dan materi lainnya yang diharapkan sesuai dunia kerjanya


Penutup

Demikian panduan singkat mengenai Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula baik pemula belum dewasa dan remaja maupun pemula dewasa, mudah-mudahan bermanfaat.


Untuk materi mengajar, guru/instruktur niscaya memerlukan media yang sanggup memudahkan proses acara mengajar, dan sanggup dipelajari secara berdikari oleh siswa / akseptor kursus. Modul merupakan salah satu media yang paling gampang digunakan. Nah bagi yang membutuhkan modul-modul panduan mencar ilmu aplikasi komputer silahkan memakai modul-modul yang kami buat.


Artikel ditulis oleh:

Mulyadi Tenjo

Guru produktif mapel Multimedia di SMK, di Kab. Bogor



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel