iklan

Cara Menciptakan Pupuk Dari Limbah Ikan Yang Niscaya Belum Kau Tahu

Ada banyaknya jenis limbah setiap hari, tentu memberi dampak terhadap lingkungan, baik itu berupa limbah cair dan juga limbah padat. Untuk bisa menanggulangi limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat tentu anda bisa membuatnya menjadi mempunyai kegunaan dan bermanfaat.


Hal ini menyerupai pada  apa yang terjadi dengan limbah ikan yang berasal dari ikan yang telah mati di sungai, tentu hal tersebut bisa dimanfaatkan. Limbah ikan tersebut sejatinya bisa diolah untuk dijadikan pupuk limbah organik cair yang akan mempunyai kegunaan pada tanaman


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Untuk Lada


Pupuk organik ternyata bisa dibentuk oleh materi dasar limbah ikan, baik itu dari tulangnya jeroan nya ataupun dengan ekor dari ikannya. Di beberapa industri ada banyak cara untuk bisa mengolah limbah ikan, dengan aneka macam penemuan yang dikembangkan pengolahan limbah ikan ini bisa dijadikan produk yang berharga ekonomis, tentu saja diantaranya ialah dengan menjadikannya sebagai pupuk organik yang bisa dipakai untuk aneka macam tanaman.


Unsur yang Diperlukan Tanaman


Ada banyak kandungan yang bisa didapatkan dari limbah ikan, hal ini tentu saja tidak bisa diperoleh dari sebagian pupuk yang biasa di gunakan untuk kebutuhan tanaman.


Hal ini terang alasannya biasanya tumbuhan memerlukan banyak sekali unsur yang mempunyai kegunaan bagi proses pertumbuhan menyerupai dengan adanya nitrogen, adanya fosfor, dan juga kalium sesuai dengan jumlah tertentu, selain itu juga ada banyak unsur hara yang sifatnya makro primer menyerupai diantaranya ada unsur Natrium, unsur Phospor dan unsur Kalium. Untuk unsur makro yang sekunder ada beberapa yang diharapkan menyerupai seolah-olah unsur Calsium, unsur Magnesium, dan unsur  hara Sulfur.


Dan beberapa  unsur hara yang sifatnya mikro menyerupai dengan unsur Ferrum, unsur Zincum, unsur Cuprum, unsur Mangan, unsur Chlor, unsur Boron , unsur Molibdenum dan yang lainnya.


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kocor Untuk Tanaman Terong


Beberapa Fungsi dari setiap Unsur Makro NPK



  • Nitrogen mempunyai sebuah fungsi untuk pembentukan sel tanaman, pembentukan jaringan, dan juga pembentukan organ tanaman, dan fungsi yang utamanya ialah sebagai proses fotosintetis dari klorofil, protein, dan juga pembentukan dari asam amino.

  • Phospor atau Fosfor bisa menyusun beberapa enzim, protein tentu hal tersebut akan sangat mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan benih, pertumbuhan akar, pertumbuhan bunga, dan juga perkembangan Selain itu fosfor juga bisa untuk menciptakan akar mempunyai sebuah struktur yang baik dan menciptakan daya serap tanaman.

  • Kalium mempunyai sebuah tugas untuk proses fisiologi pada tanaman, menyerupai halnya dengan proses fotosintetis, proses akumulasi, proses translokasi, proses transportasi karbohidrat, ataupun juga dengan membuka dan menutup sebuah stomata, tentu saja dengan kekurangan kalium bisa menimbulkan tumbuhan gugur.


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Abu Janjang dan Penggunaannya


Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan


Limbah ikan tentu mempunyai sebuah protein yang sangat tinggi dan jika diolah menjadi sebuah pupuk akan sangat membantu pertumbuhan tanaman. Untuk menciptakan limbah ikan bisa bermanfaat tentunya anda bisa membuatnya menjadi sebuah pupuk cair, caranya sendiri sangat sederhana Berikut diantaranya.



  • Siapkan limbah ikan baik itu merupakan jeroan, tulang, sisik dan juga ekornya

  • Blender dan campur air secukupnya hingga halus

  • Setiap dosis blender masukan gula 2 sendok atau bisa juga gula merah

  • Masukkan Emx atau Effective Microorganism, bisa juga MOL Mikro Organisme Lokal dengan dosis 10cc dengan 1 liter limbah ikan tadi diaduk merata

  • Peram cairan tersebut tergantung dari mikro organisme yang dipakai dalam proses

  • Apabila EMx anaerob maka racikan pupuk diperam ke dalam wadah yang mempunyai tutup rapat

  • Keluarkan gas pada ketika pagi dan sore buka tutupnya, hal ini ditujukan supaya wadah botol tidak meledak, apabila akibat tutup kembali

  • Apabila memakai MOL  aerob, tentunya dengan proses fermentasi maka tutup wadah dibiarkan terbuka

  • Untuk Pemeraman lakukan pada dua hari hingga larutan tampak jernih


Keunggulan Dari Pupuk Limbah ikan



  • Unsur hara yang dihasilkan terang lebih lengkap dari pada pupuk anorganik

  • Apabila di aplikasikan pada tumbuhan hias maka bisa menciptakan daun jadi mengilap, bunga yang dihasilkan pun lebih banyak dan kekuatan dari tumbuhan lebih lama

  • Bahan baku sangat melimpah dan juga bisa dilakukan dengan biaya murah

  • Harga jual lebih bisa bersaing dengan produk impor yang pastinya akan sangat mahal

  • Tentu saja dengan pupuk organik ini lebih ramah lingkungan


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kompos dari Serbuk Gergaji








Cara mengatasi Bau Pupuk Limbah ikan


Tentu saja amis busuk yang dihasilkan dari limbah ikan baunya sangat menyengat akan tetapi anda jangan khawatir karana ada sebuah cara yan sangat efektif untuk mengatasi hal tersebut diantaranya ialah dengan:



  • Menurunkan pH limbah cair, hal ini bisa dilakukan dengan mencoba menurunkan dari 8,0 menjadi 6,0 dengan cara memberi HCl, memberi molase, atau melalui proses menyerupai dengan inokulasi kultur basil asam laktat.

  • Memberi sebuah aerasi,

  • Menambahkan sebuah materi untuk penyerap bau

  • Menggunakan proteksi mikroba dekomposer yang bisa mengatasi senyawa penyebab


Itulah cara menciptakan pupuk dari limbah ikan, penggunaan limbah ikan untuk pupuk terang sangat mempunyai kegunaan bagi sebuah dunia pertanian, selain memperlihatkan solusi terhadap banyaknya limah ikan yang tidak teratasi. Hal tersebut juga memperlihatkan banyak sekali laba bagi para petani dalam berbagi produksi pertaniannya.


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Untuk Jagung Sendiri di Rumah



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Pupuk Dari Limbah Ikan Yang Niscaya Belum Kau Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel