iklan

Budidaya Kopi Robusta Arabika | Tips Mudah Berkebun

Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia. Kopi banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat, baik orang tua, kaum muda, hingga wanita, tentu dalam bentuk minum kopi.


Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia Budidaya Kopi Robusta  Arabika | Tips Mudah Berkebun
gambar budidaya kopi

Kenikmatan aroma dan rasanya khas kopi, menjadi alasan utama mengapa minuman kopi begitu banyak peminatnya dan seakan tidak ada matinya. Inilah yang membuat peluang budidaya kopi merupakan peluang agribisnis  menjanjikan.


Teknik Pengenalan Budidaya Kopi


Sebelum memulai budidaya kopi, tentukan dulu jenis kopi apa yang akan Anda tanam. Sebagai pengetahuan ada 4 jenis varietas tumbuhan kopi yang banyak di budidayakan di Indonesia yaitu varietas excelsa, robusta, liberika, dan arabika. Namun kali ini cukup 2 jenis saja yang akan kami bahas untuk Anda, yaitu budidaya kopi robusta dan arabika.


Secara fisik berikut perbedaan antara kopi robusta dan arabika yaitu :


Kopi arabika secara fisik mempunyai ketinggian tumbuhan yaitu berkisar 2,5 hingga 4,5 m, tumbuh pada curah hujan rata-rata 1200-2000 mm, dengan suhu udara 15-240C. Budidaya kopi arabika baiknya dilakukan pada ketingian  800-1200 dpl. Secara bentuk biji buah kopi arabika mempunyai ukuran besar serta agak lonjong, bentuk daun kecil meruncing, dengan produktifitas tinggi namun rentan serangan hama penyakit.


Sedangkan kopi robusta mempunyai tinggi tumbuhan 5-7 m lebih tinggi dibanding kopi arabika, curah hujan yang dibutuhkan untuk budidaya kopi robusta yaitu berkisar 2000-3000 mm, dengan ketinggian daerah 400-800 dpl. Ukuran dan bentuk biji lebih bundar dan kecil dibanding arabika, keunggulan budidaya kopi robusta yaitu lebih tahan terhadap serangan hama penyakit.


Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia Budidaya Kopi Robusta  Arabika | Tips Mudah Berkebun
gambar perbedaan kopi robusta dan arabika

Setelah Anda tahu perbedaan jenis kopi maka tentukan varietas kopi mana yang akan Anda budidayakan. Panduan umum budidaya kopi sebagai berikut :


> Persiapan Bibit Kopi


Pembibitan kopi, wajib bagi Anda menentukan bibit kopi yang bermutu dan berkulaitas tinggi. Bibit kopi sanggup anda peroleh melalui kios pertanian, maupun pembibitan dilakukan sendiri. Dalam budidaya kopi, dikenal dua cara pembibitan yaitu secara generatif (mengunakan biji) dan cara vegetatif (dengan cara stek).


Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia Budidaya Kopi Robusta  Arabika | Tips Mudah Berkebun
gambar lahan pembibitan budidaya kopi

> Persiapan Lahan Budidaya Kopi


Dalam persiapan lahan budidaya kopi mempunyai perbedaan terbalik dengan lahan tumbuhan pada lainya. Umumnya persiapan dilakukan dengan pengolahan tanah dan pemangkasan pepohonan. Namun pada budidaya kopi pepohonan yang menjulang tinggi sebaiknya jangan dipangkas.


Karena tumbuhan kopi menyukai lahan teduh dan tidak menyukai paparan sinar matahari langsung. Beberapa tumbuhan peneduh yang biasa dipakai oleh para petani kopi yaitu pohon sengon, lamtoro, atau dadap. Bagi Anda yang mempunyai lahan terbuka tanpa tumbuhan peneduh, sebaiknya tanami dahulu lahan tersebut dengan pohon sengon atau lamtoro kurang lebih dua tahun sebelum pelaksanaan budidaya kopi.


Persiapan lubang tanam, dalam budidaya kopi yaitu



  • Buatlah lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm. Dilakukan pada waktu 3 hingga 4 bulan sebelum proses penanaman kopi.

  • Satu bulan sesudah pembuatan lubang tanam, berikan adonan sulfur dan kapur dolomite untuk menetralkan kadar keasaman tanah, kedalam lubang tersebut sebanyak masing-masing 200 gram

  • Selang satu bulan kemudian, tambahkan pupuk sangkar yang telah difermentasikan kedalam lubang tanam tersebut sebanyak 10 – 20 kg tergantung dari tingkat kesuburan tanah


Jarak tanam yang dipakai dalam budidaya kopi jenis robusta dan arabika berbeda satu sama lain. Untuk budidaya kopi robusta membutuhkan jarak antar tumbuhan 2,75 x 2,75 meter, sedangkan untuk kopi jenis arabika, jarak tanam yang dibutuhkan yaitu 2,5 x 2,5 meter


> Cara Menanam Kopi

Proses penanaman bibit kopi yang harus Anda lakukan yaitu sebagai berikut :



  • Papas daun bibit kopi hingga tersisa 1/3 bab saja, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan pada bibit itu sendiri

  • Keluarkan bibit kopi dari plastic polybag dengan hati – hati semoga akar tidak rusak

  • Masukkan bibit kedalam lubang hingga batas ujung pangkal bibit dan usahakan posisi tumbuhan tegak lurus

  • Tutup kembali lubang tersebut, kemudian tambahkan ajir sebagai penanda sekaligus untuk menghindari robohnya bibit kopi yang masih gres tersebut.


> Pemeliharaan Tanaman Kopi


Penyulaman 


Penyulaman tumbuhan mutlak diharapkan dalam budidaya kopi yang baik baik, semoga pertumbuhan tumbuhan sanggup seragam. Caranya lakukan pengontrolan tananaman secara intensif hingga berumur 6 bulan, sesudah masa tanam. Untuk mengetahui apakah terdapat bibit kopi yang mati atau terindikasi terjangkit hama penyakit. Jika terdapat bibit kopi yang mati, maka secepatnya gantilah dengan bibit cadangan semoga pertumbuhan budidaya kopi Anda sanggup seragam.


Pemupukan Susulan


Pemupukan susulan bertujuan untuk menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah, yang dibutuhkan oleh tanaman. Dosis untuk satu tumbuhan kopi yaitu 20 kg pupuk kompos, setiap satu tahun sekali selama proses budidaya kopi. Cara untuk memperlihatkan pupuk yaitu dengan menciptakan lubang mengitari pohon kopi dengan jarak lubang sekitar 1 meter dari pohon kopi tersebut.


Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia Budidaya Kopi Robusta  Arabika | Tips Mudah Berkebun
pemeliharaan intensif dalam budidaya kopi

Pembersihan Tunas Adventif


Hal yang membedakan budidaya kopi dengan tumbuhan lain, yaitu adanya pemangkasan tunas adventif. Atau sering dikenal dengan istiilah tunas air.


Jenis tunas ini umumnya tumbuh disela-sela batang sehingga tumbuhan menjalar tinggi keatas, namun kalau dibiarkan menjadikan budidaya kopi berproduksi rendah. Pemangkasan baiknya dilakukan per 2 bulan sekali. Setelah tumbuhan menginjak usia 3 th.


> Panen Budidaya Kopi


Umumnya tumbuhan kopi mulai panen sesudah umur 3 tahun untuk varietas robusta, serta 3 – 4 tahun untuk kopi jenis arabika. Dengan puncak panen dalam budidaya kopi pada dikala tumbuhan memasuki usia 7 hingga 9 tahun semenjak awal mula tanam.


Kopi yaitu komoditas hasil perkebunan yang paling terkenal di dunia Budidaya Kopi Robusta  Arabika | Tips Mudah Berkebun
gambar kopi siap panen


Dengan teknik budidaya kopi serta pemeliharaan tumbuhan secara rutin dan teratur, maka tumbuhan kopi akan terus berproduksi optimal dengan puncak panen rata-rata setiap 5 bulan sekali per tanaman.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Budidaya Kopi Robusta Arabika | Tips Mudah Berkebun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel